Teknik Budidaya Aglaonema Dalam Pot

Teknik Budidaya Aglaonema Dalam Pot – Teknik budidaya aglaonema terbagi menjadi 2, yaitu melalui vegetativ dan generatif. Teknik budidaya aglaonema secara vegetativ atau tak kawin dilakukan dengan stek, cangkok dan pemisahan anakan.

Advertisement

Sedangkan teknik budidaya aglaonema secara generatif atau kawin dapat dilakukan dengan menanam biji aglaonema. Secara singkat, langkah penanaman aglaonema dijelaskan dalam poin berikut :

Melalui penanaman biji

Untuk menanam aglaonema dari biji, pilihlah biji yang berasal dari indukan yang cukup tua. Untuk mempercepat perkecambahan, rendam biji sekitar 2 atau 3 jam sebelum ditanam.Teknik Budidaya Aglaonema Dalam Pot

Stek

Penanaman tanaman hias aglaonema melalui stek dapat dilakukan dengan menanam pucuk indukan aglaonema. Pilihlah indukan yang memiliki batang kokoh dan memiliki setidaknya 5 daun tersisa setelah diambil pucuknya untuk menjaga indukan tetap hidup setelah dipotong pucuknya.

Potong pucuk indukan yang terpilih, setidaknya hingga 6 sampai 7 ruas daun. Tanam pucuk aglaonema pada media tanam dan letakkan di tempat yang cukup teduh.

Kelemahan dari teknik budidaya aglaonema dengan stek pucuk ini adalah induk yang diambil pucuknya nantinya akan tumbuh bercabang.

Cangkok

Teknik budidaya aglaonema melalui cangkok gampang gapang susah, karena jika berhasil anda akan mendapatkan tanaman baru dengan cepat namun jika gagal, indukan yang dicangkok akan mengalami kebusukan batang.

Advertisement

Teknik budidaya aglaonema melalui cangkok diawali dengan pemilihan indukan. Tanaman yang siap dijadikan indukan adalah tanaman yang memiliki batang yang kokoh dan telah berwarna cokelat atau cokelat keabuabuan, daun batang dengan warna ini biasanya telah gugur atau jika belum daun akan gugur dengan mudah ketika tersenggol.

Jika telah menemukan batang yag pas, kelupas sedikit batang pohon hingga nampak bagian dalamnya yang putih dan liat.

Lapisi bagian ini dengan campuran tanah sekam, pasir malang, humus anda, dan pakis dengan rasio 1:5:2:2 dan bungkus menggunakan plastik.

Setelah terbungkus rapat, berilah lubang lubang kecil pada plastik untuk sirkulasi udara sekaligus sebagai lubang pengakaran. Semprotlah plastik pembungkus ini 2 kali dalam sehari dan tanaman aglaonema baru akan siap dalam 3 hingga 4 minggu.

Pemisahan anakan

Teknik budidaya aglaonema dengan pemisahan anakan dapat dilakukan dengan memotong akar sambung antara induk dengan anakan. Anakan yang dapat dipisahkan adalah anakan yang telah memiliki daun yang  mekar (sudah tak menggulung).

Namun sebelum memustuskan untuk memotong akar sambung, pastikan indukan memiliki  akar yang kuat. Akar yang kuat ditandai dengan warnanya yang putih dan gemuk.

Untuk mempercepat proses penunasan kembali setelah dilakukan pemisahan anakan, potong pucuk indukan hingga tersisa 1 daun saja. Cara ini akan sangat berguna untuk merangsang aglaonema membentuk tunas baru.

Agar kondisi tanaman indukan tetep terjaga, oleskan cairan antiseptik khusus tanaman pada bagian yang telah dipotong lalu padatkan daerah sekitar akar tanaman induk.

 

Advertisement
Teknik Budidaya Aglaonema Dalam Pot | admin | 4.5