Cara Menanam Tanaman Hias/Bunga di Dalam Pot

Cara Menanam Tanaman Hias/Bunga di Dalam Pot – Ketika memiliki hobi berkebun, maka lahan untuk berkebun sudah tak menjadi soal lagi. Menanam tanaman hias khususnya, tak memerlukan suatu hal yang merepotkan. Tanaman hias juga banyak macamnya, baik tanaman hias indoor maupun outdoor.

Advertisement

Terkait dengan lahan yang sempit maka Anda dapat menanam tanaman hias dalam pot. Menanam tanaman hias tersebut dalam pot juga harus memperhatikan teknik-tekniknya. Menanam tanaman hias dalam pot harus memperhatikan tiga hal berikut ini.Cara Menanam Tanaman Hias/Bunga di Dalam Pot

Persiapan media tanam

Persiapan media tanam adalah hal yang paling utama dalam proses menanam. Baik itu proses menanam tanaman hias dalam pot maupun pada area yang lebih luas seperti pekarangan. Namun yang akan dibicarakan di sini adalah persiapan media tanam untuk tanaman dalam pot.

Persiapan media tanam meliputi beberapa langkah. Pertama, peletakkan beberapa pecahan batu merah pada bagian dasar pot.

Hal ini dimaksudkan untuk mengikat air. Kedua, masukkan media tanam ke dalam pot dengan komposisi yang berbeda-beda disesuaikan jenis tanaman hias. Tanaman hias dapat ditanam setelah media siap.

Menanam tanaman hias dalam pot juga harus perhatikan kesesuaian tanaman dengan medianya. Jika tanaman hias yang umum menggunakan komposisi pasir, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

Advertisement

Sedangkan untuk tanaman hias yang suka kering maka komposisinya pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Untuk campuran media tanaman suka kelembaban maka berikan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Pemilihan pot yang sesuai

Pemilihan pot yang sesuai dengan jenis tanaman hias juga merupakan hal yang sangat menunjang dalam proses menanam tanaman hias dalam pot. Sebab hal ini akan membawa pengaruh pada kelangsungan hidup tanaman hias yang akan ditanam dalam pot.

Pemilihan pot juga harus memperhatikan tempat di mana pot tersebut akan diletakkan dan bagaimana peletakannya. Lubang drainase pada pot harus cukup.

Menanam tanaman hias dalam pot juga harus memperhatikan pengisian media tanam dalam pot. Sebaiknya terlebih dahulu isikan sepertiga bagian kemudian masukkan tanaman hias yang masih ditempeli media asalnya.

Kemudian tambahkan media tanam lagi dan sisakan 2 cm dari bibir pot. Lakukan penekanan pada media tanam dengan ibu jari supaya tanaman berdiri kokoh dan lakukan penyiraman secukupnya.

Pengairan tanaman secara tepat

Menanam tanaman hias dalam pot juga harus memperhatikan proses penyiraman sebagai langkah perawatan selanjutnya. Ada dua cara mengairi tanaman hias dalam pot yang berada dalam ruangan.

Pertama dengan cara pemberian air pada alas pot. Melalui metode ini air dapat terserap ke media tanam. Salah satu tips yang dapat Anda gunakan adalah dengan memasang tali dari media ke alas pot melalui lubang drainase.

Cara yang kedua adalah dengan menyiram langsung pada permukaan media tanam. Saat melakukan cara penyiraman ini diusahakan untuk tidak mengenai langsung bagian tanaman.

Menanam tanaman hias dalam pot juga harus memperhatikan waktu penyiraman yang tepat. Sebaiknya penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari.

Bila semua rangkaian menanam tanaman hias dalam pot tersebut dilakukan dengan benar dan runtut maka akan mendapatkan hasil berupa tanaman hias yang cantik sebagai penghias ruangan dan penambah kesejukan dalam rumah Anda..

 

Advertisement
Cara Menanam Tanaman Hias/Bunga di Dalam Pot | admin | 4.5