Cara Menanam Pisang Dengan Hasil Yang Melimpah

Cara Menanam Pisang dengan Hasil yang Melimpah – Buah pisang adalah buah yang menjadi salah satu jenis panenan yang melimpah di Indonesia. Banyak pula jenis pisang yang ada sudah menjadi makanan yang tak asing lagi bagi masyarakat.

Advertisement

Bahkan banyak pula aneka olahan makanan yang dapat dibuat dari pisang ini. Buah yang terbilang begitu familiar di masyarakat ini memang banyak sekali dibudidayakan. Bahkan cara menanam pisang ini juga mudah dilakukan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin menanam pisang hasil melimpah ini. Sehingga tumbuh kembang tanaman pisang ini nantinya akan menjadi bagus dan menghasilkan buah yang melimpah. Ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu faktor iklim, ketinggian tempat, serta media tanam pisang itu sendiri.Cara Menanam Pisang Dengan Hasil Yang Melimpah

Cara Menanam Pisang Dengan Hasil Yang Melimpah

Cara menanam pisang yang benar adalah dimulai dari pemilihan bibit pisang. Bibit pisang sebaiknya dipilih yang sudah setinggi 1 hingga 1,5 meter dengan diameter 15-20 cm.

Tinggi anakan pisang atau tunas ini akan berpengaruh pada produktifitas pisang saat berbuah nantinya. sebaiknya pilih anakan dewasa serta memiliki daun yang bentuk lancip seperti pedang dan memiliki helai daun yang sempit.

Baca Juga: Manfaat Pisang untuk Anak Bayi Dibawah 1 Tahun

Sebelum cara menanam pisang dilakukan, sebaiknya bibit anakan yang telah Anda potong tersebut disimpan terlebih dahulu di area yang teduh kemudian rendam pada insektisida atau cukup rendam selama 2 hari dalam bak air untuk menghilangkan hama yang mungkin menempel pada bibit anakan tersebut.

Advertisement

Menyiapkan Bibit Pisang Unggulan

Setelah persiapan bibit pisang siap maka proses menanam pisang hasil melimpah dilanjutkan pada persiapan media tanam. Media tanam yang disediakan harusnya memperhatikan masalah iklim, bentuk tanah, serta kemudahan akses.

Buat lahan tanam pisang tersebut bersih dari gulma atau rumput liar. Buat tanah menjadi gembur, buat drainase, serta terasering jika tanahnya berkontur miring.

Dalam proses menanam, maka tentukan dahulu pola tanam yang ingin Anda terapkan. Pada 3 bulan pertama dapat memanfaatkan pola tumpang sari yang dikombinasikan dengan jenis tanaman sayur atau tanaman semusim lainnya.

Berikan jarak tanam yang cukup lebar untuk setiap bibit pisang yang ditanam. Untuk menanam pisang hasil melimpah maka lubang tanam yang baik dibuat dengan ukuran 30x30x30 atau 40x40x40 untuk lahan tanah gembur. Sedangkan jaraknya 3,3 x 3,3 meter.

Menanam pisang hasil melimpah sebaiknya dilakukan pada bulan September hingga Oktober karena pada bulan tersebut terjadi musim penghujan. Gunakan pupuk alami seperti pupuk kompos dan pupuk kandang. Masukkan pupuk pada lubang tanam pisang. Pemberian pupuk organik ini nanti akan membawa pengaruh pada hasil kualitas buah serta hasilnya yang melimpah.

Setelah melewati cara menanam pisang tersebut maka akan berlanjut pada proses pemeliharaan tanaman pisang Anda. Untuk hasil tanam yang bagus baiknya setiap rumpun pisang maksimal adalah 4 batang.

Baca Juga: Cara Tanam Pohon Pisang di Segala Tempat

Lakukan pemotongan anakan pisang secara berkala pada rumpun yang sudah terlalu banyak. Selain itu setelah usia rumpun mencapai 5 tahun maka sebaiknya bongkar rumpun itu dan diganti dengan tanaman baru.Demikian sedikit penjelasan Cara Menanam Pisang Dengan Hasil Yang Melimpah semoga bisa membantu…

 

Advertisement
Cara Menanam Pisang Dengan Hasil Yang Melimpah | admin | 4.5