Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis

Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis – Tanaman Buah melon yang manis merupakan buah melon yang disukai oleh para banyak orang baik miskin maupun orang kaya. Konsumen tidak menyukai buah melon yang rasanya tidak manis.

Advertisement

Tidak semua varietas melon yang memiliki rasa buah yang manis. Supaya harga jual buah melon menjadi lebih meningkat daripada buah melon yang lainnya, kualitas buah melon perlu diperhatikan.

Kualitas buah melon seperti rasa buah melon yang manis merupakan hal yang perlu diperhatikan supaya harga jual melon lebih mahal lagi.

Jika Anda merupakan petani melon dan Anda menginginkan nilai jual melon Anda semakin meningkat maka Anda harus membuat melon Anda memiliki rasa yang manis.

Akan tetapi, kebanyakan para petani sudah menanam varietas melon yang unggul tetapi tetap saja rasa buah melon tidak manis. Masalah tersebut biasanya dikarenakan ada beberapa hal yang mungkin belum tercukupi.Simak Juga Cara Menanam Kecipir Panduan Lengkap pemula

Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis

Di pasaran, melon telah memiliki tempat tersendiri. Melon memiliki rasa dan aroma yang khas. Hal tersebutlah yang membuat melon semakin disukai oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia maupun di dunia. Karena semakin banyak yang menggemari buah melon maka semakin banyak pula petani melon yang berlomba-lomba untuk memasarkan melon unggul.Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis

Namun, tidak semua jenis melon merupakan melon unggulan. Hanya ada beberapa saja varietas melon unggulan yang beredar di pasaran. Saat ini, konsumen menginginkan bentuk melon yang beragam. Jika Anda adalah seorang petani melon, maka Anda harus membuat melon dengan bentuk-bentuk yang unik supaya melon yang Anda budidayakan mempunyai nilai di pasaran.

Akan tetapi, untuk membuat melon unggulan tidak lah mudah. Ada begitu banyak kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin membuat melon unggulan. Untuk membuat melon supaya menarik itu tidak lah mudah. Hanya dengan mengetahui beberapa hal dari dunia tanaman melon maka Anda sudah bisa membuat melon supaya tampil menarik.

Apa-apa saja masalah yang belum tercukupi sehingga rasa buah melon menjadi tidak manis? Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Memberikan pupuk yang tepat Pada Buah melon

Tanah sangat memerlukan pupuk untuk memenuhi unsur hara. Unsur hara merupakan unsur yang paling penting di dalam tanah. Tanpa adanya unsur hara maka tanah tidak akan subur dan berimbas pula kepada kesuburan tanaman melon yang ditanam diatas tanah tersebut.

Unsur hara yang dibutuhkan oleh tanah adalah unsur kalius, kalsium, dan unsur nitrogen. Ketiga unsur tersebut dapat dipenuhi dengan cara melakukan pemupukan. Pemupukan juga perlu dilakukan secara tepat. Terutama pada saat proses pembungaan dan perkembangan buah.Baca juga Cara Menanam Terong Di Pot Polybag

Apa-apa saja pupuk yang harus diberikan pada tanaman melon? Pupuk yang harus diberikan pada tanaman melon adalah pupuk yang mengandung unsur N dan K, ditambah dengan pupuk Ca serta ditambah dengan pupuk mikro yang mengandung B, Cu, dan Zn. Pemupukan dapat dilakukan dua kali seminggu.

Pemangkasan pucuk Untuk melebatkan Buah Melon

Tunas-tunas dan cabang-cabang yang tidak berguna perlu dilakukan pemangkasan. Pemangkasan ini bertujuan untuk mengurangi hasil fotosintesis bagi pertumbuhan vegetatif. Pemangkasan dapat dilakukan ketika tunas-tunas dan cabang-cabang telah tumbuh pada tempat terbentuknya buah yang akan dibesarkan.Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis

Pemangkasan dilakukan terutama pada tunas air yang muncul dari ketiak daun hingga tunas dan cabang yang tidak terpakai lagi. Cara memangkas tunas dan cabang dapat dilakukan dengan memotong cabang dan tunas yang menganggu pertumbuhan buah melon dengan menggunakan gunting atau pisau yang steril.

Penetapan posisi buah Melon yang akan dibesarkan

Penetapan posisi buah yang akan dibesarkan juga mempengaruhi manis atau tidaknya buah melon. Posisi buah yang akan dibesarkan sebaiknya dimulai dari ruas kesembilan hingga ruas kedua belas. Pembesaran buah dari ruas tersebut akan menghasilkan rasa yang manis serta ukuran buah yang tidak terlalu kecil.

Jika pembesaran buah dilakukan pada posisi ruas dibawah ruas kesembilan maka rasa buah manis tetapi ukuran buahnya kecil. Sedangkan jika pembesaran buah dilakukan pada posisi ruas diatas ruas kedua belas maka rasa buah tidak manis tetapi ukuran buahnya yang kecil.

Cara membuat melon Berbentuk kotak

Melon kotak merupakan melon yang memiliki tampilan seperti kotak. Tampilan nya yang seperti kotak membuat melon kotak ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen melon. Tren membuat buah melon menjadi kotak belum lama ini dimulai. Awalnya pembuatan melon kotak dilakukan di suatu taman wisata di kota Bogor.Baca juga Cara Menanam Tomat Pot Polybag Rumahan

Advertisement

Setelah itu, tren membuat melon kotak menyebar keseluruh Indonesia. Tren ini kemudian dikenal masyarakat dan menjadi daya tarik bagi konsumen melon. Membuat melon kotak tidak lah sulit. Tidak hanya itu, pembuatan melon kotak juga tidak mengurangi sedikit pun tekstur dan rasa dari melon yang dibuat menjadi kotak tersebut.Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis

Bahkan, melon kotak memiliki harga yang mahal dari pada melon biasa yang tidak memiliki bentuk. Apa tujuan sebenarnya dari pembentukan melon menjadi kotak? Tujuannya adalah supaya tampilan melon menjadi lebih bagus lagi dan mudah dalam pengemasan nya.

