Tips Merawat Tanaman Hias Begonia

Tips Merawat Tanaman Hias Begonia – Rumah memang memerlukan aksesoris pelengkap untuk memperindah tampilannya. Anda dapat menggunakan tanaman hias untuk memberikan kesan rindang dan cantik pada rumah anda.

Advertisement

Jenis tanaman hias yang dapat anda gunakan pun bermacam-macam, salah satunya ialah tanaman hias begonia. Setelah di tanam, tentu sebuah tanaman harus di rawat, agar ia tetap cantik dan indah. Serta daun yang di hasilkan pun dapat rimbun.Tips Merawat Tanaman Hias Begonia

Bunga merupakan aksesoris hidup bagi sebuah rumah. Dengan kehadirannya, rumah akan jauh lebih terasa bernyawa. Tanaman hias begonia mempunyai 1000-2000 hibrida yang tersusun dalam 4 ras besar, yakni basket, rex, rhizomatous, dan semperflorens.

Untuk merawat tanaman yang satu inipun tidak rumit, anda harus memperhatikan beberapa hal dalam perawatannya. Untuk merawatnya secara tepat, perhatikan tips berikut ini:

Membuat Tanaman Hias Begonia Tampir Menawan

Agar tanaman hias begonia dapat tumbuh dengan optimal, sebaiknya anda jangan menempatkan tanaman tersebut pada area yang mendapatkan kontak langsung dengan matahari, karena tanaman yang satu ini tidak begitu menyukai kontak langsung matahari. Ia sangat cocok jika tumbuh di area yang bersuhu 20-30oC.

Media tanam yang sangat sesuai dengan tanaman hias begonia ini ialah porous. Dengan takaran 1:1:1 antara tanah yang subur, pasir serta pupuk organik atau pupuk yang berasal dari kotoran hewan.

Advertisement

Yang perlu anda perhatikan pula pada perawatan tanaman hias begonia ialah waktu pemberian air. Anda harus melakukan penyiraman dengan menyesuaikan musim. Apabila sedang terjadi kemarau, maka lakukan pemberian air setiap dua kali sehari, pada waktu pagi dan sore.

Namun, apabila sedang terjadi musim hujan atau keadaan yang membuat tanaman lembab, cukup siram pada frekuensi sekali saja sehari. Jangan terlalu sering memberikan air, agar tanaman tersebut dapat tercegah dari bakteri.

Untuk membuat tanaman hidup subur, and aharus memberikannya pupuk. Terdapat dua jenis pupuk yang dapat anda berikan untuk tanaman ini. Yakni pupuk daun dan pupuk kandang.

Pupuk Bagus Untuk Tanaman Begonia

Untuk pemberian pupuk kandang pada tanaman hias begonia anda harus memastikan bahwa pupuk tersebut sudah benar-benar siap, pastikan tingkat kehalusan dan kematangannya.

Lakukanlah proses pemberian pupuk setiap dua bulan sekali atau menyesuaikan keadaan tanaman, jika tanaman dirasa sedang tidak sehat, lakukan pemupukan.

Tanaman yang satu ini memiliki jenis beragam. Salah satunya begonia yang mempunyai pola tumbuh yang menggantung, maka dari itu sesuaikan potnya. Pilihlah pot yang digunakan untuk tumbuhan semacam ini, yakni pot gantung. Namun, jika begonia tumbuh meninggi, maka sebaiknya anda memilih pot duduk yang mempunyai ukuran cukup besar.

Jika ingin mengembangkan tanaman begonia, anda dapat melakukannya dengan proses stek daun. Pastikan medianya sesuai, agar proses stek behasil.

Itulah beberapa tips dalam alam perawatan untuk tanaman hias begonia yang erlu anda ketahui. Semoga bisa membantu anda dalam merawat tanaman yang cukup unik ini ya. Selamat mencoba.

 

Advertisement
Tips Merawat Tanaman Hias Begonia | admin | 4.5