Cara Menanam Bunga Euphorbia Yang Cantik Berduri

Cara Menanam Bunga Euphorbia Yang Cantik Berduri – Menanam bunga Euphorbia- Euphorbia merupakan salah satu tanaman hias yang diminati oleh para pecinta bunga. Hal ini karena bunga Euphorbia ini memiliki bunga yang indah menawan dengan pilihan warna yang beragam seperti: orange, kuning dll.

Advertisement

Keindahannya tidak dapat disentuh oleh sembarang orang karena durinya yang tajam pada batangnya sehingga saat menanam bunga Euphorbia anda harus berhati-hati.

Cara menanam bunga Euphorbia agar bisa tumbuh dengan subur dan berbunga cantik adalah dengan teknik budidaya yang tepat seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.Cara Menanam Bunga Euphorbia Yang Cantik Berduri

Mengetahui sifat bunga Euphorbia

Euphorbia merupakan salah satu tanaman yang gampang beradaptasi, meskipun tumbuhan ini menyukai cuaca dan udara yang panas ia mampu bertahan hidup pada lokasi dengan suhu rendah. Sebelum menanam bunga Euphorbia anda harus mengetahui sifatnya yakni:

  1. Euphorbia tidak terlalu menyukai air namun dalam proses pertumbuhannya tetap memerlukan air. Sebab Euphorbia menyimpan cadangan air pada bagian batang sehingga bisa bisa bertahan hidup di tanah yang kering dan tandus.
  2. Suka dengan media porous sehingga sebaiknya ditanam pada tanah mudah mengalirkan air dan kaya akan unsur haranya.
  3. Seperti habitat aslinya yaitu tanah yang tandus dan panas, bunga ini menyukai lokasi yang mendapat sinar matahari penuh paling tidak sekitar 8 jam sehari. Jika Euphorbia kekurangan sinar matahari hingga 70 % maka bisa menghambat pertumbuhannya.

Pembibitan tanaman Eurphobia

Advertisement

Untuk menanam bunga Euphorbia anda harus melakukan pembibitan terlebih dahulu. Pembibitan secara vegetative bisa anda lakukan dengan grafting dan stek. Tetapi akan lebih mudah dan praktis jika anda membeli bibit Euphorbia pada toko tanaman hias.

Selain itu anda bisa menanam bunga Euphorbia dari bibit bunga ini dari bakal buah secara generative. Anda bisa memetik buah Eurphobia sebelum pecah kemudian mengambil bijinya yang berbentuk seperti tanda koma serta berwarna kehitaman atau cokelat tua kemudian bisa anda semaikan bijinya

Memilih media tanam

Media tanam yang sesuai untuk menanam bunga Euphorbia adalah tanah yang mengandung banyak unsure hara dan bersifat porous dengan aneka jenis bahan yang dikombinasikan sendiri agar memiliki sifat tersebut.

Perbandingannya bisa mencampur: pupuk kandang, tanah merah, sekam bakar dan humus bamboo yakni: 3:2:2:3

Penanaman Euphorbia

Sebenarnya menanam bunga Euphorbia dapat dapat dilakukan di tanah secara langsung, namun biasanya ditanam pada pot. Jika ditanam pada pot maka Euphorbia dapat ditaruh pada tempat yang dikehendaki ketika telah berbunga nanti.

Anda bisa memilih pot dengan diameter 15 cm sebab cukup mumpuni untuk menampung media tanam sesuai takaran.

Dalam menanam bunga Euphorbia, masukkan Euphorbia pada pot dan posisikan letaknya tegak berdiri. Kemudian timbun menggunakan media tanam hingga bibir pot. Setelah itu lakukan penyiraman hingga air keluar dari bagian bawah pot dan simpan pada tempat yang teduh.

Tidak sulit bukan menanam bunga Euphorbia namun anda juga tidak boleh lalai untuk memberikan pupuk, menyirami dan meletakkannya pada tempat yang memungkinkan Euphorbia memperoleh sinar matahari yang cukup.

 

Advertisement
Cara Menanam Bunga Euphorbia Yang Cantik Berduri | admin | 4.5