Cara Menanam Kelengkeng Cepat Berbuah Lebat

Cara Menanam Kelengkeng Cepat Berbuah Lebat – Agar kelengkeng cepat berbuah lebat – Siapa yang tidak mengenal buah satu ini, rasanya yang manis dan segar membuatnya menjadi buah favorit banyak orang. Terlebih sekarang ini buah kelengkeng bisa didapatkan dengan mudah.

Advertisement

Selain di toko buah, kelengkeng juga sudah ditanaman secara pribadi oleh sebagian orang. Hal ini tentunya menarik perhatian para petani, karena cara penanaman dan perawatan buah kelengkeng yang tidak terlalu rumit bisa memberikan kesempatan para petani untuk membudidayakannya.

Harga buah kelengkeng yang mahal bisa mendatangkan untung berlipat bagi petani. Agar kelengkeng cepat berbuah lebat ini memang cukup mudah karena tanaman ini tidak mengenal musim dan tidak mengenal tempat.Cara Menanam Kelengkeng Cepat Berbuah Lebat

Buah ini bisa dikembangkan di daerah pegunungan maupun di daerah pedesaan yang hawanya panas. Yang terpenting dalam penanaman buah kelengkeng adalah pemilihan bibit yang baik serta perawatannya.

Cara Menanam Kelengkeng Cepat Berbuah Lebat

Dengan perawatan yang baik dan tepat maka buah kelengkeng mampu berbuah lebat. Umumnya cara yang digunakan supaya buah kelengkeng berbuah lebat adalah dengan membuat tanaman tersebut memiliki banyak cabang. Semakin banyak cabang, maka semakin banyak juga ujung batang dari setiap ranting yang akan menghasilkan buah.

Bagi anda yang akan menanam buah kelengkeng atau sudah menanamnya, berikut adalah beberapa cara agar kelengkeng cepat berbuah lebat yang bisa anda coba.

Pemangkasan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan pemangkasan. Sebaiknya pemangkasan dilakukan selama masa pertumbuhan dan belum memasuki musim berbuah.

Misal tanaman kelengkeng anda memiliki 3-4 cabang. Nah jika setiap cabang tersebut dipangkas maka akan tumbuh cabang-cabang baru.

Advertisement

Semakin banyak cabang yang dimiliki akan semakin banyak pula buah yang dihasilkan karena umumnya buah akan muncul di setiap ujung cabang. Pemangkasan juga harus anda lakukan setelah masa berbuah untuk menumbuhkan cabang baru dan untuk merangsang cabang kembali berbunga.

Pengeratan

Agar kelengkeng cepat berbuah lebat yang kedua adalah cara pengeratan. Dengan dilakukannya pengeratan maka akan merangsang pertumbuhan cabang baru. Cabang baru tersebut umumnya muncul di bawah pengeratan.

Pertumbuhan cabang ini terjadi karena adanya hormone auksin yang memiliki peran dalam pertumbuhan tanaman vegetative yang arahnya keatas terhambat sehingga muncullah batang-batang baru.

Buatlah kerataan berbentuk melingkar seperti cincin pada ranting-ranting baru. Panjang keratin tersebut cukup 2 milimeter saja.

Perundukan horizontal

Agar kelengkeng cepat berbuah lebat yang ketiga adalah perundukan horizontal. Selain pengeratan dan pemangkasan tersebut bisa juga dilakukan sistem perundukan horizontal.

Caranya dengan merundukkan cabang-cabang kelengkeng hingga posisinya mendatar. Ikat cabang-cabang tersebut menggunakan tali pada sebuah kayu agar tidak terlepas.

Pemupukan

Agar kelengkeng cepat berbuah lebat yang terakhir adalah dengan pemupukan. Semakin banyak cabang tanaman maka harus diimbangi dengan pemberian pupuk yang cukup. Jika biasanya pupuk hanya diberikan seminggu sekali maka anda bisa melakukannya dua hari sekali dengan takaran yang tepat.

Jangan Lupa Baca Juga:  Ciri Fisik Kelengkeng Kristal Varietas Unggul

Itulah beberapa cara menanam agar kelengkeng cepat berbuah. Dengan cara-cara tersebut anda tidak perlu khawatir lagi tanaman kelengkeng anda tidak bisa menghasilkan buah yang banyak.Sekian tulisan malam ini tentang Cara Menanam Kelengkeng Cepat Berbuah Lebat semoga bisa berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisement
Cara Menanam Kelengkeng Cepat Berbuah Lebat | admin | 4.5