Cara Menanam Cabai Rawit Panduan Lengkap

Cara Menanam Cabai Rawit Panduan Lengkap – Cabai itu banyak jenisnya yaitu cabai merah kecil atau biasanya disebut cabai merah rawit, cabai merah besar atau sering disebut cabai kriting, dan selanjutnya adalah cabai buah yang sering disebut cabai paprika. Biasanya yang sering banyak digunakan sebagai bumbu dapur pada umumnya adalah cabai merah rawit.

Advertisement

Cabai yang bercirikan kecil, pedas dan agak menggelembung. Apalagi anda sebagai ibu rumah tangga yang suka memasak, biasanya anda juga menanam cabai rawit di sela-sela kesibukan anda. Inilah cara menanam cabai rawit panduan lengkap :Cara Menanam Cabai Rawit Panduan Lengkap

Cara Menanam Cabai Rawit Panduan Lengkap

Jika anda berbelanja di pasar maka janganlah bimbang untuk membeli bibit cabai merah rawit. Cara memilih bibit dan untuk menanam cabai rawit adalah sebagai berikut :

  1. Tanyakan umur bibit cabai merah rawit
    Biasanya ketika anda membeli bibit cabai merah rawit anda melihat daun yang tumbuh banyak. Alangkah baiknya sambil memilih-milih bibit cabai merah rawit anda menanyakan umur bibit cabai merah rawit. Kemudian pilihlah bibit yang berumur sama atau hampir sama.
  2. Mintalah untuk dibungkus
    Mintalah untuk dibungkus dengan bahan bungkus daun. Kenapa harus daun karena bungkus daun akan berfungsi untuk menjaga kelembaban dan kesegaran akar pada tanaman cabai merah rawit.
  3. Sediakan media tanam
    Selanjutnya sediakan media tanam, untuk menanam cabai rawit yang sudah anda beli. Media tanam bisa anda sediakan di pot atau di halaman pekarangan anda.
  4. Teknik dan cara menanam cabe rawit
    Teknik dan cara menanam cabe rawit yang tepat diantaranya:

Sediakan perlengkapan Sebelum menanam Cabai Rawit

Perlengkapan tersebut seperti: pot, cetok, tanah, kayu penyangga, pupuk, sarung tangan, air dan masker.Baca juga Cara Menanam Cabai di Pekarangan Rumah

Advertisement

cara menanam cabai rawit adalah sebagai berikut :

  • Pot yang terbuat dari tanah atau pot yang terbuat dari plastik diberi tanah yang sudah tercampur pupuk kandang dan pupuk kompos.
  • Gunakan masker dan sarung tangan untuk mencampur tanah beserta pupuk kandang atau pupuk kompos.
  • Kemudian selipkan tanaman cabai merah rawit ke dalam lubang tanah yang ada di pot anda. Lalu ikat dengan kayu penyangga untuk melindungi tanaman cabai dari angin saat hujan deras.
  • Berilah air secukupnya dan berilah obat anti hama serangga dan hama gulma agar jika tumbuh subur buah yang dihasilkan cabai rawit itu berkembang.

Itulah teknik dan cara menanam cabe rawit panduan lengkap. Sebenarnya masih banyak lagi teknik dan caranya yang perlu anda ketahui, sehingga semakin banyak teknik yang anda gunakan dalam menanam cabai rawit maka semakin bertambahlah pengetahuan anda untuk membudidayakannya.

Cara membudidayakan tanaman cabai rawit ini tergolong mudah. Namun apabila anda pemula maka alangkah baiknya anda menggunakan media menanam cabai rawit seperti di atas.Demikian sedikit panduan tentang cara menanam cabai rawit kusus pemula.Jangan lupa baca Juga Cara Menanam Cabai Merah Komplit

 

Advertisement
Cara Menanam Cabai Rawit Panduan Lengkap | admin | 4.5