Agar Tanaman Kaktus Berumur Panjang

Agar Tanaman Kaktus Berumur Panjang – Setiap tanaman memiliki kebutuhan yang harus diperhatikan agar dapat tumbuh dengan baik dan berumus panjang, tak tekecuali tanaman kaktus. Beberapa cara berikut mungkin dapat membantu anda agar kaktus berumur panjang.

Advertisement

Kebutuhan sinar matahari

Cara pertama yang bisa anda akukan agar kaktus berumur panjang. Pastikan kaktus mendapatkan intensitas matahari yang cukup. Meski kaktus dikenal sebagai tanaman yang menyukai lingkungan panas, ternyata kaktus juga memerlukan tempat yang teduh.

Kaktus memerlukan intensitas cahaya 70% atau sekitar 6-8 jam per harinya. Ini berarti kaktus tak boleh diletakkan ditempat yang terik sepanjang hari.Agar Tanaman Kaktus Berumur Panjang

Cara tepat untuk menjaga kebutuhan sinar matahari kaktus terpenuhi adalah menanamnya di rumah kaca atau di dekat jendela kaca rumah.

Dengan demikian kaktus akan tetap mendapat asupan sinar matahari sekaligus mencegah melimpahnya air dalam pot.

Pilih media tanam yang tepat

Kaktus menyukai tempat yang kering dan tak terlalu mengikat air. Karenanya, agar kaktus berumur panjang buatlah media tanam dari campuran tanah, sekam dan juga pasir.

Untuk mencegah kebusukan kaktus, gantilah media tanam secara rutin ketika tanahnya mulai memadat. Pastikan pula pot tanam atau polybag telah memiliki lubang drainase yang cukup.

Dosis pupuk

Seperti halnya tanaman lain, kaktus juga memerlukan unsur hara untuk tumbuh. Namun, anda perlu perhatikan dosis yang diberikan, terlalu banyak pupuk akan mengganggu pertumbuhan namun terlalu sedikit juga akan menghambat pertumbuhan kaktus. Lebih amannya berikan pupuk kandang seminggu sekali, cukup berikan sedikit diatas media tanam.

Advertisement

Jadwal menyiram

Meski kaktus terolong dalam tanaman yang tak suka basah, bukan berarti kaktus tak memerlukan air. Kekurangan air pada tanaman kaktus akan menyebabkan batang kaktus mengerut dan menjadi kerdil, namun kelebihan air juga akan menyebabkan akar kaktus membusuk dan menyebabkan kematian tanaman kaktus.

Karenanya, agar kaktus berumur panjang dan dapat tumbuh dengan baik lakukan penjadwalan penyiraman. Lakukan penyiraman setidaknya seminggu sekali, penyiraman dianggap cukup ketika ada air yang keluar dari lubang drainase.

Lingkungan tetap bersih

Kebersihan lingkungan kaktus adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan agar kaktus berumus panjang.

Bersihkan gulma disekitar kaktus, karena selain menyerap nutrisi yang dibutuhkan kaktus keberadaan gulma juga dapat menjadi vektor penyakit.

Penyemprotan insektisida secara rutin

Cara terakhir yang bisa dilakukan agar kaktus berumur panjang adalah memberi indektisida. Kehadiran hama juga menjadi salah satu faktor yang memperpendek usia kaktus.

Cegah kedatangan hama ini menggunkan zat insektisida ynag banyak dijual di toko tanaman. Lakukan penyemprotan pada pagi atau sore hari agar obat dapat diserap dengan sempurna.

Jika terdapat tanda tanda kaktus telah terserang hama seperti bintih hitam atau putih pada kaktus, perpendek skala penyemprotan namun tetap perhatikan dosis yang tertera pada kemasan.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar kaktus berumur panjang. Semoga informasi terkait cara yang bisa dilakukan agar kaktus berumur panjang ini bisa bermanfaat bagi anda yang memiliki tanaman kaktus ya.

 

Advertisement
Agar Tanaman Kaktus Berumur Panjang | admin | 4.5