Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot

Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot – Tanaman buah pot memiliki banyak jenis dan karakter. Dari yang dapat berbuah sepanjang tahun bahkan ada juga buah yang dapat berbuah dua atau tiga tahun sekali saja.

Advertisement

Membudidayakan tanaman berbuah telah banyak dilakukan oleh orang di Indonesia. Banyaknya keuntungan dari pembudidayaan tanaman buah yang banyak serta pembudidayaan yang mudah membuat banyak orang yang membudidayakan nya.

Berdasarkan kelompoknya, tanaman berbuah dibagi atas beberapa kelompok? Tanaman berbuah terbagi atas beberapa kelompok, dan beberapa kelompok tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Jenis Tanaman Tahunan

Secara umum, tanaman berbuah terbagi atas dua jenis, yaitu tanaman yang termasuk tanaman keras dan tanaman berbuah yang termasuk ke dalam tanaman berbuah lembut. Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai tanaman berbuah keras. Bagaimana cara membedakan antara tanaman berbuah lembut dengan tanaman berbuah keras?

Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot

Caranya adalah dengan melihat batang tanamannya. Jika batang tanaman tersebut keras, berarti tanaman tersebut merupakan tanaman keras. Tanaman yang berbuah keras termasuk tanaman tahunan yang dapat dipanen setiap tahunnya. Umur tanaman keras pun lebih lama daripada tanaman berbuah pada umumnya.

Apa-apa saja jenis tanaman berbuah keras? Jenis tanaman berbuah keras seperti kelapa, aren, kolang-kaling, dan masih banyak lagi. Pada umumnya, tanaman berbuah keras banyak dikonsumsi oleh manusia daripada yang tidak dikonsumsi oleh manusia.

Jneis tanman Tanaman semusim

Apa yang menjadikan suatu tanaman dikatakan sebagai tanaman semusim? Suatu tanaman dapat dikatakan tanaman semusim apabila tanaman tersebut hanya dapat bertahan hidup selama satu musim tanam saja. Setelah itu, tanaman tersebut akan mati dan digantikan dengan tanaman atau benih yang baru lagi.

Biasanya masa hidup tanaman tersebut hanya setengah tahun saja. Bagaimanakah ciri-ciri dari tanaman semusim? Ciri-ciri dari tanaman semusim adalah bentuk tanamannya seperti berbentuk terna memanjat dengan sulur. Tanaman semusim hampir semuanya tidak bisa dipercepat proses pembuahannya.

Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot

Apa-apa saja jenis tanaman semusim itu? Jenis tanaman semusim seperti timun suri, semangka, blewah, strobesi, dan melon, serta beberapa jenis tanaman semusim lainnya.Baca juga Supaya Melon Besar Kotak Dan Memiliki Rasa Manis

Tanaman berumur sedang atau menengah

Apa yang menjadikan suatu tanaman dikatakan sebagai tanaman berumur sedang atau menengah? Suatu tanaman dapat dikatakan sebagai tanaman berumur sedang atau menengah apabila tanaman tersebut belum satu tahun sejak tanaman sudah berbuah. Contoh dari tanaman berumur sedang atau menengah adalah seperti nanas, pisang, dan pepaya.

Hanya tiga tanaman tersebut lah yang dikategorikan sebagai tanaman berumur sedang atau menengah. Pada umumnya, pisang tidak dapat diremajakan jika dalam sistem perkebunan biasa. Namun, pada sistem perkebunan yang sudah modern, biasanya pisang diremajakan pada saat berusia lima tahun. Tujuannya untuk memutuskan rantai penyakit.

Sebenarnya tanaman berumur sedang atau menengah tidak perlu dilakukan proses percepatan pembuahan karena dalam waktu beberapa bulan saja sudah berbuah. Karena itulah tidak ada orang yang mempercepat pembuahan pada tanaman berumur sedang atau menengah.

Advertisement

 

Cara Membuat Tanaman cepat berbuah

Bagi setiap pemilik tanaman, pasti menginginkan tanamnnya untuk cepat berbuah. Siapa yang tidak mengnginkan tanamannya cepat berbuah? Setiap orang plastik menginginkannya. Sayangnya, tidak semua orang bisa membuat tanamannya agar cepat berbuah. Mungkin hanya orang yang telah terlatih saja yang bisa membuat tanamannya bisa cepat berbuah.Tulisan terkait Cara Sambung stek Bunga Adenium supaya Unik

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki tanaman dan mengingkan tanaman Anda untuk cepat berbuah? Jika ia, simaklah uraian berikut karena disini kita akan membahas mengenai cara membuat tanaman agar cepat berbuah.Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot

Ada beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk membuat tanaman Anda dapat berbuah dengan cepat. Dan beberapa cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Mempercepat pembuahan melalui bibit

Mempercepat pembuahan melalui bibit dapat Anda lakukan sebagai alternatif pertama untuk mempercepat tanaman Anda untuk berbuah. Ada beberapa jenis bibit yang dapat dihasilkan dari cara-cara yang berbeda. Dan beberapa jenis bibit tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Memperbanyak dengan anakan

Anakan dapat dijadikan sebagai media perbanyakan. Biasanya tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan anakan tidak memiliki biji atau memiliki sesuatu untuk diperbanyak. Dan hanya anakan sajalah yang tanaman tersebut punya untuk diperbanyak lagi. Contoh dari tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan anakan seperti nanas, stroberi, pisang, dan salak.

Misalnya saja tanaman pisang anakan yang didapatkan dari batang utama. Sedangkan batang atau bonggol lainnya tidak bisa dijadikan untuk diperbanyak. Ada beberapa buah saja yang bisa diperbanyak dengan menggunakan anakan. Contohnya seperti tanaman stroberi, pisang, dan nanas.Simak juga Teknik Repotting Pada Anggrek Muda Dewasa

Memperbanyak tanaman dengan biji

Kebanyakan tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan biji adalah tanaman keras. Contoh tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan biji seperti jeruk, durian, mangga, dan salak. Perbanyakan dengan menggunakan biji sifat genetiknya ada yang berubah dan ada pula yang tidak berubah.

Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot

Contoh tanaman yang jika diperbanyak dengan menggunakan biji sifat genetiknya berubah adalah buah salak. Jadi, Anda jangan kaget ketika tanaman salak diperbanyak dengan menggunakan biji sifat genetiknya akan berubah.

Sedangkan contoh tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan biji sifat genetiknya tidak berubah adalah manggis dan nangka. Kedua tanaman tersebut sifatnya akan sama seperti induknya.

Tanaman yang biasanya diperbanyak dengan menggunakan biji adalah tanaman semusim. Dan yang perlu diingat lagi, tidak semua salak jika diperbanyak dengan biji sifat genetiknya akan berubah. Hanya beberapa jenis salak saja yang sifat genetiknya akan berubah jika diperbanyak dengan biji.

Meperbanyak tanaman dengan pencangkokan

Saat ini, telah banyak orang yang melakukan perbanyakan dengan pencangkokan. Selain hasil buahnya bagus, masa pembuahannya pun sebentar sehingga tidak perlu menunggu lama-lama proses pembuahaan sejak awal pembibitan.

Namun, tidak semua tanaman dapat diperbanyak dengan menggunakan teknik pencangkokan ini. Hanya beberapa tanaman saja seperti jenis tanaman berkeping dua atau dikotil.demikian Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot semoga bisa bermanfaat..baca juga Cara Sederhana Membuat Tanaman cepat Berbuah Lebat

Advertisement
Tanaman Buah Paling Tepat Di Tanam Dalam Pot | admin | 4.5