Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Jagung

Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Jagung – Setelah pemanenan di lakukan, bukan berarti tidak ada kegiatan untuk selanjutnya. Kegiatan yang harus di lakukan oleh para petani untuk selanjutnya ialah pasca panen. Kegiatan pasca panen ini memang harus di lakukan agar kualitas jagung manis tetap terjaga dengan baik.

Advertisement

Untuk jenis kegiatan yang harus di lakukan pada waktu pasca panen tersebut bermacam macam. Mulai dari melakukan pembersihan lahan bekas penanaman, memilah jenis jagung manis yang telah di panen, mengemas jagung manis hingga melakukan penyimpanan jagung manis ke tempat yang bersuhu sejuk atau di tempat ruang pendingin.

Pembersihan lahan ini merupakan sesuatu yang sangat penting untuk di lakukan oleh para petani, karena pembersihan lahan yang di gunakan untuk penanaman ini akan membawa dampak terhadap kualitas tanaman jagung manis yang selanjutnya.

Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Jagung

Pembersihan lahan ini juga berfungsi agar hama dan penyakit yang menyerang tanaman jagung manis sebelumnya akan menghilang, sehingga akan sangat mudah untuk melakukan penanaman untuk jagung manis selanjutnya.Baca juga Membasmi Hama Penyakit Pada Tanaman Mangga

Jika pembersihan lahan telah selesai di lakukan dengan baik, maka yang dapat di lakukan untuk selanjutnya ialah memilah jagung manis yang telah di panen sebelumnya. Pemilahan ini juga dapat di lakukan menurut varietas dari tanaman jagung manis tersebut.

Advertisement

Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Jagung

Selain itu, untuk pemilahan hasil panen ini di lakukan untuk dapat membedakan berdasarkan mutu fisik dan juga ukuran dari tanaman jagung ini sendiri. Sehingga untuk proses pengemasannya nanti akan sangat mudah untuk di lakukan.

Setelah pemilahan selesai di lakukan dengan baik dan benar, maka yang dapat di lakukan untuk selanjutnya ialah melakukan pengemasan hasil pemanenan tadi. Untuk pengemasan ini biasanya dapat di lakukan dengan menggunakan plastik bening yang berukuran 2 kilogram.Simak juga Kelebihan Varietas Jagung Manis Unggul Budidaya

Usahakan pada saat melakukan pengemasan, jagung manis hasil pemanenan tadi telah di cuci dengan bersih hingga tidak ada debu atau pasir yang menempel pada jagung manis tersebut. Untuk pengemasan ini biasanya harus berdasarkan dengan mutu fisik dan ukuran dari jagung manis, sehingga pengemasan ini tidak boleh di lakukan dengan sembarang cara.

Bukan hanya sampai di situ saja, masih ada hal yang harus di lakukan. Hal yang selanjutnya harus di lakukan ialah menyimpan hasil panen dari jagung manis yang telah di kemas tadi ke dalam ruangan pendingin atau di dalam ruangan yang tidak ada cahaya mataharinya.

Penyimpanan tersebut di lakukan agar jagung manis yang telah di kemas tadi dapat bertahan lama hingga memasuki tahap penjualan. Usahakan pada waktu penyimpanan, posisi jagung manis tidak terhimpit.

Karena jika jagung manis tersebut terhimpit pada saat di lakukannya penyimpanan di dalam ruangan pendingin, maka kualitas dari jagung manis tersebut akan terlihat tidak bagus lagi, sehingga akan terjadi penurunan harga jual dari jagung manis tersebut.Inilah Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Jagung Tulisan terkait Macam Macam Varietas Jagung Manis Budidaya

Advertisement
Proses Penanganan Panen Dan Pasca Panen Jagung | admin | 4.5