3 Manfaat Pepaya Bagi Ibu Hamil

3 Manfaat pepaya Bagi Ibu Hamil – Carica pepaya atau yang sering disebut dengan pepaya, merupakan salah satu tumbuhan tropis berasal dari Amerika Selatan. Manfaat pepaya ini dulunya sering disepelekan oleh kebanyakan orang.

Advertisement

Hal ini dikarenakan buah tersebut mudah tumbuh dan stoknya pun juga melimpah. Walaupun begitu perlu diketahui buah ini merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat apalagi bagi ibu hamil.

Ada berbagai kandungan pepaya menjadikannya memiliki segudang manfaat baik dan jika dikonsumsi ibu hamil akan mendatangkan manfaat berupa kesehatan bagi ibu hamil dan si jabang bayi.

Vitamin yang terkandung dalam pepaya terdiri dari vitamin A, C dan E. Manfaat pepaya juga bida dilihat dari kandungan potassium, enzim papain, dan tinggi serat.3 Manfaat Pepaya Bagi Ibu Hamil

3 Manfaat Pepaya Bagi Ibu Hamil

Serat dan enzim inilah yang menjadikan manfaat pepaya menjadi buah incaran banyak orang yang sering digunakan dalam mencegah konstipasi secara alami, serta menjadikan sistem pencernaan sehat. Karena itu buah ini baik jika dikonsumsi selama proses kehamilan. Adapun manfaat pepaya lainnya dari buah pepaya bagi ibu hamil sebagai berikut.Baca Juga 4 Khasiat Buah Pepaya Muda

Melancarkan pencernaan

Saat hamil, kadangkala ada berbagai masalah kesehatan yang timbul, salah satunya ialah lambatnya proses pencernaan protein dalam tubuh. Munculnya masalah ini menjadikan si ibu bisa terkena wasir, serta berdampak pada kesehatan pencernaannya.

Oleh karena itu dengan mengkonsumsi buah pepaya bisa mencegah berbagai masalah pencernaan, dan mempercepat pencernaan protein. Tapi perlu diketahui pepaya memang memiliki kandungan enzim papain yang membantu pencernaan lebih baik.

Advertisement

Biasanya enzim ini banyak di temukan pada buah pepaya yang masih mentah, karena enzim ini merupakan getah dari pepaya tersebut.Walaupun manfaat pepaya baik untuk kesehatan pencernaan pada orang biasa, tapi enzim ini tidak disarankan bagi ibu hamil.

Ada baiknya ibu hamil mengkonsumsi buah pepaya yang sudah benar-benar matang, bersih dan bebas getah.simak Ciri Pohon Pepaya Memiliki Buah Lebat Manis

Menjaga tekanan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh

Pepaya juga memiliki kandungan kalium yang tinggi dan fungsi kalium itu sendiri mampu mengontrol proses natrium. Sehingga bagi ibu hamil yang memiliki riwayat tekanan darah, dengan mengkonsumsi pepaya dapat terjaga tekanan darahnya.

Selain itu manfaat pepaya juga karena memiliki beberapa vitamin salah satunya ialah vitamin C yang memiliki manfaat untuk meningkatkan system imun si ibu, agar tidak mudah terkena berbagai penyakit seperti flu dan infeksi.

Penangkal radikal bebas dan membantu pembentukan organ penglihatan janin

Tanpa disadari ternyata manfaat pepaya juga memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga buah ini sangat baik jika digunakan untuk menangkal radikal bebas. Tentunya jika dikonsumsi oleh ibu hamil secara tepat dapat menyehatkan si ibu dan calon buah hati.

Selain itu vitamin A yang terkandung dalam pepaya juga baik untuk pembentukan organ penglihatan janin, sehingga buah hati ketika lahir akan memiliki mata yang sehat.

Itulah 3 manfaat pepaya bagi ibu hamil, yang sering memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil. Walaupun manfaatnya baik untuk kesehatan, ada baiknya mengkonsumsinya secara tepat dan tidak berlebihan. Apalagi di minggu-minggu awal kehamilan ada baiknya tidak mengkonsumsi buah ini.Baca Juga Kandungan Gizi Pada Buah dan Daun Pepaya

Advertisement
3 Manfaat Pepaya Bagi Ibu Hamil | admin | 4.5