Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Cara Menanam Bunga Sedap Malam – Bunga sedap malam adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki bau yang semerbak ketika malam tiba, oleh karena itu bunga yang sering dijadikan wewangian pekarangan ini dinamai dengan bunga sedap malam.

Advertisement

Wangi yang dihasilkan bunga ini pun juga berbeda dengan bunga lainnya. Bunga sedap malam memiliki berbagai varian warna, yaitu kinung, merah dan putih. Namun umumnya bunga sedap malam warna putihlah yang seringkali ditanam.

Bagi anda yang senang menjadikan bunga jenis ini sebagai pewangi alami di rumah maupun pekarangan, akan lebih hemat jika anda menanam bunga sedap malam sendiri di rumah.

Cara menanam bunga sedap malam pun cukup mudah, hanya saja dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibanding proses penanaman bunga jenis lainnya. berikut cara menanam bunga sedap malam step by step.Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Cara Pembibitan Bunga Sedap Malam

Ambil umbi dari induk sedap malam. Usahakan memgambil umbi dari induk yang telah berusia sekitar 2 tahun. Ambilah umbi yang masih berukuran kecil sekitar 2-3 cm sebagai bibit.

Advertisement

Kemudian keringkan umbi yang telah dipilih selama 3-4 minggu, selanjutnya simpan bibit selama satu setenga bulan agar lebih mudah bertunas. Sebenarnya cara menanam bunga sedap malam bisa dipersingkat dengan membeli bibit kering di toko tanaman atau bisa juga menanam umbi langsung tanpa dikeringkan.

Anya saja umbi yang diambil dari induk dan langsung ditanam akan lebih sulit bertunas dan memperbesar kemungkinan umbi akan membusuk.

Persiapan Media Tanam Sedap malam

Salah satu langkah dalam rangkaian cara menanam bunga sedap malam yang tak boleh terlewatkan adalah persiapan media tanam.

Media tanam yang cocok untuk menanam bibit sedap malam adalah campuran campuran arang sekam, pupuk kandang halus/kompos dan tanah dengan perbandingan 1:1:1.

Masukkan media tanam yang telah dicampur rata dalam polybag atau pot yang memiliki drainase agar bibit tak membusuk.

Penanaman Bunga Sedap Malam

Siapkn lubang tanam dengan kedalaman 5 sampai 6 cm, masukkan bibit dan tutup dengan tanah. Padatkan area sekitar penanaman bibit.

Untuk mempercepat pertumbuhan tunas, siramlah tanaman secara rutin pagi dan sore.

Perawatan Harian sedap malam.

Setelah melakukan serangkaian cara menanam bunga sedap malam diatas, anda juga harus melakukan perawatan agar tanaman sedap malam menghasilkan bunga yang besar dan tangkai bunga yang segar.

Perawatan yang diperlukan selain penyiraman secara rutin adalah pemupukan tanaman hias sedap malam. Pemupukan tanaman sedap malam dapat dilakukan setelah tanaman menginjak usia 6 bulan. Pupuk yang dapat diberikan adalah campuran TSP dan Urea dengan komposisi 1:1.

Jika cara menanam bunga sedap malam telah anda lakukan dengan benar, umumnya tanaman bungan sedap malam akan mulai berbunga ketika berumur 4 hingga 5 bulan tehitung sejak pertama kali ditanam.

 

Advertisement
Cara Menanam Bunga Sedap Malam | admin | 4.5