Syarat Tumbuh Sebelum Menanam Anggrek Vanda Rumahan

Syarat Tumbuh Sebelum Menanam Anggrek Vanda Rumahan – Supaya keberadaan anggrek vanda lama kelamaan tidak habis, sebaiknya kita melakukan perbanyakan. Perbanyakan ini bukan hanya bertujuan agar anggrek vanda tetap ada di muka bumi ini, tujuan lainnya adalah agar menghasilkan vanda yang baru dan semakin menambah deretan spesies anggrek vanda terbaru.

Advertisement

Menanam anggrek vanda bukanlah hal yang sulit. Hanya membutuhkan sedikit pengetahuan saja  maka kita bisa menanam anggrek vanda tanpa mengalami kendala. Apa saja hal yang perlu kita ketahui ketika ingin menanam anggrek vanda? Hal perlu kita ketahui ketika ingin menanam anggrek vanda adalah syarat tumbuh dari anggrek vanda itu sendiri.

Apa sajakah syarat tumbuh dari anggrek vanda? Syarat tumbuh dari tanaman hias anggrek vanda yang wajib kita ketahui adalah sebagai berikut.

Syarat Tumbuh Sebelum Menanam Anggrek Vanda Rumahan

Syarat Tumbuh Sebelum Menanam Anggrek Vanda Rumahan

Sebelum kita  menanam vanda, hal yang terlebih dahulu wajib kita atur adalah lingkungann tumbuh dari vanda. Apabila lingkungan tumbuhnya tidak mendukung, maka hal lainnya juga akan tidak mendukung. Pada umumnya, tanaman anggrek vanda ini hidup di daerah yang beriklim tropis.

Namun, walaupun kita saat ini berada di Indonesia dan iklimnya adalah iklim tropis, tetapi lingkungan tumbuh anggrek vanda juga harus diperhatikan. Apa-apa saja faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anggrek vanda? Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anggrek vanda adalah sebagai berikut.

  • Suhu Pas untuk anggrek vanda

Tanaman anggrek vanda dapat hidup dengan subur jika hidup di suhu yang sesuai dengan pertumbuhannya. anggrekVanda dapat tumbuh di daerah yang memiliki suhu pada malam hari adalah 22-26 derajat celcius. Sedangkan suhu pada siang hari yang dianjurkan untuk menanam anggrek vanda adalah 29-34 derajat celcius.Tulisan terkait lain Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot

Namun, setiap jenis anggrek vanda, suhu yang disarankan berbeda-beda. Yang telah kita bahas tadi merupakan suhu yang disarankan untuk anggrek vanda teret. Akan tetapi, pada umumnya seluruh jenis vanda hidup di daerah yang bersuhu tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu ddingin. Apabila terlalu panas, maka tanaman anggrek vanda bisa saja cepat terbakar. Terbakarnya anggrek vanda akan mengakibatkan anggrek vanda menjadi mati.

Syarat Tumbuh Sebelum Menanam Anggrek Vanda Rumahan

  • Cahaya matahari Yang di butuhkan anggrek vanda

Vanda termasuk tanaman yang membutuhkan cahaya matahari yang tinggi. Tanpa adanya cahaya matahari, maka proses fotosintesis pada anggrek vanda akan terhambat. Cahaya matahari ini sangat berperan aktif terhadap proses fotosintesis pada setiap tanaman tak terkecuali tanaman anggrek vanda ini.

Sebaiknya ketika meletakkan anggrek vanda jangan tepat dibawah sinar matahari. Usahakan letakkan anggrek vanda di tempat yang ada berpenaungnya. Tujuannya adalah supaya cahaya matahari tidak membakar daun anggrek vanda. Cahaya matahari yang terlalu tinggi memang akan membakar daun anggrek vanda. Akibatnya, anggrek vanda tidak bisa melakukan proses fotosintesis dengan baik.

  • Kelembapan lingkungan sekitar kusus anggrek vanda

Tanaman anggrek vanda ini termasuk salah satu jenis tanaman anggrek yang membutuhkan kelembapan yang tinggi. Kelembapan yang dibutuhkan oleh anggrek vanda adalah 70-85%. Kelembapan udara yang tinggi ini dibutuhkan oleh vanda dikarenakan anggrek vanda tidak memiliki umbi semu dan menyimpan sedikit air. Akibatnya kebutuhan kelembapan udara lebih banyak daripada tanaman lainnya.Baca juga Kelebihan Stek Batang Pucuk Pada Tanaman Buah Hias

Advertisement

Berbagai Metode menanam anggrek vanda

Syarat Tumbuh Sebelum Menanam Anggrek Vanda Rumahan

Sebelum memulai menanam anggrek vanda, terlebih dahulu kita harus mengetahui faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan anggrek  vanda. Faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan anggrek  vanda seperti cahaya matahari, kelembapan, serta suhu.  Ketiga faktor tersebut harus  disesuaikan supaya pertumbuhan anggrek  vanda nantinya dapat berjalan dengan bagus.

