Cara Budidaya Bunga Matahari Kusus Pemula

Cara Budidaya Bunga Matahari – Bunga matahari merupakan salah satu jenis tumbuhan musiman, yang mana hanya tumbuh pada satu musim tertentu.

Advertisement

Dengan warna kuning yang cerah, bunga ini berhasil merebut perhatian dari setiap orang yang melihatnya Sehingga tak jarang, banyak orang yang melakukan budidaya bunga matahari.

Bunga dan daun matahari memiliki sifat heliotropis, yang mana ia selalu mengikuti kemana arah cahaya matahari.

Bunga matahari mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi, nilai ekonomis itu datang dari bagian biji bunga matahari yang dapat difungsikan sebagai minyak yang berkualitas, minyak tersebut dapat digunakan untuk menambah cita rasa masakan seperti salad, margarin serta beberapa menu masakan lainnya.Cara Budidaya Bunga Matahari Kusus Pemula

Serta biji bunga matahari juga dapat di proses untuk di jadikan cemilan bergizi yang biasa dikenal dengan nama kuaci. Kuaci ini sangat kaya akan vitamin E.

Budidaya bunga matahari tidak dapat di lakukan di area yang memiliki produksi air yang melimpah, karena dapat menyebabkan akar menjadi busuk. Sebenarnya proses budidaya bunga matahari tergolong cukup mudah, berikut caranya:

  • Jika anda mempergunakan tanaman ini sebagai tanaman hias, maka tempatkanlah atau tanamlah pada taman-taman atau halaman rumah yang memiliki intensitas cahaya matahari yang cukup.

    Advertisement
  • Bunga matahari akan tumbuh subur pada area pegunungan, yang mempunyai udara yang lembab serta pencahayaan yang cukup. Tumbuhan ini dapat hidup dan berkembang di dataran rendah yang memiliki tingkat ketinggian 1500 meter DPL.

  • Budidaya bunga matahari dapat anda mulai dari membibit bijinya. Biji tersebut bisa anda peroleh dari induk bunga matahari pertama yang telah tua.

  • Anda dapat melakukan prosesi penyemaian. Ambilah biji benih dan taburkan pada media tanam yang terdapat tanah basahnya, maka biji tersebut akan mudah membentuk seperti kecambah, dan berukuran agak besar.

  • Apabila dalam budidaya bunga matahari tersebut anda hanya menaburkan sedikit benih maka untuk media menyemai dapat dilakukan dalam pot.

  • Namun, jika dalam takaran yang besar lakukan proses penyemaian pada bedengan. Tunggulah sampai 10 hari dari waktu tabur, atau jika tinggi bibit sudah mencapai 15-20 cm, baru dapat anda mutasikan ke area tanam. Untuk satu lubang, hanya dapat di tempati oleh satu bibit saja. Jaraknya minimal 1 meter2.

  • Pilihlah tanah yang gembur untuk budidaya bunga matahari tersebut. Pada awal masa tanam, anda dapat memupuk tanaman dengan takaran 3 kg pupuk kandang pada tiap bibitnya. Lakukan pengulangan pada saat bibit telah memasuki umur 1 bulan.

  • Tambahkan 25 gr pupuk ZA pada tiap batang. Jika umur 1,5 bulan, berikan tambahan 15 gr TSP tiap batang. Lakukan proses pemberian air sekali per hari.

Nah, itulah informasi seputar budidaya bunga matahari yang mungkin bisa anda coba lakukan di rumah, semoga bermanfaat.

Advertisement
Cara Budidaya Bunga Matahari Kusus Pemula | admin | 4.5