Waktu dan Cara Pemupukan Cabai Terbaik

Waktu dan Cara Pemupukan Cabai Terbaik – Menanam cabai untuk mendapatkan hasil terbaik bisa dilakukan dengan cara perawatan yang tepat. Yaitu bisa dilakukan dengan cara mengerti waktu yang tepat dan cara pemupukan cabai yang benar.

Advertisement

Banyak para petani yang menanam cabai tetapi hasil yang didapatkan belum mencapai batas maksimal mungkin bisa jadi karena pengaruh dari cara pemupukan cabai dan waktu pemberian pupuk yang kurang tepat.

Untuk cara pemupukan cabai sendiri harus benar-benar diperhatikan adalah waktu dan cara pemupukan itu sendiri.

Waktu dan Cara Pemupukan Cabai Terbaik

Jika pemupukan dilakukan dengan benar, maka kemungkinan besar juga akan mendapatkan hasil yang maksimal pula. Berikut ini bisa anda praktikkan untuk waktu cara pemupukan cabai yang terbaik:

Waktu dan Cara Pemupukan Cabai Terbaik

Usia 1 minggu pertama

Cara pemupukan cabai yang pertama yaitu anda dapat menggunakan pupuk kandang untuk cabai anda pada saat usia 1-3 hari pertama saat ditanam dalam tanah. Anda bisa menggunakan pupuk kandang sebanyak kurang lebih 20 ton untuk tanaman cabai per satu hektar.

Anda juga bisa melakukan pemupukan dengan cara memberikan lubang khusus untuk pupuk agar pupuk dapat terserap maksimal oleh pohon cabai. Dan jangan sampai pupuk langsung mengenai pada batang pohon cabai.Simak Juga Cara Budidaya Cabai Dalam Polybag

Advertisement

Pupuk kandang ini juga mempunyai kandungan yang sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan tanaman cabai. Karena akan memberikan efek kokoh/kekar serta daun akan terlihat lebih hijau dan segar pada tanaman cabai yang telah diberikan pupuk kandang ini.

Pupuk kandang juga memberikan manfaat yang dapat menyimpan nutrisi cadangan hingga saat tanaman cabai mulai berbunga dan berbuah.

Usia 1 bulan pertama

Cara pemupukan cabai pada saat usia ini anda dapat menggunakan pupuk campuran yaitu NPK, urea, KNO putih, Tsp dan MKP. Dengan perbandingan 4:1:1:1:1 sehingga total semuanya 8 kg, kemudian larutkan dengan air sebanyak 250 liter kemudian anda dapat mengocorkan pupuk tersebut pada setiap pohon cabai dengan 250 mililiter setiap pohonnya.

Untuk ukuran yang lebih banyak anda dapat menyesuaikan dengan berapa banyak pohon cabai yang anda tanam. Cara pengocoran ini bisa anda lakukan setiap 3-4 kali dalam sebulan.

Usia 3 bulan dan seterusnya

Untuk pemupukan usia 3 bulan dan seterusnya dapat menggunakan pupuk campuran dari

MKP, TSP, KNO putih dan NPK dengan perbandingan 2:3:8:2. Kemudian larutkan dengan air sebanyak 250 liter dan dikocorkan pada pohon cabai 250 ml setiap pohonnya.

Ini dapat anda lakukan setiap satu atau dua minggu sekali hingga saat panen datang. Dan anda dapat melakukannya sampai panen memasuki masa panen yang ke 7, dan untuk setelah itu anda tidak perlu lagi melakukan pemupukan untuk tanaman cabai anda.

Itulah sejumlah cara yang dapat dilakukan sebagai cara pemupukan cabai dengan memanfaatkan waktu dan cara yang tepat dan terbaik. Dengan memanfaatkan waktu dara pemupukan baik harapan untuk hasil maksimal dapat segera terealisasi.sekian Baca Juga Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai Dalam Pot

Advertisement
Waktu dan Cara Pemupukan Cabai Terbaik | admin | 4.5