Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng Rumahan

Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng Rumahan – Cara budidaya tabulampot kelengkeng – Sekarang ini menanam kelengkeng secara mandiri sudah banyak dilakukan masyarakat. Biasanya kelengkeng tersebut ditanam di pekarangan rumah atau taman.

Advertisement

Bibit kelengkeng yang banyak dijual bebas di pasaran membuat banyak orang menginginkan mencoba menanamnya terlebih jika melihat buah yang dihasilkan dari pohon tersebut sangat banyak.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang menanam kelengkeng di tanah, karena ukuran pohonnya yang cukup besar sekarang ini penanamannya menggunakan tabulampot yang dirasa lebih praktis.Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng Rumahan

Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng Rumahan

Selain itu penanaman di pot juga menjadi pemandangan tersendiri pada taman atau halaman rumah . Bagi anda yang menginginkan membudidayakan kelengkeng rumahan maka anda bisa menggunakan sistem tabulampot. Berikut adalah cara budidaya tabulampot kelengkeng yang bisa anda lakukan agar kelengkeng anda bisa berbuah lebat.

Memilih bibit kelengkeng yang benar

Untuk menerapkan cara budidaya tabulampot kelengkeng , anda bisa pergi ke toko tanaman hias atau ke tempat pembibitan kelengkeng yang ada disekitar daerah anda. Pilih bibit hasil cangkokan yang hanya membutuhkan waktu setahun untuk berbuah.

Selain itu bibit hasil cangkok juga memiliki ukuran pohon yang lebih kecil dan tidak terlalu tinggi. Pastikan anda memilih bibit yang berkualitas, subur dan sehat sehingga ketika di tanam akan menghasilkan buah yang lebat.

Advertisement

Membuat media tanam

Cara budidaya tabulampot kelengkeng yang kedua adalah membuat media tanam yang baik. Setelah anda mendapatkan bibit maka anda harus membuat media tanam yang baik.

Gunakan tanah gembur, tanah berpasir, kotoran hewan dan bekam untuk membuat media tanam yang baik. Dengan begitu maka tanaman akan mudah tumbuh subur di dalam pot tersebut.

Melakukan pemangkasan atau pemotongan

Untuk merangsang bunga dan buah maka harus dilakukan cara budidaya tabulampot kelengkeng dengan pemangkasan secara rutin saat masa pertumbuhan. Dengan pemangkasan maka akan tumbuh cabang-cabang baru yang nantinya akan menghasilkan buah.

Selain dalam masa pertumbuhan pemangkasan bisa dilakukan pasca panen untuk kembali merangsang pertumbuhan bunga dan buahnya.

Pemupukan dan penyiraman

Untuk membuat tanaman terus subur maka perlu dilakukan cara budidaya tabulampot kelengkeng dengan pemupukan agar tanah tetap gembur sehingga mudah meresap air. Pemupukan bisa dilakukan  dua minggu sekali dengan menggunakan pupuk kandang.

Sedangkan untuk penyiramannya lakukan sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Pastikan ketika menyirami, air tidak sampai tergenang agar tanah tidak berubah menjadi padat.

Pencangkokan

Cara budidaya tabulampot kelengkeng yang terakhir adalah melakukan pencangkokan. Jika tanaman kelengkeng anda sudah mulai tumbuh subur dan berbuah.

Hal itu menandakan tanaman tersebut sudah cukup tua dan siap untuk dicangkok. Pencangkokan bertujuan untuk membuat bibit-bibit baru untuk kembali ditanaman supaya menjadi lebih banyak.

Baca Juga: Cara Budidaya Buah Kelengkeng Pingpong Pemula

Itulah beberapa cara budidaya tabulampot kelengkeng yang bisa anda coba. Tentunya dengan berbagai cara tersebut anda bisa mendapatkan hasil tanam kelengkeng yang memuaskan dengan buah yang lebat.sekian sedikit tulisan malam ini tentang Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng Rumahan semoga bisa membantu..salam..

Advertisement
Cara Budidaya Tabulampot Kelengkeng Rumahan | admin | 4.5