5 Cara Mudah Merawat Tanaman Bonsai Dengan Baik

Merawat Tanaman Bonsai Harian-Merawat tanaman bonsai pada dasarnya tidak sulit  apabila dilakuakn dengan tepat dan baik. Anda bisa menerapkan 5 cara mudah merawat bonsai dengan baik berikut:

Advertisement
  1. Sirami tanaman bonsai secara teratur

Dalam merawat tanaman bonsai anda sebaiknya menyiram air secukupnya, tidak kurang apalagi berlebihan. Karena jika kurang maka bonsai akan kekeringan yang bisa membuatnya mati karena tekstur tanahnya yang kering.5 Cara Mudah Merawat Tanaman Bonsai Dengan Baik

Anda juga sebaiknya tidak menyiraminya terlalu banyak meskipun pot tanaman bonsai ini berlubang karena membuat akar membusuk dan menyebabkan jamur tumbuh pada tanaman.

Salah satu cara untuk mengetahui level kelembaban tanah pada tanaman bonsai bisa dilakuka dengan menancapkan tusuk gigi pada media tanam apakah tekstur tanah terlalu kering atau basah. Untuk mempermudah lagi anda bisa menanam lumut pada media tanah untuk mengetahui kelembaban tanah.

Bonsai memang perlu dijemur untuk memperoleh cahaya matahari yang cukup untuk foto sintesisnya namu jika terlalu sering terpapar maka tanaman ini bisa rusak. Perlakuan yang tepat dengan penyiraman yang tepat akan membuat tanaman bonsai tumbuh dengan baik dan sehat.

  1. Lakukan penggantian pot tanaman bonsai

Pot tanaman bonsai harus berbentuk dangkal dan diganti minimal sekali dalam satu tahun, hal ini bertujuan untuk mensupport pertumbuha akar yang baru pada tanaman bonsai.

Pot yang anda pilih untuk merawat tanaman bonsai harus memiliki lubang agar ketika ada kelebihan air bisa terpancar dari pot sehingga akar tanaman bonsai tidak akan tenggelam oleh air yang bisa membuatnya busuk. Anda juga harus memilih pot yang memiliki ukuran lebih besar untuk mendorong pertumbuhan bonsai.

Advertisement
  1. Pemberian pupuk

Dosis yang tepat sangat dibutuhkan untuk merawat tanaman bonsai agar tumbuh sehat. Anda bisa melakukan pemupukan sekali dalam sebulan dengan pupuk urea atau NPK  dan pupuk daun 3 kali dalam sebulan tergantung kebutuhan bonsai.

  1. Pemangkasan bonsai

Dalam memangkas dan membentuk dahan tanaman bonsai sebaiknya anda tidak merawat tanaman bonsai dengan memangkasnya menggunakan gunting melainkan alat yang secara khusus untuk memotong dahan bonsai.

Karena masing-masing alat mempunyai fungsi yang berbeda semisal membengkokkan dahan, memotong daun, membentuk pohon dll.

Keahlian dan keterampilan sangat dibutuhkan untuk membentuk bonsai menjadi tanaman bernilai seni tinggi dan memikat. Pemangkasan disesuaikan dengan kondisi bonsai dan kebutuhan.

Jika pertumbuhannya cepat anda bisa memotongnya setiap satu bulan, tetapi jika pertumbuhannya lambat maka pemotongan cukup 2-3 bulan sekali.5 Cara Mudah Merawat Tanaman Bonsai Dengan Baik

  1. Penyiangan bonsai dari penyakit dan hama

Dalam merawat tanaman bonsai perlu melakukan penyiangan sesegera mungkin jika terdapat hama atau gulma yang mengganggu pertumbuhan bonsai. Karena jika tidak maka penyakit dan hama bisa merusak dan menyebar keseluruh bonsai.

Anda bisa menyemprotkan insektisida jika hama seperti: wereng cokelat dan ulat.

Dengan perawatan tanaman bonsai yang tepat anda akan memperoleh tanaman yang sehat, anda juga bisa memperoleh bonsai dengan bentuknya sesuai dengan yang anda inginkan.

 

Advertisement
5 Cara Mudah Merawat Tanaman Bonsai Dengan Baik | admin | 4.5