Cara Budidaya Buah kelengkeng Pot

Cara Budidaya Buah kelengkeng Pot – Banyak yang memilih untuk memlihara tanaman kelengkeng sendiri di rumah. Jenis kelengkeng yang umumnya digunakan adalah kelengkeng pot yang pohonnya tidak terlalu besar namun buahnya cukup lebat.

Advertisement

Banyak sekali yang sudah mulai membudidayakan kelengkeng jenis pot ini mengingat banyak sekali permintaan di pasaran.

Jika anda hendak membudidayakan kelengkeng pot maka dan harus menyimak ulasan dibawah ini. Berikut adalah cara budidaya kelengkeng pot yang bisa anda lakukan dengan mudah dan sederhana:Cara Budidaya Buah kelengkeng Pot

Cara Budidaya Buah kelengkeng Pot

Cara budidaya kelengkeng pot yang pertama adalah dengan melakukan pencangkokan. Pencangkokan bisa dilakukan pada pohon yang sudah tua. Pilih batang yang cukup besar dengan diameter sekitar 5cm, lalu lakukan penyangkokan.

Setelah sudah mulai tumbuh akar maka anda bisa memotongnya dan memindahkannya ke pot yang sudah anda siapkan. Buatlah cangkokan yang banyak sehingga anda  bisa menghasilkan banyak bibit kelengkeng yang cepat berbuah dengan pohon yang tidak terlalu besar sehingga cocok untuk ditanam di pot.baca juga Cara Semai Biji Kelengkeng Dari Biji

Mengolah media tanam

Cara budidaya kelengkeng pot yang kedua adalah dengan mengolah media tanam. Setelah anda berhasil melakukan pencangkokan maka tahap selanjutnya adalah membuat media tanam yang benar.

Dalam pembuatan media tanam , anda bisa menggunakan pupuk kandang untuk meningkatkan zat hara pada tanah pot sehingga tumbuhan cepat tumbuh dan berkembang.

Padukan pupuk kandang dengan tanah liat, pasir dan sekam. Gunakan pot yang berukuran cukup besar dan tinggi agar akarnya bisa merambat dengan bebas di tanah.

Perawatan

Advertisement

Cara budidaya kelengkeng pot ketiga adalah melakukan perawatan. Pohon kelengkeng yang berada didalam pot harus mendapat perawatan yang baik seperti pemupukan, penyiraman, pencahayaan dan pemangkasan pohon saat pohon sudah mulai lebat.jangan lupa baca juga Jenis Pupuk Lengkeng Supaya Berbuah Lebat

Selain cara perawatan tersebut, media pot juga harus diganti setiap setahun sekali agar pohon kelengkeng tersebut bisa terus produktif. Penggantian media tanam bisa anda lakukan dengan mengganti semua bagian dalam pot dengan yang baru seperti awal pertama kali ditanam.

Untuk penyiraman pohon, anda bisa melakukannya setiap pagi dan sore hari. Gunakan air secukupnya saja untuk menyiraminya dan jangan sampai menggenang di pot. Pastikan media tanam yang anda gunakan tidak memadat sehingga akar bisa berkembang dengan baik dan mudah meresap air.

Penggemburan media tanam bisa dilakukan dengan menggunakan skop kecil. Selain penyiraman, untuk pemangkasan cabang harus dilakukan pada masa pertumbuhan pohon. Anda bisa memangkas setiap ujung cabang untuk merangsang tumbuh bunga dan berbuah.baca juga Perbedaan Kelengkeng Itoh dan Pimpong

Pembebasan hama dan penyakitCara Budidaya Buah kelengkeng PotCara budidaya kelengkeng pot yang keempat adalah memastikan tanaman terbebas dari hama dan penyakit. Seringkali pohon kelengkeng diserang hama yang menyebabkan daunnya kering, layu dan mati.

Untuk mengatasinya maka anda bisa melakukan penyemprotan dengan obat anti hama. Jika sudah berbuah, maka anda harus membungkus buah-buah tersebut menggunakan jaring-jaring sehingga tidak ada hama yang bisa menghinggapinya.

Itulah beberapa  cara budidaya kelengkeng pot yang bisa anda lakukan. Dengan pencangkokan yang benar anda akan medapatkan benih-benih kelengkeng  pot yang  berkualitas yang bisa menghasilkan banyak buah.baca juga Manfaat dan Pantangan Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Advertisement
Cara Budidaya Buah kelengkeng Pot | admin | 4.5