Cara Budidaya Bunga Mawar Potong

Budidaya Mawar Potong Unik – Bisnis budidaya bunga saat ini memang sedang menjadi trend. Apalagi jenis bunga mawar. Bunga cantik yang satu ini memang tidak lekang oleh waktu dan juga tidak mengenal musim. Kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan besar.

Advertisement

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis bunga mawar potong. Pertama adalah iklim, mawar merupakan tanaman yang bisa hidup di iklim dingin dan juga iklim tropis seperti Negara kita.

Kedua, media tanam bisa menggunakan pot, polybag atauapun di kebun secara langsung. Ketiga adalah ketinggian tempat sekitar 560 – 800 mdpl, 1100 mdpl, 1400 mdpl dan harus dipertimbangkan suhu udara minimum.Cara Budidaya Bunga Mawar Potong

Untuk bisnis budidaya bunga mawar potong ini langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

Pembibitan

Untuk pembibitan anda bisa menggunakan cara setek batang. Cara ini aman digunakan karena sifat tanaman baru nanti akan sama dengan tanaman induk.

Anda bisa memilih bagian yang di setek adalah bagian bawah karena bagian ini cukup kuat dan juga tahan terhadap hama.

Penyiapan lahan

Persiapan lahan untuk hasil yang lebih maksimal maka anda bisa menggunakan lahan tanah kebun dari pada pot maupun polybag. Gemburkan tanah dan bersihkan dari berbagai jenis rumput karena akan mengganggu pertumbuhan dari bunga mawar.

Advertisement

Setelah selesai maka semprotlah kebun itu dengan obat hama. Tujuannya adalah pada saat penanaman nanti kondisi tanah benar-benar steril. Diamkan selama dua hari.

Kemudian buatlah galuran  kira-kira  20 cm, kemudian taburi dengan pupuk kandang. Setelah itu tutup. Biarkan selama satu malam kemudian pada keesokan harinya lahan siap ditanami.

Penanaman

Lahan yang sudah siap bisa langsung ditanami oleh bunga mawar. Sebelum mulai menanam maka sebaiknya anda menyirami lahan anda secara merata namun tidak boleh terlalu basah.

Hal ini dimaksudkan agar kelembapan tanah tetap terjaga. Cara penanamannya adalah dengan membentuk lubang kecil sesuai dengan ukuran bibit setek sedalam kira-kira 15 cm.

Kemudian tutup kembali. Waktu yang tepat untuk menanam adalah kala pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari ketika panas matahari tidak terlalu menyengat. Setelah usia dua minggu anda bisa memberikan pupuk kimia.

Perawatan

Lakukan pemotongan secara rutin agar tunas-tunas baru bisa tumbuh sehingga menghasilkan bunga yang bagus pula. Dalam pohon maksimal hanya ada lima tunas sehingga pertumbuhannya bagus.

Panen

Bunga mawar bisa dipanen dalam kurun waktu 4-5 bulan.  Jika anda akan memasarkannya ke tempat yang jauh maka ketika setengah mekar anda sudah bisa memotongnya. Tapi jika jaraknya dekat maka anda bisa memanennya ketika sudah mekar sempurna. Hal ini agar bunga tetap segar.

Pemasaran

Era modern seperti sekarang ini maka proses pemasaran yang paling efektif adalah menggunakan media sosial. Maka produk anda akan tersebar secara cepat dan luas. Selamat berbisnis.

Bisnis mawar potong ini telah dilakukan para pengusaha bunga diberbagai daerah, khususnya di daerah beriklim sejuk.

Advertisement
Cara Budidaya Bunga Mawar Potong | admin | 4.5