Perawatan Harian Belimbing Supaya Berbuah Lebat

Perawatan Harian Belimbing Supaya Berbuah Lebat – Merawat tanaman belimbing  – Belimbing adalah satu jenis buah yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi dengan minat pasar yang cukup besar. Manfaat buah belimbing untuk kesehatan juga sangat  baik maka buah belimbing banyak dicari dan dijadikan peluang agro bisnis yang cukup menjanjikan.

Advertisement

Akan tetapi, dalam budidaya buah belimbing banyak yang mengabaikan perawatan rutin harian setelah bibit ditanam. Hal itu membuat buah yang dihasilkan dari pohon belimbing tidak bisa maksimal, karena dalam merawat tanaman belimbing  diperlukan ketelatenan.

Perawatan Harian Belimbing Supaya Berbuah Lebat

Dengan adanya perawatan yang rutin dari pemilik akan menghasilkan buah yang lebat dan berkualitas  tentunya. Adapun cara-cara perawatan harian yang harus dilakukan untuk merawat tanaman belimbing adalah melakukan penjarangan, penyiangan, dan pemupukan, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.Perawatan Harian Belimbing Supaya Berbuah Lebat

Penyulaman / penjarangan

Penjarangan adalah salah satu cara merawat tanaman belimbing  dengan mengurangi ranting pohon yang dirasa kurang produktif, sehingga nantinya nutrisi dari pohon akan berfokus pada buahnya saja dan buah yang dihasilkan akan lebih besar dan lebat.Simak Juga Manfaat Jus Belimbing Serta Cara Membuatnya

Dalam hal ini usahakan tidak ada buah yang bergerombol dan berdempetan, dengan mengakali menggunakan tali dapat ditarik kearah yang berbeda. Hal ini menghindarkan buah yang kecil-kecil saat panen nanti. Penjarangan dilakukan ketika umur buah 5—10 hari dan bentuknya masih 3-5cm / buah.

Advertisement

Penyiangan, perempalan, pembubunan

Hal ini dimaksutkan untuk merawat tanaman belimbing supaya menghasilkan produksi buah yang lebat dan berkualitas. Penyiangan bisa dilakukan pemangkasan agar tanaman tidak saling berhimpitan dengan tanaman lainnya, sehingga tanaman akan menghasilkan buah yang lebat dan berkualitas.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan pada 3 bulan setelah tanam dengan takaran 25 kg pupuk kandang dan NPK / pohon  50gram. Lalu saat tanaman berumur setahun, dengan takaran 25 kg pupuk kandang dan NPK/ pohon 150 gram, umur 2 tahun diberikan pupuk kandang 50 kg, dan 1 kg NPK/ pohon.

Saat tanaman belimbing sudah berbunga dan berbuah kecil/ cikal, maka diberi pupuk dengan takaran 25-50 gram NPK/ pohon. Akan tetapi waktu pemupukan dalam merawat tanaman belimbing sebaiknya sebelum tanaman  belimbing berbunga. Setelah panen lakukan pemupukan 3 kali dengan dosis masing-masing 1/3 dosis.

Pengairan/ penyiraman

Tanaman belimbing adalah jenis tanaman yang juga membutuhkan air sepanjang tumbuhnya. Penyiraman dilakukan untuk merawat tanaman belimbing  saat musim panas/ kemarau, atau saat tanah sudah mulai kering. Hal itu untuk membuat tanaman belimbing bisa produktif terus menerus setiap panennya.

Dengan penyiraman yang teratur maka akan membuat tanaman belimbing subur dan berbuah lebat. Akan tetapi pengendalian hama juga perlu dilakukan. Lakukan pengecekan minimal 1 minggu sekali atau 4 hari sekali, ham seperti ulat daun juga sangat mempengaruhi produksi panen.

Itulah cara-cara merawat tanaman belimbing sobat yang baik dan benar. Jika sobat ingin membuat tanaman belimbing berbuah lebat dan berkualitas lakukanlah cara-cara di atas. Lakukan dengan benar dan teratur, agar menghasilkan panen yang melimpah dan mendapatkan keuntungan yang besar.Baca juga Cara Menanam Tabulampot Belimbing Manis

Advertisement
Perawatan Harian Belimbing Supaya Berbuah Lebat | admin | 4.5