Cara Budidaya Cabai Merah Omset Puluhan Juta

Cara Budidaya Cabai Merah Omset Puluhan Juta – Sekarang ini banyak petani yang memilih untuk bertani cabai, karena harga cabai bisa sangat mahal disatu musim. Ada banyak jenis cabai yang biasa dipilih untuk dibudidayakan, salah satunya adalah cabai merah.

Advertisement

Selain itu budidaya cabai merah juga tidak terlalu sulit, sehingga para petani bisa dengan mudah mengembangkan usaha bertani cabe tersebut.

Bagi anda yang menginginkan untuk mencoba peruntungan bertani cabe karena omset yang menjanjikan, berikut ini adalah panduan mengenai cara budidaya cabai merah yang bisa bisa anda jadikan bahan referensi untuk bertani dan mendapat omset puluhan juta.Cara Budidaya Cabai Merah Omset Puluhan Juta

Cara Budidaya Cabai Merah Omset Puluhan Juta

Pemilihan benih menjadi salah satu unsur penting dalam membudidayakan cabai merah. Jika benih yang digunakan berkualitas, maka hasilnya pun akan baik dan maksimal. Pastikan anda menggunakan benih berkualitas unggul yang bisa didapatkan di berbagai toko penjualan benih.

Cara budidaya cabai merah yang kedua adalah penyemaian bibit

Setelah anda mendapatkan benih terbaik, maka segera tanam dan lakukan penyemaian. Untuk penyemaian, gunakan polybag supaya bibit bisa tumbuh dengan baik dan tidak saling  bertumpukan dengan bibit lainnya.Baca juga Ciri Bibit Cabai Berkualitas Unggul

Advertisement

Untuk media tanamnya, gunakan pupuk kandang, sekam dan kompos dengan perbandingan 1:1:2. Bisa juga menggunakan kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1. Dalam masa penyemaian, siram bibit sedikit-sedikit saja dan jangan terlalu terkena sinar matahari.

Cara budidaya cabai merah yang ketiga adalah pengolahan tanah

Setelah melakukan penyemaian, siapkan tanah yang akan dijadikan untuk menanam cabai merah. Untuk menyiapkan tempat penanam, pastikan anda memberikan jarak yang cukup antara satu cabai dengan cabai lain. Perhatikan juga masalah kedalamannya agar cabai bisa tumbuh subur.

Cara budidaya cabai merah yang keempat adalah penanaman bibit cabai merah

Penanaman bibit bisa dilakukan setelah usia cabai berusia 3 minggu atau sekiranya bibit sudah memiliki 4-5 daun. Cara penanamannya adalah merobek polibag kemudian menanamnya langsung ke tanah sehingga akar cabai tidak lepas dari batang.simak juga Cara Menyemai Bibit Cabai Berbagai Varietas

Cara budidaya yang kelima adalah pemeliharaan dan perawatan

Dalam masa perawatan dan pemeliharaan, pastikan anda menyirami tanaman secara rutin. Selain itu lakukan pemupukan atau pemberian semprot anti hama. Berikan juga sebuah ajir atau tongkat bamboo untuk menopang tanaman cabai agar bisa berdiri tegak.

Lakukan juga pemotongan tunas setiap 3 minggu sekali atau sebulan sekali untuk merangsang pertumbuhan bunga.

Cara budidaya cabai merah yang keenam adalah pemanenan cabai

Cabai bisa dipanen setelah berumur 75-85 hari. Cabai bisa dipanen setiap 2-5 hari sehari sesuai dengan kematangan cabai. Dalam satu hektar biasanya menghasilkan 10-14 ton.

Itulah beberapa cara budidaya cabai merah yang bisa anda jadikan panduan dalam penananam cabai merah. Dengan bertani cabai merah ini, anda bisa mendapatkan omset hingga puluhan juta dalam setiap bulannya yang pastinya akan meningkatkan perekonomian anda.demikian baca juga Ciri Fisik dan Budidaya Cabai Rawit Hibrida

 

Advertisement
Cara Budidaya Cabai Merah Omset Puluhan Juta | admin | 4.5