Style Untuk Tanaman Bonsai Unik

Style Bonsai unik – Style atau gaya merupakan  model yang digunakan untuk memberikan kesan menarik bagi penikmatnya. Dahulu, gaya untuk tanaman bonsai hanya itu-itu saja.

Advertisement

Tetapi sekarang ini, seiring dengan perkembangan seni pada bonsai berdasarkan kreatifitas pebonsai, kini semakin banyak pula perkembangan style bonsai dengan nama yang beragam.

Biasanya orang menyebutnya dengan style bebas untuk bonsai, artinya style ini bisa beragam sesuai dengan ide dan seni yang dimiliki oleh seorang pebonsai tanpa mengabaikan segi keindahannya.

Selanjutnya akan dibahas apa saja style-style yang unik untuk tanaman bonsai tanpa menghilangkan keindahan dari bonsai itu sendiri, berikut ini penjelasannya:Style Untuk Tanaman Bonsai Unik

Sapu terbalik/hokidachi/broom

Ciri dari style ini yaitu batangnya berdiri tegak dengan cabang atau rantingnya menuju ke segala arah baik muka, belakang, kanan, kiri atau ke arah atas.

Pada style ini untuk cabang atau rantingnya bisa saling bersilangan. Cabang dan juga ranting serta daunnya akan membentuk seperti mahkota yang memiliki bentuk seperti bola sehingga style ini sangat cocok untuk tanaman yang mengembang ke atas. Variasi yang bisa diberikan untuk style ini yaitu:

  • Cabangnya bisa tumbuh dengan ketinggian yang sama
  • Cabangnya tumbuh dari bawah menuju ke segala arah dengan batang yang berdiri tegak

Terpelintir/nejikan/twisted

Merupakan style yang diperoleh karena terpelintirnya cabang satu dengan yang lainnya seperti tiupan angin yang berputar atau arah pohonnya berganti-ganti.

Advertisement

Air terjun/kengai/cascade

Biasanya bonsai yang akan dibuat style seperti air terjun ditanam di dalam pot yang tinggi. Untuk bentangan yang kecil, pertumbuhan pohonnya harus tegak baru kemudian menekuk ke bawah.

Percabangannya dibentuk hirizontal dengan menggunakan alternatif cabang kiri dan kanan untuk menjaga keseimbangan pohon. Mahkota pada gaya ini menjulur hingga ke dasar pot.

Cabang runduk/bankan/coiled

Gaya yang satu ini dicirikan dengan cabang-cabang dan rantingnya yang merunduk ke bawah.

Tertiup angin/fukinagashi/windswept

Apabila bonsai dibentuk style ini, bonsai tersebut akan terlihat seperti pohon yang terdapat di pegunungan dan tertiup angin hanya dari satu arah saja.

Karakteristik style ini yaitu pohonya tumbuh miring serta pada satu sisi batangnya memuat semua dahan, dan seakan-akan terkena tiupan angin dari satu arah. Variasi yang diberikan untuk style ini adalah:

Apabila ingin memberikan efek tiupan angin hanya sementara, maka cabangnya saja yang terpengaruh

Jika ingin memberikan efek tiupan angin dalam waktu lama pada satu arah saja, maka batang dan cabangnya juga terpengaruh ke satu jurusan saja

Hutan/Yose-ue/forest

Gaya ini dibentuk dari beberapa pohon, pohon yang besar ditanam di tengah pot besar dan dangkal. Sedangkan di sampingnya ditanam pohon-pohon yang lebih kecil dengan pola yang acak seperti terhuyung-huyung supaya memberikan kesan alami dan realistis.

Tegak informal/moyogi/informal upright

Style ini dicirikan dengan batang yang tumbuh tegak dengan membentuk huruf “S” dan di setiap lekukannya terdapat percabangan.

Pangkal batangnya besar dan semakin ke atas maka semakin mengecil dengan bentuk batang yang terlihat meruncing jelas.

Ternyata bonsai memiliki beberapa macam tipe dan style menanam. Jika anda seorang kolektor bonsai maka anda harus memperhatikan style mereka dengan seksama.

 

Advertisement
Style Untuk Tanaman Bonsai Unik | admin | 4.5