Cara Semai Biji Kelengkeng Dari Biji

Cara Semai Biji Kelengkeng Dari Biji – Untuk memperbanyak bibit kelengkeng bisa dilakukan dengan berbagai cara baik dengan cara vegetatif atau dengan cara generatif. Sekarang ini memang banyak sekali yang memilih untuk menggunakan cara vegetatif karena dirasa lebih praktis dan tanaman bisa berbuah lebih cepat.

Advertisement

Contoh cara vegetatif yang dilakukan umumnya seperti stek dan cangkok. Namun, tanaman dari hasil cangkok atau stek tidak memiliki masa hidup yang cukup lama dibanding dengan cara generatif dengan penanaman biji.

Cara generative dipilih karena bisa menghasilkan tanaman yang lebih berkualitas dan memiliki masa hidup lebih lama. Bagi anda yang menginginkan melakukan penyemaian biji kelengkeng, anda bisa menyimak ulasan berikut ini:Cara Semai Biji Kelengkeng Dari Biji Cara Semai Biji Kelengkeng Dari Biji

Cara Semai Biji Kelengkeng Dari Biji

1.Cara penyemaian biji kelengkeng yang pertama adalah dengan menyiapkan media penyemaiannya. Anda bisa menggunakan tanah topsoil dari pegunungan yang memiliki teksture pasir atau orang biasa menyebutnya pasir ledekan.

Campur tanah tersebut menggunakan pupuk organic. Setelah media selesai dibuat, maka anda bisa memulai penyemaian. Penyemaiaan bisa dilakukan langsung pada polybag atau media lain dalam jumlah yang banyak.

Advertisement

2.Cara penyemaian biji kelengkeng yang kedua adalah dengan mempersiapkan biji. Biji yang digunakan harus dari buah yang matang. Setelah itu, pisahkan buah daging buah dengan bijinya dan cuci menggunkan air bersih.Baca juga 8 Manfaat Kelengkeng Yang Harus Anda Ketahui

Keringkan sebentar saja setelah itu gunakan larutan xlorok untuk mensterilkan biji agar ketika ditanam tidak mudah diserang bakteri atau jamur.

3.Cara penyemaian biji kelengkeng ketiga adalah persemian. Lubangi setiap media yang anda gunakan masing-masing berukuran 2-3 cm. Setelah itu, masukkan biji yang sudah siap pada setiap lubangnya. Selanjutnya tutupi biji tersebut dengan tanah dan pasir.

Biji kelengkeng yang sudah ditanam akan mulai memunculkan tunas setelah masa tanam 5-7 hari. Jika sudah seperti itu, anda bisa memindahkannya tau menunggunya hingga bibit lebih besar.

4.Cara penyemaian biji kelengkeng yang keempat adalah transplanting. Setelah dirasa biji siap untuk dipindahkan maka anda bisa mencabutnya dan memindahkannya di polybag atau pot.

Cara transplanting ini bisa dilakukan dengan cara mencabut akar secara perlahan kemudian merendamnya menggunakan air lumpur selama 15 menitan. Hal in bertujuan agar tanaman bisa menyesuaikan diri pada tempat tumbuhnya yang baru.

Lakukan penyiraman secara teratur setiap hari. Ketika penyiraman jangan sampai airnya terlalu banyak. Tambahkan juga pupuk NPK dengan dosis 2 gr/liternya untuk melindungi bibit dari serangan hama.

Itulah cara penyemaian biji kelengkeng yang bisa anda lakukan di rumah. Hasil dari pembibitan semai ini akan lebih bagus dibandingkan dengan menggunakan cara vegetatif buatan.

Yang terpenting dalam kegiatan penyemaian harus dilakukan dengan cara dan proses yang benar sehingga hasilnyapun tidak mengecewakan. Hasil dari penyemaian tersebut bisa anda jual atau ditanam sendiri sesuai dengan kebutuhan anda.jangan lupa simak juga Jenis Pupuk Lengkeng Supaya Berbuah Lebat

 

Advertisement
Cara Semai Biji Kelengkeng Dari Biji | admin | 4.5