Tips Memilih dan Merawat Jenis Tanaman Hias Indoor

Tips Memilih dan Merawat Jenis Tanaman Hias Indoor – Tanaman hias banyak ragamnya dan biasanya ditempatkan di dalam ruangan baik itu rumah maupun kantor. Tanaman hias tersebut harus mampu bertahan hidup dalam ruangan dengan kelembaban rendah, temperatur ruangan dan hawa yang relatif sejuk, dapat menyesuaikan dengan ruangan ber-AC pula.

Advertisement

Selain itu, media tanam untuk tanaman hias indoor harus selalu diperhatikan, percampuran antara sekam bakar, cocopeat, cacahan pakis merupakan media tanam yang baik bagi tanaman hias tersebut.

Beberapa jenis tanaman hias indoor yang dapat jadi pilihan seperti sirih gading, anggrek bulan, palem, bunga lili, bunga andong, dan lain sebagainya. Namun dalam memilih dan merawat tanaman hias indoor juga harus perhatikan beberapa persyaratan sebagai berikut.Tips Memilih dan Merawat Jenis Tanaman Hias Indoor

Jenis dan manfaat tanaman hias Indoor

Dalam memilih dan merawat tanaman hias indoor, Anda harus lebih dahulu mengatahui jenisnya. Jenis tanaman hias ada dua macam yaitu tanaman hias bunga dan tanaman hias daun.

Untuk tanaman hias bunga antara lain adenium, anggrek, atau mawar. Sedangkan tanaman hias daun antara lain sanseviera, anthurium, dan aglaonema.

Selain itu, memilih dan merawat tanaman hias indoor juga harus memperhatikan manfaat dari keberadaan tanaman tersebut di ruangan.

Jika tanaman hias tersebut dimaksudkan untuk memperindah atau pemanis ruangan dapat Anda harus memilih tanaman hias yang berdaun unik atau mempunyai warna indah. Sedangkan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai pembatas ruangan dapat dipilih tanaman hias dengan ukuran cukup besar dan berdaun lebat.

Advertisement

Ketahanan tanaman hias Unik Indah

Ketahanan dari tanaman hias bervariasi berdasarkan lingkungannya. Pengaruh dari adanya kelembaban, intensitas cahaya, dan temperatur ruangan bagi tanaman hias perlu diperhatikan dalam memilih dan merawat tanaman hias indoor ini.

Meskipun tanaman hias indoor merupakan tanaman yang memiliki ketahanan dalam keadaan kering ruangan dan pencahayaan rendah, harus tetap Anda lakukan rotasi setiap dua minggu sekali.

Rotasi ini dimaksudkan agar tanaman hias tersebut juga sesekali merasakan kesegaran luar ruangan dan juga cahaya matahari untuk membantu proses fotosintesis.

Sistem perawatan tanaman hias Indoor harian

Memilih dan merawat tanaman hias indoor memang perlu dilakukan secara cermat. Sebab dengan adanya perbedaan ketahanan tanaman akan lingkungannya maka akan berpengaruh pula pada sistem perawatannya.

Bagi Anda penyuka jenis tanaman hias indoor disarankan untuk memilih jenis tanaman hias yang mudah dalam hal perawatannya dan dapat Anda lakukan sendiri. Tanaman hias rata-rata membutuhkan intensitas sinar matahari tinggi akan mudah perawatannya, namun tetap ada pula beberapa jenis tanaman hias indoor yang harus dirawat intensif.

Untuk memilih dan merawat tanaman hias indoor yang terbilang mudah, antara lain jenis sanseviera, philodendron, dan dracaena. Sedangkan jenis tanaman hias indoor yang butuh perawatan intensif antara lain anggrek, caladium, anthurium, dan aglaonema.

Dari berbagai hal terkait memilih dan merawat tanaman hias indoor yang telah disebutkan di atas, merupakan hal yang harus Anda perhatikan pada tanaman hias yang anda miliki dalam ruangan.

Dengan informasi dalam artikel ini, Anda tentu menjadi tidak merasa kesulitan atau melakukan kesalahan penempatan karena ketidaktahuan Anda akan manfaat dari tanaman hias yang Anda letakkan dalam rumah. Selamat mencoba.

 

Advertisement
Tips Memilih dan Merawat Jenis Tanaman Hias Indoor | admin | 4.5