Tips Jitu Merawat Tanaman African Violet

Tips Jitu Merawat Tanaman African Violet – Salah satu tanaman hias indoor yang cukup menarik perhatian para pecinta tanaman adalah African violet. Tanaman hias yang satu ini berasal dari Afrika dan mempunyai kurang dari 10.000 jenis dengan warna daun hijau agak keungulan dan sedikit berbulu seperti kain beludru.

Advertisement

Tanaman African violet ini termasuk tanaman hias indoor yang kurang tahan akan paparan panas matahari langsung. Cara merawat tanaman African violet ini harus intensif.

Meskipun tanaman ini terbilang mudah cara penanamannya namun Anda harus ketahui sifat dari tanaman hias satu ini yang memiliki sifat rentan patah. Sebelum merawat tanaman African violet ini tentu melalui proses penanaman terlebih dahulu.Tips Jitu Merawat Tanaman African Violet

Menanam Bibit African Violet

Proses penanaman tersebut harus memperhatikan berbagai hal yaitu, persiapan wadah atau tempat yang tak terlalu besar, pot dengan diameter antara 3 hingga 40cm.

Selain itu, cara stek adalah cara yang paling mudah untuk budidaya tanaman hias ini dan termasuk tipe tanaman hias yang hanya membutuhkan sedikit cahaya.

Proses pembibitan tanaman African violet ini dapat diperbanyak dengan cara vegetatif yakni memisahkan rumpun anakan yang akan dijadikan bibit sertakan dengan akarnya.

Anda harus memperhatikan keadaan akar, daun dan batangnya agar tidak rusak. Kemudian simpan bibit tersebut pada tempat basah dan lembab sebelum melakukan penanaman African violet.

Pupuk Untuk Tanaman Hias African violet

Dalam proses menanam tanaman hias indoor ini Anda juga harus perhatikan media tanamnya dengan mencampurkan antara tanah dengan pupuk organik dengan perbandingan 1:1 secara merata.

Advertisement

Saat media sudah siap maka tanamlah bibit African violet ke dalam media kemudian tekan sedikit tanah agar menjadi padat dan siram dengan sedikit air agar tanaman jadi segar.

Dalam hal merawat tanaman African violet Bisa dibilang mudah namun perlu perawatan intensif. anda harus rutin menyiram tanaman African violet sekali dalam sehari. Selain itu, Anda harus menyemprotkan pupuk cair pada tanaman sebagai tambahan nutrisi.

Anda juga harus ketahui bahwa merawat tanaman African violet juga harus perhatikan temperatur ruangan, tanaman ini cocok pada suhu 150C hingga 300C.

Merawat Bunga african Violet harian

Hal lain yang perlu Anda lakukan merawat tanaman African violet adalah terkait penggantian pot setiap enam bulan sekali atau ketika rumpun tanaman ini telah memenuhi pot tempat tinggalnya. Ada beberapa teknik dalam proses penggantian pot yang dapat Anda lakukan, sebagai berikut:

  1. Basahi media tanam dalam pot kemudian diletakkan pada posisi horizontal

  2. Tangan kanan Anda untuk memegang rumpun tanaman African violet sedangkan tangan kiri untuk menahan bibir pot lalu putar-putar pot perlahan-lahan.

  3. Setelah media dan tanaman terlepas dari pot kemudian sisir dengan garpu. Lakukan dengan hati-hati agar media tidak pecah.

  4. Kemudian pindahkan African violet tersebut pada pot yang lebih besar ukurannya yang telah siap dengan media tanam baru.

  5. Penuhi pot dengan media tanam baru dan tambahkan air untuk meratakan permukaan media tanam.

Berbagai cara merawat tanaman African violet di atas harus Anda lakukan dengan cermat, baik media tanam, pencahayaan, suhu, pemupukan maupun proses penggantian pot secara berkala.

Sebab hal ini sebagai upaya menjaga dan merawat tanaman African violet Anda tetap segar dan tumbuh dengan baik. Nah, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda ya.

 

Advertisement
Tips Jitu Merawat Tanaman African Violet | admin | 4.5