Cara Menanam Pisang Ambon Buah Lebat Rasa Manis

Cara Menanam Pisang Ambon Buah Lebat Rasa Manis – Pisang ambon atau dikenal dengan pisang hijau merupakan jenis pisang yang paling banyak diminati. Pisang ambon ini memiliki banyak varian, diantaranya pisang ambon lumut, pisang ambon putih, serta pisang ambon kuning.

Advertisement

Banyak manfaat yang terkandung dalam pisang ambon ini dan banyak yang menyukai jenis pisang satu ini. Sehingga banyak pembudidaya yang menanam pisang ambon manis baik di pekarangan rumah ataupun di lahan pertanian yang luas.

Berikut ini ada beberapa rangkaian cara menanam pisang ambon buah lebat yang harus diikuti. Hal yang pertama diperhatikan adalah media tanam pisang.Cara Menanam Pisang Ambon Buah Lebat Rasa Manis

Lahan untuk menanam pisang sebaiknya berhumus serta adanya pemupukan, tersedia cadangan air, hindari juga tanah dengan kadar garam 0,07%. Selain itu, perhatikan juga ketinggian lokasi tanam pisang ambon. Pisang ambon dapat hidup di dataran rendah hingga tanah pada ketinggian 1.000 mdpl.

Cara Menanam Pisang Ambon Buah Lebat Rasa Manis

Sebelum memasuki cara menanam pisang ambon harus diperhatikan pembibitan serta penyiapan bibit pisang ambon. Perbanyakan sebaiknya gunakan cara vegetatif melalui tunas atau anakan pisang sebagai bibit. Pilih bibit yang setinggi 1 hingga 1,5 meter dengan diameter umbinya sekitar 15-20 cm.

Baca Juga: Manfaat Pisang untuk Anak Bayi Diawah 1 Tahun

Sebaiknya ambil tunas yang berasal dari indukan pohon pisang ambon yang sehat dan berbuah lebat serta pilih tunas yang memiliki daun yang masih berbentuk runcing seperti pedang dan helai daun yang masih sempit.

Advertisement

Selain itu, untuk menanam pisang ambon manis perlu diperhatikan juga adalah saat penanaman bibit pisang ambon harus diberikan jarak 2×2 meter. Pengambilan bibit (tunas pisang) dari pohon induk sebaiknya menanti setelah pohon induk mempunyai tunas sebanyak 9 tunas.

Untuk cara menanam pisang ambon buah lebat ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tahapan menanam pisang ambon ini terbagi dalam tiga tahap.

Penentuan pola tanaman

Cara menanam pisang ambon ini harus diberi jarak yang lebar. Sehingga biasanya penanaman pisang pada tiga bulan pertama biasanya memakai sistem tanam tumpang sari di mana pada sela tanaman pisang tersebut dapat dimanfaatkan untuk menanam sayuran atau tanaman pangan sejenisnya yang bersifat musiman.

Pembuatan lubang tanam

Pembuatan lubang tanam pisang ini adalah 50x50x50 untuk jenis tanah berat. Sedangkan untuk jenis tanah gembur bisa gunakan ukuran lubang tanam 30x30x30 atau 40x40x40.

Jarak tanam bibit pisang ambon dapat dibuat ukuran 3×3 meter untuk jenis tanah sedang dan 3,3×3,3 meter untuk jenis tanah berat.

Penanaman

Pada proses menanam pisang ambon manis sebaiknya diberikan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos maksimal sebanyak 20 kg pada lubang tanam pisang tersebut.

Pemakaian pupuk kandang atau kompos ini akan membawa dampak pada hasil pisang ambon yang manis. Selain itu, penanaman pisang ambon sebaiknya dilakukan saat memasuki musim penghujan.

Baca Juga: Cara Tanam Pohon Pisang di Segala Tempat

Cara menanam pisang ambon ini terbilang tidak sulit hanya butuh ketelatenan Anda saat melaksanakan proses panjang penanaman.Nah,mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan tentang Cara Menanam Pisang Ambon Buah Lebat Rasa Manis semoga berguna dan bermanfaat…salam..

 

Advertisement
Cara Menanam Pisang Ambon Buah Lebat Rasa Manis | admin | 4.5