Tips Merawat Tanaman Unik dan Eksotis Wijaya Kusuma

Tips Merawat Tanaman Unik dan Eksotis Wijaya Kusuma – Tanaman wijaya kusuma atau yang dikenal dengan nama latin Epiphyllum anguliger merupakan tanaman hias yang banyak digemari karena unik. Keunikan lain dari tanaman ini yakni waktu mekar bunganya yang sulit untuk ditebak dan diprediksi kapan akan terjadi.

Advertisement

Biasanya bunga wijaya kusuma akan mekar pada malam atau tengah malam dan berlangsung pada waktu yang singkat hingga layu menjelang pagi hari. Bunga wijaya kusuma memiliki bau yang wangi dan semerbak layaknya bunga sedap malam.Tips Merawat Tanaman Unik dan Eksotis Wijaya Kusuma

Tanaman wijaya kusuma memiliki batang yang tegak terbentuk dari daun yang mengeras dan berbentuk kecil. Daunnya memiliki bentuk yang pipih, agak tebal dan berdaging layaknya tumbuhan kaktus, namun yang membedakan adalah lapisan luar daunnya yang halus tanpa duri tidak seperti tanaman kaktus kebanyakan.

Jika anda tertarik untuk menanam tanaman yang unik dan eksotis ini, berikut beberapa tips merawat tanaman wijaya kusuma yang bisa anda terapkan dirumah.

Advertisement
  • Tips merawat tanaman wijaya kusuma yang pertama, jika anda hendak menggunakan media pot  untuk menanam tanaman wijaya kusuma, anda dapat menambahkan media tanam berupa sphagnum yang bagian batangnya telah dihancurkan atau ditumbuk, beri sedikit pasir, lalu campurkan pupuk kompos dengan memakai perbandingan satu banding satu.
  • Tips merawat tanaman wijaya kusuma kedua, untuk bibit tanaman wijaya kusuma yang telah didapat dari proses setek bagian daun sebaiknya ditempatkan pada tempat yang teduh dan ternaungi, namun harus tetap memperoleh sinar matahari dengan intensitas cahaya yang cukup sekitar 50% atau dengan kadar lebih rendah. Intinya jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  • Tips merawat tanaman wijaya kusuma selanjutnya, setelah usia tanaman wijaya kusuma mencapai usia dua bulan sebaiknya tanaman dipindahkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Proses ini sebaiknya dilakukan dengan cara bertahap agar tanaman wijaya kusuma dapat menyesuaikan diri dengan tempatnya yang baru secara perlahan.
  • Setelah tanaman wijaya kusuma mulai tumbuh dengan baik, tips merawat tanaman wijaya kusuma dengan cara melakukan penyiraman sekali dalam seminggu. Mengingat tanaman wijaya kusuma merupakan kerabat kaktus jadi tidak perlu dilakukan penyiraman setiap hari.
  • Taruh tanaman ini di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, hal ini dilakukan agar pertumbuhan tanaman wijaya kusuma dapat tumbuh dengan bagus dan tidak terhambat.
  • Selain nutrisi yang didapat dari tanah atau media tanam, anda juga bisa memberikan pupuk organic sebagai nutrisi tambahan secara berkelanjutan setiap dua hingga dua bulan setengah sekali.

Nah, itu tadi beberapa tips merawat tanaman wijaya kusuma agar tanaman tumbuh subur dan bunga yang dihasilkan hanya pada periode setahun sekali itu bagus serta memiliki bau yang harum.

 

Advertisement
Tips Merawat Tanaman Unik dan Eksotis Wijaya Kusuma | admin | 4.5