Cara Pembibitan Bunga Teratai Dengan Akar Tanah

Cara Pembibitan Bunga Teratai Dengan Akar Tanah – Siapa yang tidak tahu bunga teratai? Bunga yang kadang disebut bunga lotus ini memiliki keindahan yang luar biasa. Selain keindahannya yang luar biasa, bunga teratai juga memiliki keunikan yang beda dari bunga pada umumnya.

Advertisement

Bunga teratai hidup di air. Inilah salah satu keindahan dan juga pesona yang ditawarkan oleh bunga teratai. Namun banyak yang tak tahu cara menanam, merawat, atau bahkan memperbanyak bunga teratai.

Selain karena cukup tidak banyak yang menjajakannya di kios-kios bunga, bunga teratai memang memerlukan media air untuk hidup.Cara Pembibitan Bunga Teratai Dengan Akar Tanah

Bunga teratai memang sangat indah. Selain itu ada mitos bahwa teratai merupakan bunga yang menjadi lambang kesucian. Banyak yang bingung ingin memperbanyak bunga teratai tapi tak tahu caranya.

Cara pembibitan bunga teratai

Sebenarnya cukup mudah saja, asalkan ada cara tertentu atau teknik tertentu yang bisa diterapkan dalam memperbanyak bunga teratai. Nah, kalau ingin menanam bunga teratai berikut caranya, yuk langsung saja kita simak:

Advertisement
  1. Ambil induk  teratai dari induk yang sudah cukup berumur.
  2. Potong tanaman teratai, lalu pisahkan dan antara indukdengan tunasnya.
  3. Setelah tunas siap tanam, kita harus memersiapkan medianya.
  4. Medianya tak perlu langsung air, kita bisa memperbanyak bunga teratai dengan media lumpur yang cukup berair.
  5. Masukkan tunas tadi dan jagalah jangan sampai memperbanyak bunga teratai kehabisan air.
  6. Setiap air akan habis tambahi. Karena teratai sangat bergantung pada air.

Cukup mudah bukan? Memperbanyak bunga teratai yang mungkin membuat cukup kesulitan adalah berbeda dengan cara menanam tanaman lainnya.

Namun memperbanyak bunga teratai bisa juga dengan biji. Namun ini cukup membutuhkan waktu yang lama sekaligus pengalaman  yang mumpuni dalam memperbanyak bunga teratai.

Nah, bagi anda yang ingin memperbanyak bunga teratai, ada baiknya yang cara pertama saja atau dengan tunas yang berasal dari induknya. Anda bisa mempraktikkannya di rumah. Jangan lupa untuk memperbanyak. Kalau anda memiliki kolam ada baiknya memberikan bunga teratai di atasnya.

Tips Menanam Bunga teratai

Ada beberapa tips untuk menanam tanaman bunga teratai, yaitu media. Media yang paling banyak digunakan selain air adalah media lumpur. Mengapa harus lumpur? memperbanyak bunga teratai dengan media lumpur sangat bisa.

Alasannya media lumpur akan lebih menyuburkan bunga teratai. Nah, anda bisa memanfaatkan lumpur sawah dan sebagainya karena mengandung kesuburan yang lebih.

Memperbanyak bunga teratai  dengan media lumpur juga harus memerhatikan airnya, jangan sampai kekeringan. Masalahnya air adalah hal yang amat penting. Kalau kering bunga teratai tidak bisa melakukan oksidasi secara maksimal.

Anda perlu untuk sesegera memberikan air setiap di lumpur sudah hampir habis. Intinya bertanam tanaman yang indah memerlukan pengorbanan.  Bunga ini cukup jarang yang membudidayakan kalau tak memiliki ketelatenan. Jadi ini kesempatan anda untuk mengembangkannya.

Advertisement
Cara Pembibitan Bunga Teratai Dengan Akar Tanah | admin | 4.5