Cara Pembibitan Tanaman Pucuk Merah

Cara Pembibitan Tanaman Pucuk Merah – Sering kita melihat tanaman pucuk merah yang begitu indah dipandang berjajar di pekarangan rumah dengan warna kemerahan daun di setiap ujungnya. Hal ini memang sesuai namanya pucuk merah, warna kemerahan ada pada bagian ujung atau pucuk tanaman.

Advertisement

Tak hanya di pekarangan rumah saja, tanaman yang kini begitu populer dapat kita lihat banyak di tanam di pinggiran jalan kota atau halaman sebuah perkantoran.

Selain karena termasuk tanaman hias yang cantik tetapi juga pembibitan tanaman pucuk merah yang mudah dilakukan.

Bagi Anda pecinta tanaman hias, tanaman pucuk merah ini bisa jadi pilihan tanaman hias yang dapat mempercantik pekarangan rumah. Terkait dengan pembibitan tanaman pucuk merah dapat Anda lakukan sendiri.Cara Pembibitan Tanaman Pucuk Merah

Bibitnya juga sudah sangat banyak dijual oleh para florist. Berikut ini serangkaian pembibitan tanaman pucuk merah dari macam pembibitan hingga cara pembibitan stek tanaman pucuk merah.

Cara pembibitan tanaman pucuk merah

Pembibitan tanaman pucuk merah ini ada dua macam yaitu dengan metode cangkok dan metode stek. Keduanya mudah dilakukan, karena cara stek dan cangkok adalah pengembangan vegetatif alami yang umum dilakukan. Untuk melakukan pencangkokan tanaman pucuk merah dapat dilakukan dengan langkah yang sama seperti menyangkok tanaman berkayu umumnya.

Advertisement

Pertama, Anda harus mengupas kulit bagian batang yang akan dicangkok. Anda harus membersihkan bagian tersebut dari kambiumnya, kemudian balut bagian tersebut dengan tanah subur dan bungkus menggunakan sabut kelapa, ikat bagian ujung-ujungnya.

Pembibitan tanaman pucuk merah dengan metode cangkok ini harus ditunggu hingga 3 minggu. Jika cangkokan berhasil, maka bagian tersebut akan tumbuh akar. Setelah masa waktu tersebut, potong tepat pada bagian bawah sungkupan tanah cangkokan.

Bibit tanaman pucuk merah tersebut siap untuk ditanam pada media baru. Pembibitan tanaman pucuk merah dengan cangkok ini jarang digunakan sebab waktu yang dibutuhkan sangat panjang dan hasil bibit juga sedikit. Berbeda dengan metode stek batang.

Cara pembibitan dengan stek Batang

Pembibitan tanaman pucuk merah dengan metode stek batang merupakan metode yang paling banyak diterapkan sebab hasilnya lebih banyak dan waktu yang diperlukan untuk pembibitan sangat singkat. Untuk metode tersebut berikut langkah-langkahnya.

Siapkan terlebih dahulu batang yang akan distek, pilih bagian batang yang tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua. Ambil sepanjang 15-20 cm, pangkas daun-daunnya cukup sisakan beberapa helai saja. Kemudian masukkan batang stek ke dalam wadah yang telah diisi ZPT sebagai perangsang pertumbuhan akar.

Anda persiapkan media tanam pada  polybag untuk pembibitan tanaman pucuk merah. Untuk medianya, komposisinya adalah tanah, sekam, pupuk kandang dengan angka perbandingan 2:2:1. Setelah media tanam siap, maka tanamlah batang stek pucuk merah yang telah disiapkan tadi.

Peletakkan bibit tanaman pucuk merah juga harus diperhatikan, letakkan di tempat teduhuntuk mengurangi proses penguapan pada tanaman.

Bila bibit yang Anda buat banyak, maka berikan ruang atau jarak antar polybag. Lakukan penyiraman secara teratur pagi dan sore hari.

Pembibitan tanaman pucuk merah dengan metode cangkok dan stek kesemuanya mudah dilakukan. Hanya saja jika melihat hasil dan waktunya maka metode stek bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda.

 

Advertisement
Cara Pembibitan Tanaman Pucuk Merah | admin | 4.5