Waktu Umur Panen Bawang Merah Budidaya

Waktu Umur Panen Bawang Merah Budidaya – Membudidayakan bawang merah tidak hanya dapat dilakukan dilahan yang luas. Lahan yang sempit saja kini sudah bisa dijadikan sebagai tempat pembudidayaan bawang merah.

Advertisement

Dengan memanfaatkan media-media seperti pot dan media lainnya, kita sudah bisa membudidayakan bawang merah baik pot,polybag dan lahan terbuka..

Ada beberapa orang yang memang sengaja membudidayakan bawang merah untuk menghasilkan nilai ekonomis. Bawang merah jika di budidayakan memang dapat menghasilkan nilai ekonomis.

Nilai ekonomis yang dihasilkan pun tidak sedikit jika bawang merah yang dihasilkan bagus dan berkualitas. Membudidayakan bawang merah juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan.

Selain itu, ada juga orang yang membudidayakan bawang merah hanya untuk memenuhi kebutuhan dapur sehari-hari saja. Dengan begitu, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bawang merah.Waktu Umur Panen Bawang Merah Budidaya

Waktu Umur Panen Bawang Merah Budidaya

Untuk menghasilkan bawang merah yang bagus dan berkualitas, kita perlu memelihara tanaman bawang merah dengan baik supaya di hasilkan kualitas bawang yang terbaik..

Pemeliharaan tanaman bawang merah meliputi penyiraman, penggemburan tanah, penyiangan gulma, pemupukan, memperbaiki kedudukan umbi, dan menanggulangi adanya hama dan penyakit.simak juga Keuntungan Budidaya Sayuran Dilahan Sempit

Pemeliharaan bawang mera bisa dikatakan sulit. Semuanya tergantung bagaimana kita memelihara tanaman bawang merah tersebut.

Setelah tanaman bawang merah berumur kira-kira 60 atau 90 hari setelah penanaman berlangsung maka bawang merah sudah bisa dipanen. Bagaimana ciri-ciri dan umur bawang merah yang sudah siap untuk dipanen? Ciri-ciri bawang merah yang sudah siap dipanen adalah sebagai berikut.

Advertisement
  • Warna daun sudah berubah menjadi hijau kekuningan.
  • Pada bagian tangkai batang menjaddi mengeras.
  • Umur tanaman bawang merah sudah mencapai 60 atau 90 hari.

Itulah ciri-ciri bawang merah yang telah siap dipanen.

Umur waktu panen bawang merah tidak boleh sembarangan. Ada tahap-tahap tersendiri. Apa-apa saja tahap memanen bawang merah yang baik? Tahap memanen bawang merah yang baik adalah sebagai berikut.

  • Cabutlah seluruh bagian tanaman dengan menggunakan tangan.
  • Setelah dicabut, kemudian hasil panen tersebut diikat. Tujuannya adalah supaya tanaman tidak berserakan dan membusuk karena diletakkan secara bertumpuk.
  • Bawang merah yang telah diikat tersebut kemudian dijemur. Jemur lah bawang merah ditempat yang terbuka.
  • Jangan menjemur bawang merah dibawah sinar matahari yang terlalu terik. Mengapa begitu? Karena dapat merusak lapisan bawang merah. Sehingga kualitas bawang merah menjadi menurun.
  • Penjemuran dapat dilakukan beberapa hari. Penjemuran tergantung kepada kadar air yang ada di dalam bawang merah.

Itulah beberapa tahap memanen bawang merah.

Tahap penyeleksian bawang merah

Kadar air di dalam umbi bawang merah haruslah turun terlebih dahulu sebelum dijual. Cara menurunkan kadar air adalah dengan dijemur ditempat yang terbuka tetapi tidak dibawah sinar terik matahari.

Setiap kali selesai menjemur bawang merah, timbanglah bawang merah tersebut. Jika kadar air sudah menurun kurang lebih 19% maka penjemuran boleh dihentikan.

Bawang merah yang telah siap dijual sebaiknya disimpan di dalam gudang. Cara menyimpan bawang merah adalah dengan menggantungkan ikatan bawang merah. Dengan begitu bawang merah tidak mudah busuk karena terlalu lama berada dibawah atau dilantai.

Mungkin hanya ini saja waktu dan umur panen bawang merah untuk hasil yang terbaik,semoga bisa berguna dan bisa membantu..Artikel terkait Cara Menanam Bawang Merah Pot Kusus Pemula

Advertisement
Waktu Umur Panen Bawang Merah Budidaya | admin | 4.5