Teknik Menanam Bunga Mawar Dalam Pot

Menanam Bunga Mawar Pot-Siapa yang tak mengenal bunga mawar. Salah satu bunga hias yang sangat populer dan banyak disukai wanita. Bentuk bunganya yang cantik dan wangi khasnya semakin menawan setiap mata yang memandang dan dibuat berdecak kagum akan keindahannya.

Advertisement

Bagi pecinta bunga mawar tentu sangat mengenal tipe bunga yang satu ini dan pastinya ingin memiliki tanaman tersebut di rumah.Teknik Menanam Bunga Mawar Dalam Pot

Menanam mawar bukan hal sulit, banyak pekarangan rumah yang memiliki koleksi bunga cantik ini untuk memperindah tampilan pekarangan rumah mereka. Menanam bunga mawar dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan stek, biji, dan cara okulasi (menempel).

Cara menanam bunga mawar yang paling sering dilakukan dan mudah adalah dengan stek batang. Sedangkan media tanam yang digunakan bisa pot atau pekarangan luas.

Bila Anda tak memiliki pekarangan atau halaman tak perlu khawatir. Anda bisa menanam bunga mawar dalam pot.

Cara menanam bunga mawar dalam pot dapat Anda lakukan dengan beberapa tahapan berikut. Namun sebelumnya ada beberapa tips cara menanam bunga mawar yang harus Anda perhatikan.

  1. Jika akan menanam mawar dengan cara stek batang maka ambil batang pada bagian tengahnya. Namun ambil batang tengah tersebut yang tidak jauh dari pangkal batang. Sebab jika Anda mengambil bagian batang yang masih muda akan sulit ditanam. Stek Anda akan sulit berhasil karena batang muda ini tidak mampu beradaptasi akibat masih mudanya jaringan tanaman tersebut.

    Advertisement
  2. Anda harus menyediakan tanah hitam bekas pembakaran. Ambil bagian atasnya saja. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan pupuk kompos dan pasir. Perbandingan ketiga bahan tersebut adalah 1:1:¼. Sedangkan untuk pot Anda bisa pilih bahan apapun baik dari tanah liat, plastik, maupun keramik.

Seusai mempersiapkan beberapa bahan di atas, Anda dapat mengikuti tahapan cara menanam bunga mawar dalam pot berikut ini.

  • Cara menanam bunga mawar dalam pot yang pertama adalah campurkan tanah pembakaran, pupuk kompos dan pasir sesuai perbandingan. Campur dan aduk ketiga bahan tersebut hingga tercampur.

  • Setelah ketiga bahan tercampur, masukkan ke dalam pot yang telah disediakan.

  • Cara menanam bunga mawar yang ketiga yaitu tancapkan batang mawar yang akan Anda tanam pada media tanah yang telah disiapkan tadi.

  • Kemudian siram dengan sedikit air. Simpan batang mawar yang baru saja Anda tanam tersebut pada tempat yang sejuk dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Akan lebih baik jika Anda letakkan pada ruang yang agak gelap agar akar dan mata tunas batang mawar segera terangsang pertumbuhannya.

  • Bila tunas batang mawar telah tumbuh maka pindahkan pot pada tempat yang lebih terang untuk mendapatkan sinar matahari.

  • Lakukan penyiraman pada tanaman mawar tersebut secara rutin sebanyak dua kali sehari. Pada pagi dan sore hari selama dua bulan.

Berikut tadi cara menanam bunga mawar dalam pot yang dapat Anda lakukan. Sangat mudah bukan untuk dikerjakan.

Namun jangan lupa pula untuk menambahkan pupuk khusus untuk tanaman mawar agar tanaman Anda terawat dengan baik. Selamat mempraktekkannya di rumah.

Advertisement
Teknik Menanam Bunga Mawar Dalam Pot | admin | 4.5