Manfaat Tumbuhan Nanas Kerang

Manfaat Tumbuhan Nanas Kerang – Nanas merupakan salah satu buah yang menjadi andalan dan banyak digemari di Indonesia. Namun ada juga nanas yang begitu terkenal sebagai tanaman hias.

Advertisement

Tanaman hias ini dikenal dengan sebutan nanas kerang. Meskipun termasuk tanaman hias, tanaman yang satu ini merupakan jenis herbal yang berasal dari Brazil, Guatemala, dan Meksiko. Rupanya banyak manfaat tanaman nanas kerang ini.

Sebelum kita mengulas mengenai manfaat tanaman nanas kerang ini, ada baiknya kita kenali dulu penampakan tanaman hias yang dimaksud ini. Tanaman hias ini merupakan jenis tanaman hias yang akan tumbuh subur dengan keadaan tanah lembab.Manfaat Tumbuhan Nanas Kerang

Untuk ukurannya sendiri dapat mencapai tinggi maksimal 60cm dengan ciri-ciri batang yang kasar, lurus dan tidak bercabang, pendek. Sedangkan bentuk daunnya panjang dan agak lebar, dengan warna permukaannya hijau dan bagian bawahnya berwarna merah keunguan.

Tanaman nanas kerang ini memiliki bunga majemuk yang biasanya tumbuh pada ketiak daun bentuk bunga seperti mangkuk dan terbungkus kelopak seperti kerang.

Mahkota bunga tanaman nanas kerang ini memiliki bentuk segitiga yang terdiri atas tiga lembaran warna putih. Menurut sebagian orang, tanaman nanas kerang ini mempunyai khasiat dalam mengobati penyakit. Manfaat tanaman nanas kerang ini terdapat pada daunnya.

Beberapa Manfaat Nanas Kerang Bagi Manusia

Sebab pada daun nanas kerang terdapat zat tannin dan saponin. Tanaman ini dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit berikut ini.

Advertisement

 

  1. Manfaat tanaman nanas kerang yang pertama adalah untuk mengatasi bronchitis, batuk berdahak, batuk rejan, flu serta disentri. Cara membuat ramuannya adalah dengan menyiapkan 30 kuntum bunga nanas kerang kemudian cuci bersih dan rebus. Anda dapat meminum air rebusan bunga nanas tersebut secara rutin.

  2. Namun manfaat tanaman nanas kerang tak hanya pada bunganya, Anda dapat manfaatkan daunnya juga. Ambil daun nanas kerang seberat 115gram kemudian cuci bersih dan rebus dengan segelas air selama 15 menit.

  3. Anda dapat meminum saringan air rebusan daun nanas kerang tersebut sebanyak dua kali dengan jarak minum dua jam dengan takaran air rebusan sama banyak.

  4. Untuk mengatasi sakit TBC dan mimisan, Anda dapat memanfaatkan daun nanas kerang sebanyak 30gram yang direbus dan diminum air rebusannya.

  5. Manfaat tanaman nanas kerang berikutnya untuk mengatasi bronchitis dan muntah darah. Cara membuat ramuannya adalah dengan menyiapkan daun nanas kerang sebanyak 10 lembar dan 30 kuntum bunga nanas kerang kemudian ditambah gula merah dan tim ketiga bahan tersebut.

  6. Untuk mengatasi berak darah, Anda dapat manfaatkan 15 lembar daun nanas kerang atau 50 kuntum bunga nanas kerang. Kemudian tambahkan gula enau dan rebus semua bahan tersebut. Anda dapat meminum air rebusan tersebut hingga dua gelas sehari.

  7. Manfaat tanaman nanas kerang berikutnya adalah untuk mengobati luka dan terkilir. Anda dapat gunakan 30 gram daun nanas kerang dan haluskan. Daun yang telah dihaluskan tersebut balurkan pada luka atau bagian tubuh yang terkilir.

Dari berbagai manfaat tanaman nanas kerang yang telah diuraikan di atas, perlu juga Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan para herbalis dan dokter sebelum konsumsi jenis tanaman hias tersebut.

 

Advertisement
Manfaat Tumbuhan Nanas Kerang | admin | 4.5