Tips Berkebun Dan Menanam Alang-Alang Putih

Tips Berkebun dan menanam Alang-Alang Putih – Tanaman ini biasanya adalah disebut sebagai tanaman rumput. Tanaman yang sebagian kecil penduduk di daerah pegunungan yang dimanfaatkan sebagai tanaman pakan ternak mereka.

Advertisement

Namun, ternyata dibalik dari tanaman ini adalah sebagian dari mereka menjadikan ini sebagai ladang pekerjaan.

Nah, anda ingin berkebun jenis tanaman ini? inilah tips berkebun alang-alang putih yang baik dan benar:Tips Berkebun Dan Menanam Alang-Alang Putih

Tips Berkebun Dan Menanam Alang-Alang Putih

Langkah yang pertama untuk berkebun jenis tanaman ini adalah memilih bibit alang-alang putih yang baik dan bagus.

Baca juga: Berikut Cara Membudidayakan Tanaman Alamanda

Bibit-bibit itu biasanya dipilih berdasarkan tunas alang-alang putih yang bagus tidak terserang hama cabuk yang biasanya terdapat di bawah daun alang-alang.

Selanjutnya adalah tips berkebun di media tanah yang gembur, gembur disini masksudnya adalah tanah yang tidak bercampur kerikil.

Tanah yang tidak bercampur dengan kerikil akan lebih mudah menyuburkan tanaman jika dibandingkan dengan tanah yang bercampur dengan kerikil. Oleh sebab itu, sediakan tanah yang gambur untuk berkebun jenis tanaman ini.

Waktu Penyiraman Tanaman

Nah, biasanya lakukan penyiraman yang teratur setiap pagi hari dan sore hari,  berikan sinar matahari yang cukup dan air yang teratur tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan. Itulah teknik penyiraman berkebun alang-alang putih.

Advertisement

Pemotongan daun

Tips selanjutnya adalah dengan pemotongan daun alang-alang yang sudah tua, agar tanaman ini nantinya bertunas dan semakin banyak.

Pemupukan yang paling tepat

Selanjutnya adalah dengan pemberian pupuk yang baik dan benar. Tips berkebun yang baik adalah dengan memberikan pupuk yang baik dan teratur serta tidak berlebihan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tanaman Hias Alamanda

Baiknya gunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Tanaman alang-alang putih ini juga dapat digunakan sebagai tanaman hias untuk pelindung rumah dari sinar panas matahari.

Penyemprotan

Yang ini adalah berguna untuk agar tanaman yang satu terhindar dari hama belalang, cabuk dan nyamuk yang akan dapat merusak tanaman ini. Penyemprotan dilakukan setiap pagi atau sore hari dalam seminggu sekali.

Pembersihan dari rumput-rumput pengganggu

Selanjutnya adalah pembersihan dari rumput-rumput pengganggu pada bagian sisi-sisi tanah yang ada pada tanaman yang anda tanam ini. Jadi anda harus melakukan ini setiap 4 kali dalam 1 bulan.

Pengepakan

Selanjutnya adalah pengepakan yang akan anda jual.  Pengepakan tanaman yang satu ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak cacat. Nah, cara mengepak baiknya dibungkus dengan plastik yang rapi. Waktu pemetikan tanaman ini sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari.

Tanaman ini jika dilakukan penanaman dan cara berkebun yang baik dan tepat serta penanganannya yang tepat pula akan menghasilkan tanaman yang memiliki nilai harga jual yang tinggi.

Baca Juga: Tips Cara Memupuk Tanaman Hias Dalam Pot

Tanaman ini biasanya yang dimanfaatkan adalah akarnya yang bersih dan segar untuk minuman, dan untuk alat-alat perabot rumah tangga yang bernilai tinggi.Demikian Tips Berkebun Dan Menanam Alang-Alang Putih semoga berguna..

Advertisement
Tips Berkebun Dan Menanam Alang-Alang Putih | admin | 4.5