Cara Paling Mudah Menanam Pisang Ijo Kusus Pemula

Cara Paling Mudah Menanam Pisang Ijo Kusus Pemula – Cara menanam pisang ijo Pisang ijo adalah salah satu komoditi pisang yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Karenanya banyak kalangan yang mencari cara menanam pisang ijo untuk kepentingan bisnis.

Advertisement

Nah, jika Anda juga ingin menjadikan pisang ijo sebagai lahan bisnis anda bisa memperhatikan cara menanam pisang ijo berikut agar hasil panen melimpah.Cara Paling Mudah Menanam Pisang Ijo Kusus Pemula

  1. Persiapan

Sebelum masuk ke langkah cara menanam pisang ijo Anda harus tahu lebih dahulu cara menyiapkan bibitnya. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pilihlah bibit yang berasal dari induk yang baik kemudian potong dan bersihkan dari sisa tana yang menempel.
  • Diamkan bibit selama 1-2 hari di tempat yang teduh agar luka bekas potongannya mengering.
  • Sebelum ditanam, rendam bibit dengan larutan insektisida selama 10 menit. Jika tidak memiliki insektisida, Anda bisa membiarkan tunas pada air mengalir selama 2 hari.
  1. Media tanam

Tahapan cara menanam pisang ijo selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Gemburkan tanah jika tekstur tanah masih padat, bersihkan rerumputan liar serta tanaman pengganggu lainya. Jika perlu tambahkan tanah sawah dan campuran pupuk pada tanah yang hendak digunakan untuk menanam.

  1. Proses penanaman pisang

Langkah ini adalah inti dari cara menanam pisang ijo. Anda harus menentukan jarak tanam, ukuran lubang tanam dan juga teknik atau cara menanam pisang ijo yang tepat.

Advertisement
  • Jarak tanam
    Pisang ijo umunya memiliki daun yang lebar. Karenanya agar daun pisah tidak saling menumpuk dengan pisang lainnya, gunakan jarak tanam 3,3 x 3,3 m.
  • Lubang tanam
    Lubang tanam harus disesuaikan dengan kontur tanah. Kontur tanah yang padat memerlukan lubang tanam yang lebih besar untuk memudahkan proses penyesuaian akar dengan kondisi lingkungan baru. Ukuran lubang pada tanah padat sebaiknya memiliki ukuran diameter 50 cm dan kedalaman 50 cm. Sedangkan pada tanah gembur cukup gunakan lubang berdiameter 30 cm dan kedalaman 30 cm.
  • Teknik penanaman
    Tanamlah pohon pisang saat mendekati musim hujan. Hal ini bertujuan agar pisang memiliki air yang cukup. Selain itu saat musim hujan, tekstur tanah akan lebih gembur dan lebih mudah untuk menanam pisang.
  1. Tahap pemeliharaan

Mengetahui cara menanam pisang ijo saja tidak cukup, Anda juga harus mengetahui cara pemeliharaan pisang yang tepat untuk mendapatkan hasil panen yang baik.

  • Perempelan
    Daun pisang kering yang  dibiarkan terlalu lama menggantung dapat menjadi sumber hama. Karena itu, Anda harus segera memotong daun pisang yang mulai coklat secara berkala.
  • Pemupukan
    Tanaman pisang memerlukan kandungan aliaum dan nitrogen yang tinggi. Oleh karena itu lakukan pemupukan menggunakan pupuk nitrgen, kalium dan fospor 2 kali dalam setahun.
  • Penyiraman
    Sama seperti tanaman pada umumnya, tanaman pisang juga memerlukan air yang cukup. Untuk penyiraman pisang, Anda bisa langsung menyiram pada tanaman pisang atau membuat aliran air diantara pohon pisang atau dan lainnya.

Baca Juga: 4 Jenis Pisang Yang Paling Banyak Khasiatnya

Setelah menerapkan cara menanam pisang ijo sesuai prosedur diatas, hasil panen pisang dijamin sangat memuaskan. Untuk hasil lebih baik jangan lupa memotong jantung pisang dan membungkus pisang dengan plastik untuk melindunginya dari hama.demikian Cara Paling Mudah Menanam Pisang Ijo Kusus Pemula yang bisa saya tuliskan semoga bisa berguna dan bermanfaat..salam..

Advertisement
Cara Paling Mudah Menanam Pisang Ijo Kusus Pemula | admin | 4.5