Kandungan Gizi Pada Buah dan Daun Pepaya

Kandungan Gizi Pada Buah dan Daun Pepaya – Pepaya merupakan tanaman tropis yang sering kita jumpai dan saat ini bisa dengan mudah kita temukan di Indonesia. Tapi sebenarnya tumbuhan yang masuk kedalam keluarga Caricaceae tersebut bukan asli tanaman Indonesia.

Advertisement

Tanaman ini pada awalnya dibudidayakan di Meksiko yang dapat tumbuh lebih dari 30 meter. Walaupun sering dianggap tidak terlalu penting rupanya hampir semua bagian pepaya bermanfaat, mulai dari daun pepaya, buah hingga bunganya.

Pepaya sering diambil manfaatnya melalui buahnya jika dibandingkan pada bagian lainnya seperti daun pepaya, Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki berbagai kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, C, E, K, B komplek.

Selain itu, pada buah pepaya ini juga memiliki berapa kandungan antioksidan seperti karoten, flavonoid, folat dan asam pantotenat  yang tidak kalah pentingnya buah pepaya juga tinggi akan serat.Kandungan Gizi Pada Buah dan Daun Pepaya

Kandungan Gizi Pada Buah dan Daun Pepaya

Jadi, dapat membuat pencernaan tetap sehat walaupun begitu pada daun pepaya dan buahnya sama-sama memiliki enzim papain. Berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan gas di perut dan membuat system pencernaan anda lancar serta dapat membersihkan usus dari berbagai zat beracun serta kotoran yang tidak diinginkan. Sebenarnya enzim ini merupakan getah dari pepaya tersebut yang dapat ditemukan hampir di sebuah bagian tumbuhan ini.

Advertisement

Sedangkan untuk untuk pemenuhan gizi harian tubuh bisa dibilang buah pepaya cukup.  Karena rendah lemak, memiliki 0 kolesterol dan mengandung Carbohydrates (9.81g) dan serat 1.80 g.

Ada juga kandungan nutrisi lainnya seperti elektrolit, kalium dan beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, pospor dan zinc. Oleh karena itu, buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh.Simak Juga 4 Khasiat Buah Pepaya Muda

Selain buah yang tidak kalah manfaatnya ialah daun pepaya. Penting diketahui kandungan gizi pada daun tumbuhan pepaya yang biasanya sering digunakan sebagai obat, juga tidak kalah dengan buahnya.

Karena semua bagian tumbuhan pepaya bisa dimanfaatkan dan yang pastinya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Daun pepaya memiliki beberapa kandungan vitamin seperti Vitamin B, A, C, D, E.

Selain itu, daun pepaya juga dapat dijadikan tambahan nutrisi alternatif karena daun ini mengandung energi sebesar 79 kilokalori, protein 8 gram, karbohidrat 11,9 gram, lemak 2 gram, kalsium 353 miligram, fosfor 63 miligram dan zat besi 1 miligram.

Selain itu, pada daun pepaya memiliki kandungan vitamin yang tidak bisa disepelekan yakni vitamin A sebanyak 18250 IU, vitamin B1 0,15 miligram dan vitamin C 140 miligram.

Itulah beberapa kandungan gizi pada buah dan daun pepaya yang memiliki manfaat pada tubuh. Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang manfaat dan kandungan gizi yang ada pada tanaman pepaya.Baca Juga Ciri Pohon Pepaya Memiliki Buah Lebat Manis

Advertisement
Kandungan Gizi Pada Buah dan Daun Pepaya | admin | 4.5