Cara Budidaya Buah Kelengkeng Pingpong Pemula

Cara Budidaya Buah Kelengkeng Pingpong Pemula – Cara budidaya buah kelengkeng pingpong – Salah satu buah yang menjadi banyak favorit banyak orang adalah kelengkeng. Rasanya yang manis dan lezat memang tidak bisa diragukan lagi.

Advertisement

Banyaknya orang yang menyukai buah ini membuat penanaman kelengkeng semakin berkembang. Tidak hanya ditanam satu atau dua pohon saja melainkan sudah dibudidayakan dengan puluhan bahkan ratusan pohon oleh para petani.

Penanaman pohon kelengkeng ini sudah merambah hingga kedesa-desa. Banyak yang beralih untuk menjadi petani kelengkeng ketimbang petani padi karena potensi yang dimiliki kelengkeng lebih besar dan menjanjikan. Ada banyak sekali jenis kelengkeng yang dibudidayakan oleh petani, salah satunya adalah kelengkeng jenis pingpongCara Budidaya Buah Kelengkeng Pingpong Pemula

Cara Budidaya Buah Kelengkeng Pingpong Pemula

Bagi anda yang masih pemula dan hendak menanam kelengkeng maka sebaiknya anda menggunakan kelengkeng jenis pingpong. Selain cara budidaya buah kelengkeng pingpong yang mudah, jenis ini memiliki keunggulan tersendiri.

Pertama jenis ini cocok ditanam untuk daerah dataran rendah, buahnya berukuran besar hingga sebesar buah pimpong, buahnya tidak mengenal musim menyesuaikan dengan pertumbuhan rantingnya, bisa ditanam pada lahan yang sempit dan buahnya memiliki rasa manis dan tidak terlalu banyak mengandung air.

Berikut adalah cara budidaya buah kelengkeng pingpong bagi pemula yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan hasil tanam yang memuaskan.

Advertisement

Memilih bibit yang berkualitas

Ciri bibit yang berkualitas adalah pohonnya yang kokoh, memiliki banyak daun yang segar berwarna hijau cerah. Selain itu akarnya  banyak dan bisanya sudah tumbuh bunga. Jika bibit yang anda pilih berkualitas biasanya akan menghasilkan buah yang lebat dengan perawatan yang tepat.

Memilih lokasi penanaman yang tepat

Cara budidaya buah kelengkeng pingpong  selanjutnya adalah memilih lokasi yang tepat dalam penanaman. Pilih lokasi yang memiliki ukuran cukup lebar supaya bisa digunakan untuk menanam beberapa pohon kelengkeng.

Jarak per pohon bisa dibuat 4-8 meter untuk memaksimalkan perkembangan pohon. Pastikan tempat tersebut tidak terhalang pohon besar yang akan menghalangi sinar matahari pada pohon kelengkeng.

Menyiapkan media tanam

Dalam menerapkan cara budidaya buah kelengkeng pingpong anda juga harus menyiapkan media tanam yang tepat. Buatlah lubang pada tanah gembur sekitar 50 cm untuk panjang, lebar dan tingginya.

Masukkan media tanam seperti pupuk, dan tanah dengan perbandingan 1:2 . Setelah dicampurkan keduanya dimasukkan ke dalam lubang dan disiram dengan air hingga larut. Setelah itu masukkan bibit ke dalam lubang dan tutup dengan tanah.

Melakukan perawatan

Cara budidaya buah kelengkeng pingpong yang tepat juga sangat ditentukan oleh cara perawatannya. Perawatan tanaman kelengkeng bisa dengan pemupukan secara rutin setiap dua minggu sekali. Selain itu penyiraman bisa dilakukan dua kali dalam sehari yaitu saat pagi dan sore hari.

Perawatan lainnya adalah pemangkasan yang dilakukan pada ujung-ujung cabang yang lebat guna merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

Itulah beberapa cara budidaya buah kelengkeng pingpong yang bisa anda lakukan untuk membuat tanaman kelengkeng anda menjadi subur dan berbuah lebat yang nantinya akan menguntungkan anda, terlebih jika anda memiliki pohon lebih dari satu.demikian Cara Budidaya Buah Kelengkeng Pingpong Pemula semoga bisa membantu..salam..

Advertisement
Cara Budidaya Buah Kelengkeng Pingpong Pemula | admin | 4.5