Cara Pembibitan Buah Pelem Dengan Biji

Cara Pembibitan buah palem dengan biji – Palem adalah tumbuhan yang kuat dan besar. Palem adalah masih merupakan spesies dari tumbuhan pohon kelapa. Untuk anda yang sudah memiliki pohon palem yang berbuah dan meninggalkan biji yang jatuh dari pohon pan rumah anda alangkah baiknya dengan biji itu melakukan pembibitan palem sendiride.

Advertisement

Pada akhirnya anda membuangnya dengan karena alasan takut jika menanamnya tidak tumbuh-tumbuh. Nah, solusinya ada disini cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas yaitu :Cara Pembibitan Buah Pelem Dengan Biji

Dengan cara pemilihan biji yang benar

Cara pembibitan palem dari buji biar cepat tumbuh tunas sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan tanaman palem dirumah anda. Dengan pemilihan biji-biji palem yang bagus dan benar.

Caranya adalah pilihlah biji palem yang sudah tua, dalamnya berat dan tidak ringan ataupun tidak goyah saat digoyang-goyangkan. Biasanya jika beratnya ringan maka biji itu tidak layak untuk dijadikan bibit unggul.

Dengan pemilihan tanah yang tepat

Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas yang selanjutnya adalah cara pemilihan tanah yang tepat.

Yang dimaksud cara pemilihan tanah yang tepat untuk cara pembibitan palem adalah tanah yang subur, berhumus, mengandung unsur hara, tanahnya teksturnya gembur serta tanah yang banyak menyerap air.

Advertisement

Dengan pemilihan pupuk yang baik

Selanjutnya adalah dengan cara pemilihan pupuk yang baik. Dan cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas adalah pilihlah pupuk khusus penyuburan tanah.

Alangkah baiknya menggunakan pupuk organik yaitu dengan pupuk kandang dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 dibanding 2 takaran.

Dengan perawatan yang maksimal

Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas adalah dengan perawatan masa pembibitan yang maksimal. Dengan langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah diantaranyan :

  1. Penyebaran biji palem
    Penyebaran biji palem ini adalah teknik lama tapi masih digunakan sampai saat ini. Cara pembibitan palem ini dilakukan untuk pemudahan umur biji yang sudah bertunas dan akan dijadikan calon tanaman bibit palem baru yang unggul.
  1. Pelembaban ruangan penyemaian biji palem
    Kemudian setelah bibit disebar ke tanah cara pembibitan palem selanjutnya segeralah melakukan pelembaban udara atau ruangan yang digunakan untuk proses penyebaran. Hindari panas matahari secara berlebihan karena akan mengurangi proses pertumbuhan tunas palem, dan sebaiknya pemberian air yang cukup.
  1. Pengelompokkan biji palem
    Cara pembibitan palem selanjutnya adalah pengelompokkan biji palem meurut umur tunas biji palem. Ini dilakukan agar dapat segera dipindahkan dan ditanam ke tempat yang lain.

Cara pembibitan palem dari biji memang memerlukan proses yang panjang dan ribet. Namun jangan salah sangka dulu dengan proses yang panjang maka anda akan dapat hasil yang memuaskan untuk anda.

Advertisement
Cara Pembibitan Buah Pelem Dengan Biji | admin | 4.5