Bagaimanakah cara membuat melon kotak itu? Cara membuat melon kotak adalah sebagai berikut.

  • Buatlah kotak terlebih dahulu. Kotak ini digunakan untuk pembentukan melon nantinya. Ukuran dari kotak ini perlu diperhatikan. Apabila buah melon memiliki ukuran besar maka buatlah kotak dengan ukuran besar. Begitu pula sebaliknya. Jangan sampai kotak yang dijadikan sebagai wadah pecah karena buah tidak bisa tumbuh dan berkembang di dalam kotak tersebut.
  • Pembuatan kotak dapat dilakukan dengan menggunakan bahan acrylic. Kotak yang bagus adalah kotak yang bagian sampingnya dapat dibuka tutup dan diikat dengan klem besi supaya lebih kuat lagi.
  • Pemasangan kotak acrylic dapat dilakukan pada saat ukuran buah sudah mencapai setengah. Supaya lebih kuat lagi, kotak dapat diikat dengan menggunakan klem besi lalu dapat digantungkan pada ajir.
  • Pelepasan kotak acrylic dapat dilakukan pada saat 6 hari sebelum panen.

Tanaman Melon Rusak Buah Kecil Tidak manis Ini Gejalanya.

Unsur hara sangat dibutuhkan oleh tanah. Tanpa adanya unsur hara maka tanah tidak akan subur dan tanaman yang tumbuh di tanah tersebut tidak akan subur dan tumbuh dengan baik. Pada beberapa kasus ditemukan tanaman yang mati muda karena tanah tanaman tersebut tidak memiliki unsur hara yang cukup.Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis

Penanaman melon juga akan terganggu jika unsur hara di dalam tanah tidak tercukupi. Unsur hara tidak tercukupi dikarenakan petani melon tidak memberikan beberapa hal yang dibutuhkan oleh tanah sehingga unsur hara di dalam tanah tidak tercukupi. Apa-apa saja akibat dari kekurangan unsur hara? Akibat dari kekurangan unsur hara adalah sebagai berikut.Baca juga Cara Menanam Budidaya Melon Ala Rumahan

Media tanam melon Kekurangan boron

Boron sangat diperlukan di dalam tanah. Tanaman yang kekurangan boron akan berakibat fatal. Akibat yang akan ditimbulkan dari kekurangan boron adalah tanaman melon akan tumbuh kerdil. Tanaman melon yang tumbuh kerdil tidak akan menghasilkan buah yang banyak.

Tidak hanya itu saja, akibat lainnya dari kekurangan boron adalah batang tanaman menjadi kaku. Pada beberapa bagian tanaman akan terdapat luka-luka bahkan ada yang sampai mengeluarkan lendir. Tanaman yang kekurangan boron tidak akan menghasilkan buah yang banyak. Bahkan tidak akan menghasilkan buah.

Kekurangan boron dapat dilakukan dengan cara melakukan pemupukan unsur mikro yang ada kandungan unsur boronnya. Unsur boron ini sangat penting supaya tanaman tidak kekurangan unsur boron lagi. Penyemprotan pupuk daun juga perlu dilakukan. Pupuk yang disemprotkan harus menganung unsur mikro boron juga.

Media tanam melon kurang subur

Ada banyak penyebab dari tanah yang kurang subur. Diantaranya seperti kekurangan unsur-unsur seperti magnesium dan unsur kalium. Kedua unsur tersebut sebenarnya sangat penting di dalam tanah. Jika tanah kekurangan kedua unsur tersebut maka tanah akan menjadi kurang subur.

Ketika ingin menanam tanaman melon, maka pilihlah tanah yang memiliki kandungan tanah yang subur. Lakukan uji kandungan hara tanah untuk mengetahui subur atau tidaknya tanah tersebut.

Jika tetap menanam tanaman melon di tanah yang kurang subur maka rasa buah melon tidak lah manis dan aroma dari buah melon yang khas akan berkurang bahkan tidak ada sama sekali.

Kekurangan tanah dapat ditanggulangani dengan cara memberi pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanah tersebut.Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis

Media Tanam Melon Kekurangan Magnesium

Tanda-tanda bahwa tanah kekurangan magnesium akan terlihat pada tanaman yang tumbuh di atas tanah yang kekurangan magnesium.

Tanaman melon yang tanahnya kekurangan magnesium adalah warna daun yang semula hijau berubah menjadi kuning. terdapat bercak berwarna merah bercampur dengan cokelat.

Tanah yang kekurangan magnesium dapat di tanggulangi dengan cara melakukan pengapuran pada tanah dengan menggunakan dolomit sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Penyemprotan pupuk daun juga perlu dilakukan.

Pupuk daun yang dipakai adalah pupuk yang mengandung magnesium sesuai dengan dosis.demikian tips dan trik untuk membuat tanaman buah melon menjadi berdasar,kotak dan memiliki rasa manis yang bisa anda coba di rumah.semoga berguna dan membantu..Baca juga Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Buah Melon

Advertisement
Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis | admin | 4.5