Setelah memenuhi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anggrek  vanda, selanjutnya perhatikan beberapa hal. Beberapa hal tersebut seperti perlunya penyangga untuk pertumbuhan vanda. Tanaman hias  anggrek vanda ini termasuk tipe monopodial. Apa itu tipe monopodial?

Tipe monopodial merupakan tipe tanaman yang mempunyai batang utama serta tumbuh terus ke atas tanpa batas. Karena tumbuh menerus tanpa  batas, bisa saja tanaman vanda dapat patah. Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan penyangga memang sangat membantu. Karena itulah persiapan penyangga perlu dilakukan untuk mencegah patahnya batang utama pada vanda.

Dilihat berdasarkan tempat tinggalnya, anggrek vanda terbagi atas dua jenis, yaitu anggrek vanda terestrial dan anggrek vanda epifit. Antara anggrek terestrial dengan anggrek epifit cara penanamannya berbeda. Lantas, bagaimanakah cara menanam anggrek terestrial dengan anggrek epifit? Caranya adalah sebagai berikut.Tulisan terkait Khasiat Manfaat Cengkih Dan Daun Dewa Untuk Pengobatan

Penanaman anggrek Vanda terestrial

Apa itu anggrek terestrial? Anggrek terestrial merupakan anggrek yang tumbuh dengan cara menumpang pada suatu tempat. Baik itu tanaman yang sudah mati maupun yang masih hidup. Walaupun anggrek terestrial ini menumpang pada suatu tanaman, tapi anggrek ini tidak merugikan tanaman yang ditumpanginya tersebut.

Umumnya, tempat yang dijadikan anggrek terestrial untuk tempat pertumbuhan adalah sabut kelapa, kayu, kulit pinus, atau tanaman lainnya. Apabila kita ingin menanam anggrek terestrial, media tumbuhnya adalah tempat yang biasanya anggrek ini sering tumbuh, seperti di sabut kelapa, kulit, pinus, kayu, atau tanaman lainnya.

Syarat Tumbuh Sebelum Menanam Anggrek Vanda Rumahan

Anggrek jenis terestrial ini dapat ditanam dimana didua tempat, baik itu di bedengan maupun di pot. Namun, kebanyakan orang lebih memilih untuk menanam anggrek terestrial ini di bedengan. Namun, kali ini kita hanya akan membahas mengenai cara menanam anggrek terestrial di bedengan saja. Lantas, bagaimanakah cara menanam anggrek terestrial di bedengan? Caranya adalah sebagi berikut.

  • Penanaman anggrek Vanda terestrial di bedengan

Menanam anggrek terestrial di bedengan caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama buatlah bedengan dengan bentuk lurus memanjang.
  2. Lebar bedengan adalah 70 cm sedangkan panjangnya disesuaikan dengan lahan yang ada.
  3. Pada jalur penanaman letakkan batu  bata.
  4. Pada bagian dasar bedengan letakkan pecahan genting hingga sepertiga dari tinggi bedengan.
  5. Media tumbuh dapat diletakkan diatas pecahan genting.
  6. Campurkan pupuk, kompos bambu, kaliandra, serta NPK secara merata dengan dosis yang tepat.
  7. Letakkan campuran tersebut keatas media tumbuh secara merata.
  8. Setelah itu, bibit vanda dapat ditanam secara tegak.
  9. Agar pertumbuhannya kuat, ikat bibit vanda dengan tali kemuian ikatkan kembali pada penyangga.
  10. Penyangga yang dipakai dapat berupa besi atau sejenisnya.

Itulah cara menanam anggrek vanda terstrial  di bedengan.Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan mengenai Syarat Tumbuh Sebelum Menanam Anggrek Vanda Rumahan semoga saja bisa membantu dan berguna..Jangan lupa baca juga Cara Melebatkan Buah Tanaman Dengan Pemangkasan Ranting

Advertisement
Syarat Tumbuh Sebelum Menanam Anggrek Vanda Rumahan | admin | 4.5