Budidaya Cabai Rawit 5 Kali Tanam Dalam Setahun

Budidaya Cabai Rawit 5 Kali Tanam Dalam Setahun – Anda para ibu rumah tangga yang sudah mulai menanam cabai merah rawit, tentunya menginginkan tanaman anda tumbuh subur dan terus berkembang bukan?.

Advertisement

Caranya sangat mudah dalam budidaya cabai rawit sebanyak 5 kali tanam dalam 1 tahun. Ketika pembudidayaan yang anda lakukan itu berhasil maka perasaan bangga dan senang dalam bercocok tanam adalah suatu kebanggaan anda.

Untuk lebih jelasnya, inilah budidaya cabai rawit 5 kali tanam dalam setahun:Budidaya Cabai Rawit 5 Kali Tanam Dalam Setahun

Pembudidayaan

Dalam membudidayakan tanaman cabai tentunya dengan cara yang mudah dan dan tepat. Supaya satu batang pohon cabai itu tumbuh subur dan banyak salah satunya adalah dengan memetik pucuk tunas dalam 3 minggu sekali sebelum masa panen. Itulah budidaya cabe rawit yang akan berkembang banyak.

Perawatan

Selanjutnya adalah perawatannya, bagaimana perawatan cabai dalam budidaya cabai rawit. Inilah caranya jika dalam daun ada hama yang menyerang maka segeralah anda mengobatinya.

Misalkan hama cabuk atau walang yang yang biasanya selalu menyerang daun cabai tersebut. Dalam perawatan ini diperlukan ketelatenan dan ketelitian.

Masa panen

Dalam masa panen budidaya cabai rawit adalah 2-3 bulan sekali. Dalam masa panen tersebut jika memang sudah waktunya memetik segeralah dipetik, agar tidak busuk. Lebih baik memetiknya pada waktu sore hari agar pada waktu pagi hari bunga cabai yang akan tumbuh tidak rontok.

Pemupukan

Advertisement

Selama dalam masa pemanenan lebih baik anda tetap memberikan pupuk yang baik dan bagus terhadap cabai anda.  Budidaya cabai rawit ini bisa mencapai 5 kali dalam setahun tergantung kondisi dan cuaca. Jika cuaca baik maka hasil tanaman cabai akan memberikan hasil yang baik.

Sedangkan yang harus anda ketahui dalam budidaya cabai rawit juga bagaimana ciri-ciri tanaman cabai yang baik untuk dibudidayakan adalah

Batang

Terlihat batangnya tidak terjangkit penyakit. Batangnya terlihat segar dan kokoh. Terkadang biasanya dalam pembudidayaan ini setelah masa panen pertama dilakukan penyortiran batang tanaman cabai yang masih bagus untuk pembudidayaannya.

Daun

Yang paling utama dalam budidaya cabai rawit adalah terlihat dari daun cabai itu sendiri. Ciri-cirinya adalah jika daun cabai ini berdaun lebar dan bagus itu berarti pada ranting-rantingnya nanti menghasilkan buah cabai yang bagus.

Namun ketika pada salah satu ranting terdapat daun yang menggulung atau keriting berkerut berarti tanaman cabai tersebut tidak subur dan perlu perawatan.

Bunga

Untuk ciri-ciri cabai yang bagus adalah apabila bunga cabai ini ketika masa panen kedua dan ketika tidak mengalami kerontokan. Sehingga akan mengalami penurunan hasil produksi cabai.

Cabai

Sedangkan untuk cabainya itu sendiri akan menghasilkan banyak buahnya. Biasanya dapat dilihat pada masa panen pertama. Jika hasil panen cabai pertama banyak maka untuk masa panen cabai yang kedua dan seterusnya akan mengalami peningkatan yang besar.

Namun ketika masa panen yang pertama itu sedikit dan masa panen yang kedua itu menurun berarti tanaman cabai tersebut tidak subur.

Budidaya cabai rawit 5 kali tanam dalam setahun ini memang memerlukan ketelatenan dan kegigihan dalam mengelolanya. Banyak faktor yang akan mempengaruhinya diantaranya cuaca, hama, dan faktor alam. Maka langkah yang tepat adalah selalu mengontrol kondisi lahan cabai.

Advertisement
Budidaya Cabai Rawit 5 Kali Tanam Dalam Setahun | admin | 4.5