Cara Perawatan Mawar Potong Agar Tidak Mudah Layu

Merawat Bunga Mawar Potong – Bunga mawar potong merupakan sekumpulan bunga mawar yang dijadikan menjadi sebuah rangkaian untuk berbagai keperluan misalnya kelahiran, pernikahan, mengungkapkan rasa cinta, untuk upacara adat, ritual, kematian dan sebagainya.

Advertisement

Di sisi lain, bunga mawar potong juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Hal tersebut karena bunga mawar memiliki bentuk dan juga warna yang indah sehingga sering diminati oleh masyarakat umum.

Supaya bunga mawar potong yang Anda miliki tidak mudah layu, perhatikan cara yang digunakan untuk menjaga kesegaran bunga mawar, diantaranya adalah:Cara Perawatan Mawar Potong Agar Tidak Mudah Layu

  • Apabila Anda ingin membeli bunga mawar potong, tanyakan kepada penjual bunga, manakah bunga mawar yang dikirim ketika hari masih sangat pagi kemudian pilihlah bunga mawar yang paling segar

  • Ketika membeli bunga mawar potong, pilihah bunga yang disimpan di dalam unit pendingin karena hal ini bisa menjaga kesegaran bungan mawar

  • Remas dengan lembut bagian kelopak bunga mawar yang memenuhi tangkai supaya mengetahui segar tidaknya bunga tersebut. Jika terasa kuat dan kencang berarti bunga mawar tersebut masih segar, namun sebaliknya jika terasa longgar dan licin, artinya mawar tersebut sudah lama.

  • Periksalah ujung kelopak untuk mengetahui ada tidaknya kelopak yang rusak atau patah serta mengetahui kondisi bunganya baik, rusak atau sudah berubah warna yang menandakan bahwa bunga tersebut mulai layu.

  • Apabila Anda sudah klik untuk membeli mawar potong dan ditaruh di dalam vas bunga, Anda bisa membawa ember yang berisi air atau meminta wadah kepada penjual yang bisa dijadikan wadah untuk diisi air supaya menjaga kesegaran bunga mawar yang dipotong selama perjalanan pulang.

    Advertisement
  • Walaupun dalam beberapa menit tangkai mawar yang dipotong dikeluarkan dari dalam air bisa menyebabkan kesegarannya tidak bisa bertahan lama. Karena air bisa menekan terjadinya penguapan sehingga bunga tidak mudah layu.

  • Pada saat mawar potong berada di dalam air, untuk mencegah masuknya udara dari bawah tangkai yang bisa menyebabkan bunga layu, cara yang perlu dilakukan yaitu dengan memotong bagian bawah tangkai menggunakan pisau yang tajam atau gunting tanaman yang sudah bersih dengan membentuk sudut kemiringan sebesar 45

  • Apabila Anda ingin menaruh mawar potong di dalam vas bunga, pastikan vas bunga sudah bersih. Langkah yang perlu Anda lakukan yaitu mencucinya menggunakan air sabun yang panas kemudian digosok dengan sikat botol di bagian dalam vas lalu bilas hingga seluruhnya benar-benar bersih.

  • Isi vas bunga dengan air tawar atau air hangat lebih baik. Air hangat yang digunakan untuk mengisi vas bunga yang bersuhu 45o Lebih baik menggunakan air hangat dikarenakan air hangat lebih mudah diserap tanaman daripada air dingin.

  • Tambahkan nutrisi bunga secukupnya ke dalam vas. Terdapat tiga unsur utama dalam nutrisi bunga yang bekerja sama untuk menambah usia bunga, diantaranya adalah sumber makanan yang digunakan untuk menjaga kesegaran bunga agar bertahan lama, zat yang digunakan untuk mengontrol PH air, dan biosida untuk membunuh bakteri yang berbahaya. Anda juga bisa membuat racikannya sendiri yaitu dengan mencampurkan 1 liter air dengan 3 sendok makan sari lemon, dan 1 sendok teh pemutih pakaian.

  • Sebelum memasukkan Bunga ke dalam vas, pangkas daunnya terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya pembusukan.

Jangan lupa untuk mengganti air di dalam vas setiap dua atau tiga hari sekali untuk memastikan pertumbuhan bakteri tidak akan merusak bunga mawar tersebut.

Lakukan kembali langkah ke-6 hingga langkah 9, kemudian potong bagian bawah tangkai mawar membentuk sudut 45o dan ulangi langkah tersebut setiap 2 hingga 3 hari sekali.

 

Advertisement
Cara Perawatan Mawar Potong Agar Tidak Mudah Layu | admin | 4.5