Tips Budidaya Pisang di Lahan Sempit untuk Pemula

Tips Budidaya Pisang di Lahan Sempit untuk Pemula – Lahan sempit bukan menjadi soal bagi anda untuk melakukan budidaya pisang. Sebab pisang merupakan jenis tanaman yang mudah ditanam dan tidak terlalu sulit dalam perawatannya. Budidaya pisang di lahan sempit tetap dapat anda lakukan bahkan jenis pisang raja sekalipun dapat anda tanam di pekarangan sempit.

Advertisement

Pisang raja merupakan salah satu jenis pisang yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Tips budidaya pisang raja ini bisa jadi salah satu tanaman yang dapat manfaatkan secara keseluruhan.

Pada bagian bonggol pisang dapat dimanfaatkan untuk kripik, bagian batangnya dapat dipotong menjadi dua bagian seukuran 2 meter kemudian dijemur dan dapat digunakan sebagai pembungkus tembakau.Tips Budidaya Pisang di Lahan Sempit untuk Pemula

Daun pisang dapat dimanfaatkan untuk pembungkus makanan serta jantung pisangnya juga dapat dimanfaatkan untuk abon.

Sedangkan untuk pisang rajanya sendiri merupakan jenis pisang yang banyak digemari mayarakat untuk dikonsumsi karena rasanya manis. Dengan budidaya pisang di lahan sempit ini tentunya akan memberikan keuntungan berlipat terutama bagi anda pemula.

Tips Budidaya Pisang di Lahan Sempit untuk Pemula

Tips budidaya pisang untuk pemula ini dapat dimulai dari pekarangan rumah anda yang sempit sekalipun. Caranya mudah, murah, sederhana, namun mempunyai manfaat luar biasa. Untuk pekarangan yang luasnya hanya x3 meter sekalipun dapat ditanami sebuah pohon pisang raja ini.

Penanaman pisang raja ini dapat dilakukan pada musim penghujan tiba. Sebelum menanam sebaiknya lakukan sterilisasi lubang tanam dengan memberikan obat anti jamur dahulu dan dibiarkan beberapa hari sebelum proses tanam.

Advertisement

Tips budidaya pisang yang demikian ini dimaksudkan untuk memudahkan proses penyiraman. Hal ini juga sebagai antisipasi sisa area bagi tunas atau anakan yang akan tumbuh di sekitar pohon induk. Ketika musim kemarau tiba maka harus dilakukan penyiraman yang cukup dan pemberian pupuk urea sebanyak sesendok makan sebagai pembantu awal pertumbuhan.

Pemberian pupuk Yang tepat

Tips budidaya pisang untuk pemula yang harus diperhatikan adalah pemberian pupuk pada tanaman pisang. Ketika sudah mulai tumbuh tunas baru atau bertambah daunnya, maka harus diberikan pupuk NPK sebanyak 200 gram pada tiap batang pohon.

Selama proses perawatan pohon pisang di lahan sempit sekalipun haruslah diperhatikan untuk menghasilan buah yang lebat dan tanaman tumbuh subur.

Ketika terdapat daun pisang yang menguning maka segera potong serta hilangkan beberapa bagian daunnya untuk menjaga bagian batang pisang tetap tumbuh dengan subur dan hasilkan buah yang lebat. Selain itu, tips budidaya pisang yang baik adalah membiarkan satu atau dua anakan yang mucul di sekitar indukan saat sudah muncul bunga pada induk pohon pisang tersebut.

Budidaya pisang di lahan sempit ini juga harus memperhatikan beberapa hama atau penyakit yang sering menyerang pohon pisang. Bila batang terdapat tanda hitam maka itu menandakan pohon terkena penyakit maka segera tebang pohon tersebut.

Baca Juga: Kandungan Zat dan Vitamin Pada Buah Pisang

Bila warna hitam tersebut sampai ke dalam bagian batang pohon maka sebaiknya buang pohon di ganti dengan bibit baru yang sehat.Tak ada salahnya jika mulai sekarang lahan yang sempit bisa untuk kita gunakan untuk budidaya pohon pisang.demikian Tips Budidaya Pisang di Lahan Sempit untuk Pemula semoga bisa membantu dan bisa untuk di jadikan runungan..salam..

 

Advertisement
Tips Budidaya Pisang di Lahan Sempit untuk Pemula | admin | 4.5