Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Dijadikan Bonsai

Jenis tanaman buah yang bisa di jadikan bonsai – Tanaman hias yang menghasilkan banyak keunggulan dan berharga ratusan juta hingga milyaran salah satunya yaitu tanaman bonsai.

Advertisement

Tidak hanya bonsai yang menggambarkan pohon besar dengan daun dan dahan yang seimbang saja tapi juga ada bonsai yang dari buah-buahan. Berikut ini merupakan beberapa tanaman buah yang bisa dijadikan tanaman bonsai.

Bonsai Cempaka kuning

Cempaka kuning ini sangat bagus jika dijadikan bonsai karena keharuman dari bunganya. Selain itu cempaka kuning terkenal dengan batangnya yang lebih besar ketimbang cempaka kembang.

Tanaman ini berasal dari india namun tanaman ini banyak ditanam di jawa karena bunganya yang harum dam bisa digunakan untuk kembang sekar.Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Dijadikan Bonsai

Bonsai Delima

Sebagai tanaman buah yang dijadikan tanaman bonsai sebenarnya delima kurang ideal karena didalam pot tanaman ini bisa saja kecil seperti bonsai pada umumnya akan tetapi tetap tidak akan  banyak berubah dari pohon besar umumnya.

Jika berbuah tanaman ini buahnya tetap tidak bisa kecil oleh karena itu kurang maksimal jika delima dijadikan sebagai bonsai.

Advertisement

Akan tetapi delima tetap memiliki keunikan tersendiri yang bisa menjadikan kekhasan dari tanaman bonsai yaitu batangnya yang berduri dan daunnya yang mungil itu membuat tanaman bonsai delima cukup indah.

Bonsai Duet

Tanaman duet banyak ditemukan di alam bebas atau hutan yang tumbuh secara liar. Tumbuhan yang satu ini memiliki daun bulat lebar memanjang dan batang kokoh.

Buahnya saat muda berwarna hijau kemudian ketika masak berubah menjadi ungu. Dengan kekokohan batang tersebut dan buah yang kecil itulah sangat cantik jika dijadikan tanaman bonsai.

Bonsai Jambu biji

Jambu biji merupakan tanaman yang mudah ditemukan di daratan Indonesia. Tanaman ini pun cara menanamnya sangat mudah dan buahnya juga sama pada umumnya yaitu berwarna hijau tua dan setelah masak berubah menjadi hijau muda agak kekuning – kuningan.

Dengan batangnya yang licin dan berwarna coklat. Dengan keunggulan batangnya inilah jambu biji sangat cantik jika dijadikan bonsai.

Bonsai Jeruk kingkit

Jeruk kingkit merupakan salah satu kerabat jeruk yang di kecualikan karena keindahannya jika dijadikan bonsai. Tidak seperti tanaman jeruk lainnya, kelebihan yang dimiliki tanaman jeruk ini yaitu terletak pada penampilan batangnya yang beralur dan terlihat tua maka bisa membuat indah apalagi di lengkapi dengan batangnya yang berwarna putih.

Sedangkan warna daunnya berwarna hijau tua dan dengan aroma khasnya yang semerbak dan mengandung kelenjar minyak yang transparan.

Demikian pembahasan mengenai jenis tanaman buah yang bisa dijadikan tanaman hias atau bonsai cantik. Mungkin masih ada jenis tanaman lain yang bisa dikerdilkan yang dapat anda coba.

Semoga informasi tanaman bonsai ini bisa menambah referensi anda jika ingin membuat tanaman hias dengan cara dikerdilkan. Selamat mencoba.

 

Advertisement
Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Dijadikan Bonsai | admin | 4.5