Cara Menanam Cabai di Pekarangan Rumah

Cara Menanam Cabai di Pekarangan Rumah – Biasanya para ibu-ibu rumah tangga jika ada kenaikan harga cabai pastinya akan selalu mengeluh. Namun berbeda jika anda tahu bagaimana cara menanam cabai di pekarangan rumah sendiri.

Advertisement

Sehingga akan sedikit membantu biaya anda untuk membeli cabai yang meroket naik. Dan inilah cara menanam cabai di pekarangan rumah :

Tips memilih bibit cabai yang tepat

                Untuk memilih bibit yang tepat yang harus anda lakukan adalah:

  1. Pilih bibit cabai

Langkah awal cara menanam cabai yang tepat adalah dengan pemilihan bibit cabai yang berkualitas bagus. Salah satunya adalah pilihlah cabai yang sudah tua dan bagus. Ambil biji cabai dan keringkan sampai air yang terdapat di biji cabai benar-benar kering.Cara Menanam Cabai di Pekarangan Rumah

  1. Rendam biji cabai dengan air panas

Biji cabai yang benar-benar kering tadi anda rendam dengan air panas selama 30 menit. Hal ini adalah untuk menyaring biji mana yang tepat untuk anda tanam.

Biji cabai yang baik adalah biji yang jika direndam di air hangat itu tenggelam. Maka itulah biji cabai yang nantinya akan menjadi bibit yang super.

  1. Keringkan

Ambil biji cabai yang berkualitas tadi maka keringkan kembali selama 15 menit di terik matahari. Tujuannya agar mudah untuk ditanam.

  1. Semaikan

Tahap terakhir adalah biji yang sudah kering anda semaikan di tanah yang cukup air agar cabai yang tumbuh menjadi bibit cabai siap tanam.Baca Juga Manfaat dan Pantangan Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Tips mengolah tanah untuk media tanam cabai

                Untuk mengolah media tanam untuk cabai yang harus anda lakukan diantaranya:

Advertisement
  1. Pilih tempat

Tugas anda tidak cukup sampai di situ saja, melainkan memilih tempat di pekarangan rumah anda sendiri dengan tepat. Mengapa di pekarangan sendiri harus memilih tempat yang tepat untuk cara menanam cabai saja.

Karena tempat itu juga dapat mempengaruhi tumbuh kembang tanaman cabai anda nantinya. Pilihlah tempat yang sering terkena matahari dan dekat dengan sumber air.

  1. Menggemburkan tanah

Cara menanam cabai di pekarangan rumah selanjutnya adalah dengan menggemburkan tanah. Caranya adalah anda mencangkul tanah di pekarangan rumah anda sedalam 50 cm, kemudian buatlah aliran air pada sisi kanan kiri tanah yang anda cangkul.

Tips menanam bibit cabai yang tepat

                Setelah bibit dan media tanam siap maka trik menanam cabai yang tepat diantaranya:

  1. Pilihlah umur cabai

Setelah anda melakukan beberapa tahap di atas langkah selanjutnya cara menanam cabai adalah dengan memilih umur cabai yang sudah disemaikan. Kira-kira umur cabai yang sudah boleh ditanam adalah sekitar umur 1 minggu.Simak Juga Cara Membuat Manisan Belimbing Wuluh Segar

  1. Siapkan alat

Berikutnya siapkan alat seperti tanaman cabai yang sudah siap ditanam, parit, cetok dan kayu penyangga serta tali. Cara menanam cabai adalah  lubangi tanah dengan parit atau cetok, kemudian masukkan bibit cabainya, tancapkan kayu penyangga di sela-sela tanaman cabai, talilah tangkai tanaman cabai di penyangga kayu.

  1. Berilah air dan pupuk

Selanjutnya adalah berilah pupuk dan air secukupnya. Untuk pemberian air lakukan pada pagi dan sore hari. Dan untuk pemberian pupuk lakukan 3-4 per hari. Jika anda sering memberi pupuk dan air pun tidak bagus hasilnya.

Kelihatannya mudah namun jika anda lakukan memang memerlukan proses yang cukup panjang dan rumit. Serumit apapun cara menanam cabai sendiri adalah suatu kesenangan dan penghargaan yang berbeda untuk anda.cukup sekian dan baca Juga Cara Budidaya Belimbing Khusus Pemula

 

Advertisement
Cara Menanam Cabai di Pekarangan Rumah | admin | 4.5