Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia

Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia – Tanaman bunga dahlia merupakan bunga yang berasal dari negara Meksiko. Bunga ini mempunyai bermacam-macam jenis yang banyak di budidayakan.

Advertisement

Umumnya, tanaman bunga dahlia memiliki tinggi minimum 30 cm dan maksimal antara 180-240 cm. Bunganya memiliki diameter terkecil kurang lebih 5 cm, dan terbesar 30 cm.

Apabila anda ingin menanam bunga ini, caranya tidak terlalu rumit. Namun, anda harus memperhatikan beberapa tips penanaman tanaman bunga dahlia berikut ini:Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia

Advertisement
  1. Biasanya pada negara yang mempunyai 4 musim, tanaman bunga dahlia dapat di tanam apabila sudah melewati bulan April dan Mei, yakni jika suhu tanah telah berada pada 14-15oC. Namun hal ini tidak berlaku di Indonesia, karena hanya memiliki 2 musim saja.
  2. Tanaman bunga dahlia dapat tumbuh di kawasan yang tropis atau cerah. Paling tidak kawasan yang mendapat kontak langsung dari sinar matahari selama 8 jam. Kecuali jika musim panas, tanaman ini memerlukan cahaya matahari pada pagi, dan sore yang redup.
  3. Untuk kedalaman pada saat menanamnya juga perlu anda perhatikan, guna mendapatkan akar yang rekat dengan tanah dan kuat, tanamlah tanaman ini dengan kedalaman 30 cm, kemudian berikan media kompos dengan ukuran tinggi 15 cm. Tetapi jika anda memilih menanam pada pot, maka berikanlah pupuk secara rutin.
  4. Keasamaan tanah juga perlu di perhatikan. Ph tanah yang paling baik untuk menanam bunga dahlia ialah 6,2-6,5.
  5. Apabila anda menggunakan media tanam tanah liat, maka sebaiknya beri campuran pasir dan gambut agar media tanamnya menjadi lebih ringan.
  6. Jika anda menanam bunga dahlia pada musim hujan, maka bisa jadi bunga tersebut tidak akan hidup. Karena tanaman ini termasuk jenis tanaman yang memiliki umbi. Bila terlalu banyak mendapatkan air atau jika tanah dalam konsisi basah, maka umbinya akan busuk. Jadi, jika instensitas hujan meningkat, biarkan tanahnya kering dulu, baru anda dapat menanamnya.
  7. Taruhlah umbi dengan arah horizontal pada permukaan lubang serta dengan mata tunas terarah ke atas. Tidak lupa, tutuplah umbi tersebut kira-kira 5 cm menggunakan kombinasi tanah serta air dengan merata. Jika tunas mulai tumbuh ke atas tanah, selalu tutup dengan campuran seperti yang sebelumnya.

Untuk perawatannya, anda dapat melakukan tips berikut

  • Jangan terlalu banyak memberikan air pada tanaman bunga dahlia atau umbi bisa membusuk

  • Jika sedang berlangsung musim panas, maka berikan dahlia air yang cukup sehingga tidak kekurangan.

  • Semakin tinggi tanaman dahlia, maka bunga yang di hasilkan juga akan semakin banyak. Oleh karena itu tanamlah bunga dahlia pada ukuran tertentu sesuai yang telah di sarankan.

Itulah beberapa tips penanaman tanaman bunga dahlia yang mungkin bisa anda coba lakukan. Semoga informasi dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

 

Advertisement
Tips Penanaman dan Perawatan Bunga Dahlia | admin | 4.5