Cara Budidaya Sawi Hijau Secara Hidroponik

Cara Budidaya Sawi Hijau Secara Hidroponik – Sekarang banyak orang yang memiliki hobi menanam, berbagai cara baru banyak di temukan. Salah satunya adalah hidroponik. Hidroponik memang bukan cara yang baru, dari dulu sudah ada istilah hidroponik dalam dunia tanam menanam.

Advertisement

Akan tetapi, masih banyak juga orang yang belum paham apa itu menanam menggunakan hidroponik. Bagi anda yang suka budidaya tanaman pastinya harus tahu cara yang satu ini.

Banyak sekali tanaman yang bisa anda pilih dan budidayakan dengan hidroponik. Tanaman sayuran seperti bayam, kangkung, dan sawi bisa menjadi pilihan yang tepat.Cara Budidaya Sawi Hijau Secara Hidrponik

Sawi menjadi pilihan banyak orang untuk membudidayakan sayuran. Sawi memang memiliki peminat yang banyak dan sayuran yang satu ini juga bisa di gunakan untuk menambah warna pada masakan. Budidaya sawi hijau secara hidroponik dapat menjadi pilihan yang tepat.

Cara Budidaya Sawi Hijau Secara Hidrponik

Banyak sekali kelebihan jika anda memilih budidaya sawi hijau secara hidroponik. Selain pertumbuhannya cepat, tidak memakan tempat yang banyak, tahan terhadap hama dan penyakit  juga harga jual sayuran sawi dengan cara hidroponik lebih mahal. Kali ini akan di bahas tentang cara budidaya sawi hijau secara hidroponik. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Manfaat Hidroponik Sederhana Di Rumah

Pemilihan Benih

Budidaya sawi hijau secara hidroponik yang pertama adalah dengan memilih benih yang bagus.  Ketika memilih benih anda harus memperhatikan kalau benih itu harus terhindar dari hama dan penyakit, memiliki daya tumbuh yang baik, dan induk benih harus berkualitas.

Pembibitan Benih

Advertisement

Pada budidaya sawi hijau hidroponik, benih tidak bisa langsung ditanam. Langkah kedua budidaya sawi hijau secara hidoponik adalah dengan melakukan pembibitan benih terlebih dahulu.

Media Tanam

Dalam hal ini media juga sangat penting. Anda tentunya sudah tahu kalau hidroponik itu kegiatan bercocok tanam tanpa media tanah.

Baca Juga: Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sederhana

Dalam budidaya sawi hijau secara hidroponik anda bisa menggunakan media sistem kultur air, sistem kultur agregat dan NFT ( Nutrient Film Technique).

Penanaman Tanaman

Anda bisa budidaya sawi hijau secara hidroponik dengan menggunakan cara sederhana ini. Siapkan benih yang terdapat akarnya dan masukkan ke dalam botol plastik yang sudah berisi abu sekam .

Kemudian masukan secara perlahan botol plastik ke dalam paralon yang sudah di isi dengan larutan. Pilih lokasi untuk budidaya sawi hijau secara hidroponik dengan posisi yang tepat.

Pemeliharaan Tanaman

Caranya sangat mudah untuk tanaman hidroponik. Berikan selalu larutan nutrisi pada tanaman dan jangan sampai kekurangan atau kehabisan.

Karena dalam tanaman hidroponik fungsi larutan nutrisi ini sangat penting sekali untuk pertumbuhan tanaman tersebut. Lakukan juga sanitasi untuk pengendalian hama dan penyakit dan penyemprotan dengan fungisida dan insektisida.

Jika anda sudah tahu caranya, mulai sekarang anda bisa budidaya sawi hijau secara hidroponik. Hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan maka tanaman sawi hijau anda bisa di panen.

Baca juga: Bertanam Hidroponik System Wick

Dalam tanaman hidroponik yang harus di perhatikan tetap larutan nutrisi harus selalu diberikan pada benih tanaman sawi hijau. Budidaya sawi hijau secara hidroponik bisa anda coba sekarang juga.Demikian artikel tentang Cara Budidaya Sawi Hijau Secara Hidroponik semoga berguna..

Advertisement
Cara Budidaya Sawi Hijau Secara Hidroponik | admin | 4.5