Teknik Memindahkan Bunga Anggrek Ke Pot

Teknik Memindahkan Bunga Anggrek Ke Pot – Perawatan anggrek dewasa dinilai lebih mudah daripada perawatan anggrek muda. Mengapa begitu? Karena anggrek dewasa kebanyakan sudah pernah berbunga dan tidak memerlukan perlakuan khusus seperti layaknya anggrek muda yang belum berbunga.

Advertisement

Perlu kita ketahui bahwa anggrek muda yang belum berbunga diperlukan perlakuan khusus agar dapat berbunga dengan cepat.

Suatu anggrek dapat dikatakan dewasa apabila anggrek tersebut sudah berbunga. Walaupun perawatan anggrek dewasa dapat dikatakan mudah, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar maka tanaman anggrek dewasa tidak akan berbunga dengan baik lagi.Teknik Memindahkan Bunga Anggrek Ke Pot

Teknik Memindahkan Bunga Anggrek Ke Pot

Sebelum anggrek dewasa ditanam, terlebih dahulu anggrek dewasa ini hidup di suatu tempat. Biasanya dalam suatu tempat tersebut terdiri atas beberapa anakan anggrek.

Setelah anakan anggrek tersebut sudah membesar dan memenuhi tempat, maka anakan anggrek tersebut satu per satu dipindahkan. Setelah dipindahkan barulah anakan anggrek tersebut berbunga dan dapat dikatakan anggrek dewasa.simak juga Lokasi Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Anggrek

Apa-apa saja perawatan yang harus dilakukan pada tanaman anggrek dewasa? Beberapa perawatan yang harus dilakukan pada anggrek dewasa salah satunya adalah sebagai berikut.

Memindah anggrek dewasa ke pot

Apabila anggrek indukan atau anggrek dewasa telah dipenuhi dengan anakan di potnya, maka anakan tersebut bisa dipindahkan ke tempat lain.

Pemindahan ini bertujuan agar anggrek dewasa tidak sesak dengan anakan yang terlalu banyak. Bagaimana cara memindahkan anggrek anakan dari anggrek dewasa? Caranya adalah sebagai berikut.

Advertisement
  • Pengeluaran anggrek dari dalam pot

Pertama-tama anggrek dikeluarkan dari dalam pot. Caranya adalah dengan menarik anggrek sampai terlepas dari pot. Lakukanlah dengan hati-hati.Artikel terkait Cara Teknik Pembibitan Tanaman Anggrek Muda

Mengeluarkan anggrek dari dalam pot akan mengakibatkan kerusakan pada bagian akar. Namun, kerusakan ini tidak akan menjadi masalah yang besar dan tidak akan berakibat fatal kedepannya.

  • Tanaman dipecah menjadi empat

Setelalah dikeluarkan dari dalam pot, selanjutnya pecah tanaman anggrek menjadi empat bagian. Tujuan pemecahan bagian anggrek adalah untuk memilih akar mana saja yang busuk, kering, dan juga rusak. Selain itu, media bekas penanaman terdahulu seperti pecahan genting atau batu bata dibuang dan digantikan dengan media tanam yang baru.

  • Pencelupan media tanam dan pot ke dalam air

Sebelum media tanam dan ppot digunakan untuk menanam tanaman anggrek, sebaiknya pot dan media tanam dicelupkan ke dalam air. Tujuannya adalah agar tanaman anggrek menjadi jenuh terhadap air.

  • Segera menanam tanaman anggrek.

Anggrek yang telah dipisahkan dari pot, sebaiknya langsung ditanam. Jangan menunda-nunda penanam. Hal ini akan menyebabkan matinya anggrek.

Apabila belum menemukan tempat untuk menanam anggrek, sebaiknya simpan anggrek di tempat yang sejuk dan ada penaungannya. Jangan meletakkan anggrek secara bertumpuk ketika disimpan. Karena dapat menyebabkan pembusukan pada tanaman anggrek.

  • Penanaman anggrek

Setiap jenis anggrek cara penanamannya berbeda-beda. Ada yang ditanam di tengah-tengah pot (contohnya seperti angrek monopodial). Dan ada pula yang ditanam di pinggir pot (contohnya seperti anggrek simpodial).demikian sedikit penjelasan tentang teknik memindahkan bunga anggrek dewasa ke dalam pot.semoga berguna Baca juga Memilih Bibit Tanaman Anggrek Dewasa

Advertisement
Teknik Memindahkan Bunga Anggrek Ke Pot | admin | 4.5