3 Cara Pembibitan Bunga Euphorbia

Bibit Bunga Euphorbia- Tanaman hias jenis euphorbia ini adalah salah satu tanaman bunga yang mampu mengeluarkan bunga tanpa mengenal musim,intinya bunga euphorbia akan bisa berbunga kapan saja kususnya untuk daerah yang memiliki hawa yang lebih dingin..

Advertisement

Tak heran jika daya pikat tanaman ini mampu membius para kaum hawa untuk segera memilikinya.Bunga euphorbia banyak kita temui di pasar yang di jual harga berfareasi,mulai dari 20 ribuan  sampai 300 ribuan,tentunya semua tergantung dari bentuk serta keunikan dari pada euphorbia itu sendiri..

Namun tak ada salahnya jika anda maecoba untuk membudidayakan sendiri,tanaman jenis ini sangat mudah untuk kita perbanyak,asalkan anda sudah mengetahui teknik serta caranya..3 Cara Pembibitan Bunga Euphorbia

Ada  3 cara yang bisa anda tempuh untuk menghasilkan bibit bunga euphorbia,yaitu dengan cara stek batang,grafting dan okulasi,ketiga cara tersebut langsung bisa anda lakukan di rumah,maka dari itu,silahkan dibaca panduan ini sampai habis,supaya anda lebih memahami arti dan serta teknik paling mujarap yang akan saya berikan..

Cara Stek Batang Bunga Euphorbia.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melakukan stek batang.dan cara ini bisa anda lakukan bagi anda sebagai pemula.langkah demi langkah yang bisa anda tempuh adalah sebagai berikut..

  • Cari induk bunga euphorbia yang sehat dan memiliki batang agak panjang sekitar 6-9 cm.

  • jika batang induk terdapat banyak daun,anda bisa memotong daun tersebut,sisakan 2-3 daun saja untuk bisa mengurangi penguapan dari pada euphorbia…

  • Potong batang induk euphorbia,setelah melakukan pemotongan,jangan lupa untuk segera mengolesi atau mengeclupkan pada larutan penumbuh akar untuk merangsang sistem perakaran supaya cepat mengeluarkan tunas nantinya..

  • Setelah penduan di atas sudah di lakukan,batang euphorbia tersebut langsung bisa anda tanam dengan media tanam sekam bakar yang bisa kita campur dengan sedikit tanah..

  • Biasanya dalam waktu 1 bulan,batang tanaman yang kita stek tersebut sudaha akan mengeluarkan tunas baru yang sudah siap untuk kita pindahkan dalam pot yang lebih permanen..

Setelah batang hasil stek tersebut sudah di tanam,maka yang perlu anda ketahui adalah,jangan terlalu banyak dalam melakukan penyiraman,nantinya malah akan membuat busuk batang hasil stek tersebut..

Penyiraman bisa anda lakukan 2 hari sekali saja dengan secukupnya…

Advertisement

Cara grafting Bunga Euphorbia.

Grafting sebenarnya adalah menyambung batang euphorbia dengan lain batang,misal jika kita menginginkan bunga yang beragam dalam satu batang induk,kita bisa melakukan teknik grafting ini pada euphorbia..3 Cara Pembibitan Bunga Euphorbia

  • Cari batang induk euphorbia yang sehat,lalu potong batang induk menyerupai huruf V.

  • Setelah itu,cari juga batang tanaman untuk sambungan atas,usahakan memiliki ukuran batang berdiameter yang sama supaya dan tepat saat melakukan sambungan nantinya..

  • Potong batang atas,lalu iris menyerupai huruf V namun terbalik agar kedua tanaman tersebut bisa kita satukan secara sempurna..

  • Setelah semua seudah kita bentuk,baik batang bawah dan batang atas sebagai sambungan.selanjutnya kedua batang langsung bisa kita satukan..lalu ikat dengan kuat menggunakan tali plastik..

  • Lakukan penyungkupan dengan menggunakan plastik bening transparan untuk mengurangi pengguapan kurang lebih 10 hari.

  • Setelah 10 hari,plastik sebagai sungkup tersebut langsung bisa anda buka dan tempatkan tanaman hasil grafting tersebut di tempat yang lebih teduh serta memiliki sirkulasi udara yang sempurna..

dalam masa perawatan dan penyungkupan ini,jangan di lakukan penyiraman terlebih dahulu sampai plastik sebagai penyungkup anda lepas.selain itu,jangan memberikan pupuk yang mengandung organik dalam masa tahap perawatan hingga benar-benar di hasilkan grafting yang sudah bisa hidup dengan sempurna..

Cara okulasi bunga Euphorbia.

Okulasi sendiri hampir sama dengan teknik grafting,bedanya jika okulasi hanya menggunakan kulit sebagai media sambungan,tidak sampai memotong batang,cara ini juga tergolong cara yang paling bagus untuk menghasilkan Bunga Euphorbia yang memiliki seni tinggi..

  • Cari mata tunas euphorbia yag bagus dan sehat..
  • Cari batang bawah euphorbia lalu irislah kulit batang tersebut degan membentuk vertikal.
  • Setelah di lakukan pemotongan,kedua batang tanaman tersebut langsung bisa untuk kita satukan,lalu ikat yang kuat untuk menghindari goyang akibat tiupan angin..
  • Jika kita rasa tunas yang kita satukan sudah mampu hidup dengan baik,kita bis melakukan pemotongan batang induk di atas bekas okulasi tersebut,nantinya euphorbia akan lebih kelihatan unik..
  • Jangan lupa,setelah melakukan pemotongan,olesi menggunakan larutan fungisida untuk mencegah timbulnya bakteri dan jamur.

Baca Juga: Budidaya tanaman bonsai ala rumahan

3 Cara pembibitan bunga euphorbia seperti petunjuk di atas langsung bisa anda lakukan di rumah,semoga saja bisa untuk mengobati anda sebagai pemula yang mungkin selama ini mengalami kesulitan dalam tata cara pembibitan tanaman hias jenis euphorbia…semoga membantu..

Advertisement
3 Cara Pembibitan Bunga Euphorbia | admin | 4.5