Beberapa Kandungan Vitamin Pada Pepaya

Beberapa Kandungan Vitamin Pada Pepaya – Bagi orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan buah pepaya, buah berekstur lembut dan manis ini merupakan buah yang sering kita jumpai di pekarangan rumah.

Advertisement

Karena mudah tumbuh, buah ini sering di sepelekan oleh kebanyakan orang. Tapi taukah anda buah pepaya merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat terhindar dari berbagai masalah pencernaan.

Pepaya merupakan salah satu buah-buahan khas dari daerah tropis, buah ini berasal dari Amerika Tengah. Dan menyebar ke daerah-daerah tropis lainya, yang salah satunya saat ini dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia.

Tanaman bernama latin Carica pepaya tersebut merupakan salah satu dari keluarga Caricaceae. Buah ini memiliki berbagai varietas santara lain seperti pepaya Bangkok, pepaya Hawaii.Beberapa Kandungan Vitamin Pada Pepaya

Beberapa Kandungan Vitamin Pada Pepaya

Di Indonesia buah pepaya cukup mudah di temukan dan harganyapun relatif murah. Walaupun dianggap tidak terlalu spesial, tapi buah ini memiliki kandungan vitamin yang tidak bisa disepelekan.

Ada beberapa kandungan vitamin dan gizi yang tentunya memiliki manfaat untuk tubuh, antara lain seperti vitamin A, C, dan E. Selain itu pada buah pepaya tersebut juga memiliki berapa kandungan antioksidan seperti karoten, flavonoid, folat dan asam pantotenat.

Advertisement

Buah pepaya juga memiliki kadar potassium serta enzim papain, enzim tersebut merupakan kandungan dari pepaya yang memiliki fungsi vital yakni, berfungsi untuk mengurangi dan mencegah terjadinya pembentukan gas di perut.Baca Juga Ciri Pohon Pepaya Memiliki Buah Lebat Manis

Agar tidak akan mudah kembung, selain  itu enzim ini juga dapat membuat system pencernaan anda lancar. Serta dapat membersihkan usus dari berbagai zat beracun serta kotoran yang tidak di inginkan.

Enzim ini bisa di bilang merupakan getah dari pepaya yang sering di buang, ketika ingin mengkonsumsi buah tersebut. Pepaya juga memiliki kandungan serat yang tinggi, yang jika enzim papain dan serat pada pepaya ini dipadukan, akan membuat pencernaan sehat dan juga dapat mencegah wasir. Sedangkan kandungan vitamin pada buah ini juga tidak kalah manfaatnya seperti vitamin A yang memiliki fungsi menjaga kesehatan mata.

Sumber antioksidan, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penuaan dini. Sementara kandungan vitamin C memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, antioksidan, menjaga kesehatan gusi dan gigi, serta membentuk sel darah merah. Dan vitamin E dapat menjaga kesehatan kulit serta dapat mengontrol kadar asam lemak dalam tubuh.

Pepaya juga memiliki kandungan senyawa phenotic serta flavonoid yang terdapat pada bijinya. Senyawa ini mampu menjaga kesehatan ginjal dan biasanya ekstrak biji pepaya tersebut sering di gunakan sebagai obat herbal untuk penyakit ginjal.

Itulah beberapa kandungan vitamin pada pepaya, walaupun sering dipandang sebelah mata buah ini rupanya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.demikian baca juga 3 Manfaat Pepaya Bagi Ibu Hamil 

Advertisement
Beberapa Kandungan Vitamin Pada Pepaya | admin | 4.5