Ciri buah Kelengkeng Mampu Berbuah lebat

Ciri buah Kelengkeng Mampu berbuah lebat – Sekarang ini budidaya kelengkeng sangatlah umum kalangan petani. Hal ini dikarenakan potensi bertani kelengkeng sangatlah menjanjikan.

Advertisement

Harga kelengkeng di Indonesia masih tergolong mahal. Sehingga jika petani-petani mampu menanam buah kelengkeng dengan baik dan bisa menghasilkan buah yang banyak maka bisa dikatakan petani tersebut akan menjadi petani yang sukses dengan omset penjualan yang sangat banyak.

Selain harga buah yang mahal, perawatan buah kelengkeng juga tidak terlalu sulit. Hanya saja memang ada kiat-kiat khusus yang harus diperhatikan saat bertani kelengkeng.

Seorang petani kelompok haruslah sering melakukan pengecekan dengan perkembangan tanaman kelengkeng setiap harinya. Tidak lupa memberikan perawatan terbaik mulai dari pemupukan, penyiraman dan lain sebagainya.Ciri buah Kelengkeng Mampu Berbuah lebat Ciri buah Kelengkeng Mampu Berbuah lebat

Yang menjadi penentu tanaman kelengkeng bisa tumbuh subur dan berbuah lebat adalah bibit dan pemupukan. Jika anda telah memilih bibit kelengkeng yang tepat maka hal yang harus diperhatikan setelah tanaman tumbuh adalah pemupukan. Pemupukan tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.baca juga Manfaat dan Pantangan Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Advertisement

Ciri buah Kelengkeng Mampu Berbuah lebat

Jika perawatan dilakukan dengan baik maka batang dan akar kelengkeng menjadi lebih kuat. Selain itu, daunnya juga tidak mudah rontok dan mampu menghasilkan buah yang banyak. Nah, bagi anda yang telah atau sedang berencana menanam tanaman kelengkeng, berikut ini adalah ciri buah kelengkeng yang berbuah lebat:

  1. Ciri buah kelengkeng yang berbuah lebat yang pertama adalah munculnya bunah ditiap ujung batang tanaman kelengkeng. Biasanya bunga-bunga tersebut bentuknya bertandan. Banyaknya bakal buah bisa dilihat dari banyaknya bunga yang mengelilingi tandan tersebut. Umumnya dalam setiap tandan memiliki 50 bunga tau bakal buah namun bisa saja kurang atau lebih dari itu.
  2. Ciri buah kelengkeng yang berbuah lebat kedua adalah pada bagian ujung batang tidak tumbuh tunas lagi melainkan hanya tumbuh bunga yang nantinya menjadi buah. Umumnya tanaman kelengkeng akan berbuah dan berbunga pada bulan Juli hingga Oktober. Namun, hal ini tentunya tidak bisa dipastikan karena pada dasarnya kelengkeng merupakan jenis tanaman yang tidak mengenal musim.simak juga Cara Semai Biji Kelengkeng Dari Biji
  3. Ciri buah kelengkeng yang berbuah lebat ketiga adalah daun yang tidak terlalu lebat ketika memasuki musim berbunga atau bisa juga muncul tunas baru yang menutupi kanopi batang. Jika seperti ini maka sebaiknya batang segera dipangkas untuk merangsang pertumbuhan bunga yang nantinya membuat tanaman berbuah sangat banyak.
  4. Ciri buah kelengkeng yang berbuah lebat keempat adalah daun yang mudah rontok. Namun, ini hanya terjadi pada beberapa varietas saja. Jika musim berbunga dan berbuah biasanya daun-daun akan berguguran setelah itu muncul bunga-bunga pada ujung batang. Umumnya daun yang rontok hanya pada bagian ujung-ujung batang saja.

Itulah beberapa ciri buah kelengkeng yang berbuah lebat yang bisa anda jadikan referensi ketika hendak atau sedang menanam kelengkeng namun belum berbunga atau berbuah. Dengan ciri-ciri tersebut anda bisa melakukan tindakan lebih dini jika buah tanaman anda tidak segera berbunga dan berbuah.simak juga Cara Budidaya Buah kelengkeng Pot

Advertisement
Ciri buah Kelengkeng Mampu Berbuah lebat | admin | 4.5