Apa Itu Ph Tanah ? Dan Bagaimana Cara Mengaturnya

Apa Itu Ph Tanah ? Dan Bagaimana Cara Mengaturnya – pH merupakan kepanjangan dari potential hydrogen yang di artikan sebagai derajat keasaman ataupun basa dari suatu senyawa. Terdapat ukuran-ukuran tersendiri untuk tingkat keasaman atau kebasaan senyawa tersebut.

Advertisement

Rentang pH berkisar dari 0 hingga 14. Agar pH menjadi netral maka harus berada pada rentang skala 7, sedangkan untuk pH yang mendekati 0 di artikan memiliki tingkat sangat asam dan untuk pH yang hampir menyentuh rentang skala 14 artinya sangat basa.

pH tanah memiliki andil yang cukup besar dalam proses membudidayakan tanaman. Derajat keasaman tanah yang sesuai akan menjadikan tumbuhan hidup dengan subur.Apa Itu Ph Tanah ? Dan Bagaimana Cara Mengaturnya

Mengatur pH pada hidroponik cenderung lebih mudah daripada media tanah, hal ini dikarenakan media tanah lebih rumit dan terlalu banyak paduan.

Apa Itu Ph Tanah ? Dan Bagaimana Cara Mengaturnya

Mengatur pH pada tanah diperlukan agar tanaman dapat berkembang sesuai dengan derajat keasaman yang diinginkan si tanaman, karena masing-masing tanaman memiliki selera derajat keasaman yang berbeda.

Apabila derajat keasama tidak disesuaikan, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman itu sendiri. Biasanya tanaman dapat hidup pada ukuran ph sekitar 5,0 serta 7,5. Salah satu bagian dari mengatur pH adalah dengan melakukan terlebih dulu pengukuran pada pH sistem hidroponik.

Advertisement

Dengan melakukan pengukuran pada tingkat pH sistem hidroponik maka anda akan dapat dengan mudah mengatur pH. Untuk cara mengukurnya dapat menggunakan alat yang bernama strip pH. Ini merupakan alternatif pengukuran pH yang mudah dan sederhana.

Caranya dengan membasahi strip pH menggunakan air pada sistem hidroponik guna terdeteksi derajat keasamannya. Setelah di basahi maka strip pH akan menunjukkan kepada anda rentang keasaman dari media tersebut, akan di tunjukkan rentang mulai 0-14.

Cara mudah Mengatur Ph Tanah 

Apabila setelah dilakukan pengukuran ternyata pHnya berlebihan dari yang seharusnya, maka anda dapat mengatur pH dengan cara menurunkan tingkat keasamannya. Caranya sebagai berikut:

  1. Menambahkan beberapa bahan organik. Bahan-bahan organik akan membuat derajat keasaman media tanah menurun, bahan organik tersebut dapat berasal dari kompos, kotoran hewan, hingga jerami pinus.
  2. Anda juga dapat menambahkan alumunium sulfat dan sulfur yang dapat anda peroleh dari toko tanaman.

Memang pada metode penanaman hidroponik tidak memerlukan tanah sebagai media tanam, tetapi tanah di perlukan guna media semai. Dan pada media semai tersebut anda harus tetap mengatur pH agar benih yang anda semai bisa tumbuh menjadi bibit yang terbaik.

Mengatur pH memang memerlukan ketelatenan dan harus secara sabar, mengingat pentingnya pH bagi perkembangan tumbuhan yang anda budidayakan.

Mengatur pH juga wajib anda lakukan agar tanaman yang memiliki takaran pH berbeda dapat tetap tumbuh dengan baik dan tidak mengalami gangguan yag disebabkan ketidaksesuaian tingkat pH. Jika anda ingin memperoleh tanaman yang bagus dan indah, salah satu caranya adalah dengan mengatur pH.

Demikian Tulisan Apa Itu PhTanah ? Dan Bagaimana Cara Mengaturnya Semoga berguna dan bermanfaat..

 

Advertisement
Apa Itu Ph Tanah ? Dan Bagaimana Cara Mengaturnya | admin | 4.5